Cek, Tips Mudah Mengoptimalkan GPS Pada Perangkat Android Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Tips Mudah Mengoptimalkan GPS Pada Perangkat Android disini tempatnya . Baca artikel tentang Tips Mudah Mengoptimalkan GPS Pada Perangkat Android .

Sensor GPS pada perangkat pintar seperti smartphone Android memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi navigasi, seperti Google Maps serta berbagai layanan yang memerlukan akses lokasi di dalamnya. Sinyal yang baik sangat penting untuk menjalankan aplikasi navigasi dan juga untuk memainkan game augmented reality (augmented reality) seperti Pokemon Go.

Lalu bagaimana jika GPS Anda memiliki masalah seperti akurasi yang kurang? Berikut ini akan dibahas tips mudah meningkatkan GPS di perangkat Android.

Apa itu GPS?

Untuk mempelajari cara meningkatkan GPS Anda, akan sangat membantu jika Anda memahami cara kerjanya. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System dan dikembangkan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1973. Namun pada tahun 1995 GPS diluncurkan untuk keperluan sipil. Awalnya, hanya ada 24 satelit yang digunakan sebagai pusat pemetaan koordinat akses situs. Namun saat ini sudah ada 31 satelit GPS di orbit yang bisa digunakan.

Hampir semua smartphone saat ini berkomunikasi dengan satelit melalui antena GPS, yang merupakan bagian dari perangkat keras yang terpasang pada smartphone dan tablet saat ini. Perangkat ini terhubung melalui driver dengan perangkat lunak. Dengan demikian, secara umum ada tiga sumber error yang biasanya menyebabkan gangguan sinyal GPS pada smartphone, antara lain:

  1. Jumlah satelit GPS di lokasi saat ini
  2. Kualitas antena GPS di smartphone
  3. Implementasi driver di sistem operasi

Aktifkan mode HD

Untuk mendapatkan lokasi yang paling akurat, Anda harus bersiap untuk menggunakan baterai yang sedikit lebih banyak dari biasanya (terbuang). Ini adalah konsekuensi yang harus Anda terima, dan Anda dapat menonaktifkan fitur ini nanti jika Anda tidak perlu menggunakan GPS lagi. Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah,


Buka pengaturan Anda dan ketuk lokasi dan pastikan layanan lokasi diaktifkan. Anda harus dapat mengaktifkannya di kanan atas layar dengan menggeser tombol di sebelah kanan.

Sekarang kategori pertama di menu lokasi adalah Mode, ketuk di atasnya dan pastikan disetel ke Resolusi Tinggi. Pengaturan ini akan menggunakan GPS dan jaringan Wi-Fi serta data seluler untuk memperkirakan lokasi Anda. Proses ini akan menghabiskan lebih banyak baterai karena perangkat akan menggunakan semua metode yang tersedia untuk memberi Anda lokasi yang paling akurat.

Jaga agar sinyal GPS tetap aktif

Salah satu masalah utama yang sering Anda temui saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya adalah mematikan GPS secara otomatis untuk menghemat daya baterai. Misalnya, jika Anda bermain Pokemon Go dan ingin melihat pesan terbaru Anda, GPS akan dimatikan secara otomatis oleh sistem.

Tetapi Anda dapat membuat sinyal GPS tetap aktif, dan untuk itu Anda harus menginstal aplikasi GPS. Ingatlah bahwa melakukan ini dapat menyebabkan penurunan daya tahan baterai yang signifikan.

Pembaruan data GPS

Terkadang perangkat Anda akanTerjebakPada beberapa satelit GPS, meskipun Anda tidak berada dalam jangkauan, hal ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi perangkat. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Status & Kotak Alat GPS untuk menghapus data GPS dan mulai menghubungkan ke satelit dari awal.

Di aplikasi, ketuk di mana saja di layar, ketuk ikon menu, dan ketuk Kelola Status A-GPS. Klik Reset, lalu setelah selesai, masuk kembali ke menu A-GPS Manager dan klik Download. Data GPS Anda sekarang akan disegarkan, dan jika perlu, ulangi proses ini lagi.