Cek, Ukuran KTP Dalam Inchi, Mm, Cm, & Pixel Di Word / Photoshop Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Ukuran KTP Dalam Inchi, Mm, Cm, & Pixel Di Word / Photoshop disini tempatnya. Baca artikel tentang Ukuran KTP Dalam Inchi, Mm, Cm, & Pixel Di Word / Photoshop.

MataramNews.co.id – Ukuran KTP menjadi salah satu topik menarik yang akan kami ulas secara lengkap diartikel terbaru kami kali ini. Jadi buat kamu yang penasaran berapa ukuran standard KTP. Baca selengkapnya berikut ini.

Memiliki KTP sudah menjadi kewajiban warga negara, terutama di Indonesia. KTP atau kartu tanda penduduk merupakan sebuah tanda pengenal yang harus kalian miliki.

Namun, tahukah kalian berapa ukuran KTP yang benar dan standar? Perlu diketahui, seiring bertambahnya waktu bahan untuk membuat KTP semakin lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jika pada jaman dahulu, Ktp terbuat dari kertas dan plastik saja dan kini dikembangkan menjadi Ktp eletronik yang banyak digunakan oleh hampir masyarakat di Indonesia.

Namun, untuk keperluan tertentu sebagian orang membuat detail Ktp dan disesuaikan dengan Standar masing-masing. Tapi, untuk menyerupai keseluruhan bentuk KTP.

Pihak percetakan harus memiliki standar ukuran KTP sesuai dengan anjuran pemerintah agar hasilnya lebih maksimal.

Dan perlu diketahui, jika Indonesia telah menggunakan standar ISO atau International Organization for Standardization dan tidak jauh berbeda dengan tanda pengenal diseluruh dunia lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dibawah ini.

Ukuran KTP di Indonesia

Ukuran KTP di Indonesia

Jika kalian masih belum paham berapa ukuran Ktp di Indonesia saat ini? Perlu diketahui, jika Ktp Indonesia memiliki dua jenis yang berbeda yaitu KTP biasa dan KTP elektronik.

Dan kedua ktp tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan dibawah ini.

Jenis KTP Elektronik KTP Biasa
Ukuran Inci 2,12 x 3,38 2,12 x 3,38
Ukuran CM 8,56 x 5,39 CM 9 x 5 CM
Ukuran MM 85,60 x 53,98 MM 86 x 54 MM
Ukuran Pixel 323 x 204 Px 323 x 204 Px
Ketebalan 890 Mikrometer / 0,89 Milimeter

Ukuran Standar KTP di Dunia

Bahwasanya pembuatan KTP tidak bisa kalian buat secara sembarangan, karena Ktp ini bersifat formal. Baik dari segi desain, ukuran, dan lainnya. Dan hal ini juga berlaku untuk semua tanda pengenal di seluruh negara didunia.

Pasalnya, semua negara telah menggunakan standar Internasional yang dirilis ISO secara resmi.

Selain itu, ISO ini mengeluarkan 4 kategori sekaligus yang wajib kalian ketahui yakni ID-000, ID-3, ID-2, dan ID-1. Dan silahkan simak dibawah ini untuk mengetahui ukuran Ktp diberbagai negara dunia.

  • 8.9 cm x 5.1 cm : Ukuran ini biasa digunakan dinegara Kanada dan Amerika untuk pembuatan Kartu tanda penduduk dan berlaku juga untuk pembuatan ID card lainnya dan bisa dipadukan dengan kartu lainnya.
  • 8.5cm x 5.5 cm : Dan ukuran seperti ini digunakan oleh negara Eropa seperti Inggris, Italia, Spanyol, Perancis dan lainnya.
  • 9 cm x 5 cm : Ukuran untuk membuat Ktp berlaku untuk negara Ceko dan Hungaria, ukuran ini cukup besar jika dibandingkan dengan lainnya.
  • 8.9cm x 5.1 cm : Ukuran ini berlaku untuk negara Belanda dan bisa digunakan untuk kartu identitas lainnya.
  • 9.0 cm x 5.5 cm : Negara yang menggunakan ukuran KTP 9.0 cm x 5.5 cm adalah sebagian besar negara Asia seperti New Zealand, Australia, Denmark, Colombia, India, Vietnam, dan Norwegia.
  • 9.0cm x 5.4 cm : Ukuran ini biasa digunakan oleh beberapa negara asia lainnya seperti China, Hongkong dan Singapura.
  • 9.1 cm x 5.5 cm : Ukuran KTP ini berlaku untuk negara seperti Jepang dan Indonesia.

Cara Setting Ukuran KTP di Komputer

Mungkin kalian ingin mencoba untuk menerapkan ukuran tersebut di PC atau laptop yang kalian gunakan, seperti untuk membuat ID card dan KTP dalam bentuk fotokopi. Silahkan simak cara-caranya dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan klik 2x di gambar yang hendak kalian atur ukurannya sampai muncul menu keterangan
  2. Dan bisa kalian ubah, silahkan klik kanan menggunakan Mouse
  3. Selanjurnya, akan ada pilihan menu
  4. Silahkan klik Size and Position
  5. Di menu tab Size, kalian bisa hilangkan centang di Lock Aspek Ratio agar rasio yang kalian atur tidak terkunci
  6. Dan kalian bisa mengatur lebar dan tinggi sesuai ukuran Ktp yang ingin kalian coba
  7. Terakhir, klik OK

Untuk kalian yang sibuk bekerja didunia percetakan maka penting untuk ketahui beberapa informasi tentang ukuran Ktp untuk memudahkan kalian membuat ID card dan sebagainya.

Selain itu, size ktp ini bisa kalian manfaatkan untuk mengetahui biaya ketika ingin mencetak Ktp dalam bentuk satuan.

Penutup

Sekian ulasan singkat tentang Ukuran KTP yang wajib kalian ketahui, ikuti beberapa langkah diatas untuk bisa kalian coba mengatur ukuran Ktp sesuai keinginan kalian masing-masing.

Nantikan informasi selanjutnya dari kami, dan semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terimakasih.