Info tentang 7 Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 7 Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh disini tempatnya . Baca artikel tentang 7 Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh .

Sumber: unsplash.com

Kolesterol merupakan salah satu aspek yang diperlukan tubuh kita untuk memproduksi vitamin D.  Fungsinya adalah untuk memastikan setiap sel dalam tubuh berjalan dengan normal. 

Namun, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak selalu baik. Bila kadar kolesterol dalam tubuh telah melebihi batas normal, hal tersebut akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Ruparupa Banner

Biasanya, pengidap kolesterol tinggi akan menyebabkan aliran darah ke jantung tersumbat dan bisa mengakibatkan stroke, penyempitan arteri, dan berujung pada serangan jantung. Pastinya daftar penyakit tadi ingin kita hindari, bukan?

Salah satu caranya adalah mengurang konsumsi makanan tinggi kolesterol. Lalu, kita perlu menggantinya dengan makanan penurun kolesterol.

Lantas, Apa Saja Makanan Penurun Kolesterol Tinggi?

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol tinggi yang bisa kamu konsumsi setiap hari.

1. Sayuran hijau

Sejak kecil, kita pasti sudah dibiasakan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Bukan tanpa alasan, sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kailan, dan lainnya, merupakan makanan yang kaya serat, vitamamin, serta bisa menjadi makanan penurun kolesterol. 

Soalnya, sayuran hijau mengandung zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat ini dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap normal. 

sayuran hijau
Sumber: freepik.com

2. Kacang-kacangan

Kacang merupakan produk makanan nabati yang kaya akan serat, mineral, dan protein. Tidak heran kalau makanan satu ini bisa menjadi penurun kolesterol yang baik bagi tubuh. 

Bahkan, ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Salah satu jenis kacang dengan peminat paling tinggi adalah kacang kedelai yang bisa diolah menjadi tempe, tahu, dan susu kacang. 

Makanan Penurun Kolesterol kacang
Sumber: freepik.com

3. Pisang

Pisang juga merupakan makanan yang kaya nutrisi dan dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Kandungan inulin pada buah pisang berperan aktif untuk memecah kolesterol pada makanan yang kita konsumsi.

Kamu bisa mengonsumsi pisang secara rutin dengan jumlah maksimal 2 buah per hari. 

Makanan Penurun Kolesterol pisang
Sumber: freepik.com

4. Alpukat

Alpukat juga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Soalnya, buah berwarna hijau ini kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta fitosterol yang berperan aktif dalam mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Namun, hindari mengonsumsi alpukat dengan menambahkan gula, susu, ataupun cokelat. Hal ini dapat mengubah lemak baik menjadi lemak jahat.

Makanan Penurun Kolesterol alpukat
Sumber: unsplash.com

5. Oat sebagai makanan penurun kolesterol

Oat merupakan salah satu produk olahan yang terbuat dari gandum. Nah, makanan ini juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, lho.

Orang tua saya yang juga sempat memiliki kadar kolesterol tinggi rutin mengonsumsi oat beberapa tahun terakhir. Hasilnya, kadar kolesterol dalam tubuh orang tua saya tetap stabil dan normal.

Soalnya, oat memiliki kandungan beta glucan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Supaya oat jadi lebih lezat, kamu bisa mengombinasikannya dengan pisang dan buah beri.

Makanan Penurun Kolesterol oat
Sumber: unsplash.com

6. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi satu dari sekian banyak jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 tertinggi. Nah, omega 3 sendiri merupakan suatu senyawa yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan ampuh. 

Rutin mengonsumsi ikan salmon juga baik untuk membantu perkembangan otak, serta menjaga kesehatan rambut, tulang, dan kulit.

Makanan Penurun Kolesterol salmon
Sumber: unsplash.com

7. Beras merah sebagai makanan penurun kolesterol

Beras merah memiliki kandungan senyawa baik bagi tubuh, seperti vitamin B, magnesium, dan fitonutrien, yang ternyata mampu menurunkan kadar lemak darah. 

Hal ini jugalah yang bisa membuat kadar kolesterol tubuh jadi stabil, apalagi jika pola makan kita terjaga dengan baik. Selain menurunkan kolesterol, beras merah juga menjadi makanan pokok yang dapat menurunkan gula darah, lho.

beras merah
Sumber: drsamrobbins.com

Nah, itulah beberapa makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh untuk mencegah timbulnya berbagai sumber penyakit berbahaya. Yuk, mulai konsumsi makanan tersebut untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat.

Supaya makanan sehat tersebut jadi lebih lezat, kamu bisa memakai beberapa peralatan masak berikut ini.

Kels 800 Ml Warner Rice Cooker Multifungsi
Kels 800 Ml Warner Rice Cooker Multifungsi

Beli di sini

Kris Kompor Induksi 1300 W
Kris Kompor Induksi 1300 W

Beli di sini

Kels Set 3 Pcs Belle Blender - Krem
Kels Set 3 Pcs Belle Blender – Krem

Beli di sini

Chef Topf 30 Cm Natural Wajan Induksi
Chef Topf 30 Cm Natural Wajan Induksi

Beli di sini

Semua produk alat masak di atas bisa kamu beli melalui ruparupa.com.  Di situs ini, kamu juga bisa menemukan berbagai model  perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, dan lain-lain.