Cek, Tes Mental Health Viral Ala TikTok Yuk Coba Disini GRATIS Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Tes Mental Health Viral Ala TikTok Yuk Coba Disini GRATIS disini tempatnya . Baca artikel tentang Tes Mental Health Viral Ala TikTok Yuk Coba Disini GRATIS .

Samudranesia.id – Tes Mental Health Viral ala TikTok Yang dapat kamu coba gratis di bawah ini pastikan kesehatan mental kamu aman.

Mental health atau kesehatan mental adalah suatu hal yang penting untuk dijaga selain juga kesehatan fisik. Kesehatan fisik dan kesehatan mental adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan juga saling melengkapi dan juga harus dijaga dengan baik. Jika salah satu dari fisik atau mental mungkin kurang sehat maka akan memberi dampak buruk bagi yang lainnya.

Bila keseghatan mental kita terganggu atau menjadi tidak sehat mental maka akan timbul yang namanya stres. Stres bisa timbil kapanpun dan juga pikiran akan mudah terbebani hal-hal negatif yang ada di sekitar kita misalkan masalah yang kita hadapi dan tentunya masih banyak lagi hal-hal yang bisa membuat mental kita terganggu.

Kalau anda selalu memikirkan beban pikiran yang ada pada anda tanpa bisa memikirkan penyeleseaian atau jalan keluarnya tentunya akan menjadi hal negatif karena akan terus menambah berat pikiran dan selalui menghantui pikiran kita. Terlebih lagi seperti di masa pandemi saat ini karena sangat membuat berbagai problematika atau masalah di berbagai sektor salah satunya mungkin sektor ekonomi.

Jika itu dibiarkan tentunya akan sangat berbahay bagi diri kita sendiri atau mungkin bagi keluarga kita. Maka dari itu mulailah cek kesehatan mental anda secara teratur karena sekarang ini sudah tersedia cara yang mudah untuk cek mental health yaitu dengan online tanpa perlu datang ke psikolog maupun psikiater. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana caranya mari simak artikel ini hingga akhir.

Apa Yang Dimaksud Mental Health?

Apa yang dimaksud Tes Mental Health

Dikutip dari Alodokter kesehatan mental atau mental health merupakan keadaa dimana seseorang mampu merasakan hal positif baik secara emosional, secara sosial maupun secara psikologis. Mental health juga sangat berpengaruh terhadap cara bertindak, cara berinteraksi dengan orang lain bahkan juga cara berpikir. Maka dari itu kita perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan mental kita.

Anda juga harus menjaga kesehatan mental anda karena bisa mempengaruhi produktifitas anda sendiri baik anda anak-anak, dewasa, remaja, bahkan lansia sekalipun. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk sadar terhadap mental health dan juga harus menjaganya yaitu dengan cara menceritakan beban yang ada dipikiran kepada orang yang dekat dengan kita.

Karena dengan begitu mungkin orang tersebut akan membantu mengurangi beban pikiran kita atau mungkin jika kita sedang memiliki masalah maka orang tersebut dapat membantu atau memberi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika anda memiliki kesehatan mental yang baik tentunya anda akan lebih prima dan dapat beraktivitas secara produktif dan bisa mengeluarkan seluruh potensi yang ada secara maksimal.

Dengan begitu anda bisa menghasilkan hasil yang semaksimal dan sebaik mungkin. Selain itu juga hal yang lebih penting adalah selalu bisa berpikir positif dan selalu tenang dalam menghadapi berbagai masalah. Mungkin anda belum tahu apa saja yang bisa menyebabkan gangguan mental. Dibawah ini kami akan menyediakan beberapa faktor penyebab gangguan mental.

Penyebab Gangguan Pada Mental

Penyebab Mental Health

Banyak hal yang bisa memengaruhi kesehatan mental dan juga dapat menjadi penyebab adanya gangguan mental salah satunya adalah ketika anda memiliki penyakit tertentu sehingga membuat anda selalu memikirkan penyakit anda tersebut hingga menjadi beban pikiran dan bisa membuat anda mengalami stres. Penyebab stres juga dapat diakibatkan banyak hal dan tentunya tidak hanya beban pikiran saja.

Stres juga bisa diakibatkan karena kejadian yang bisa membuat trauma seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, ditinggalkan oleh seseorang yang meninggal, bahkan juga bisa diakibatkan ketika seseorang di isolasi dalam waktu yang lumayan lama. Maka dari itu pada saat ini gangguan mental juga sering dikaitkan dengan pandemi Covid 19 karena setiap pasien yang positif akan di isolasi dengan waktu yang cukup lama dan bisa mengakibatkan stres.

Contoh Gangguan Mental

Contoh Mental Health

Gangguan mental tentunya memiliki sangat banyak jenis yang bisa dialami oleh seseorang. Namun dari banyak nya contoh gangguan mental kami merangkum beberapa contoh gangguan mental yang paling sering terjadi. Berikut adalah contohnya.

1. Kecemasan Berlebihan

Gangguan mental yang satu ini adalah gangguan mental yang bisa mengakibatkan penderitanya selalu merasa cemas atau takut untuk menjalani kehidupan dan aktivitas pada kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh gejala yang sering terjadi pada penderitanya adalah seringkali merasa panik yang bisa terjadi cukup lama dan sulit dikontrol atau dikendalikan oleh penderitanya.

2. Depresi

Depresi adalah salah satu contoh gangguan mental yang seringkali menjadi pengganggu suasana hati dimana ketika seseorang mengalami depresi akan membuat dirinya terlarut-larut dalam kesedihan yang mendalam. Biasanya Depresi akan terjadi selama berhari-hari bahkan juga ada yang bisa sampai berbulan-bulan. Tentunya hal itu juga akan sangat berdampak buruk untuk kesehatan fisik penderitanya.

3. Gangguan Tidur

Hal yang bisa mengganggu kualitas hidup dan kesehatan penderitanya adalah gangguan tidur atau perubahan pola tidur. Gangguan tidur dapat terjadi karena dipengaruhi mental health. Ada beberapa contoh gangguan tidur yaitu insomnia atau sulit tidur, parasomnia atau juga sering mimpi buruk, dan juga narkolepsi yaitu dangat mudah tidur. Mungkin anda merasakan gejala-gejala tersebut, jadi segeralah periksa mental health anda.

4. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental yang dapat menyebabkan para penderitanya menjadi lebih sering mengalami halusinasi, delusi dan bahkan membuat kacau perlilaku dan berpikir para penderitanya. Penderita skizofrenia juga bisa merasakan sulit dalam membedakan kenyataan dengan halusinasi. Penyakit mental ini juga bisa membuat para penderitanya menjadi terjebak pada pola berpikir yang kacau.

Cara Tes Mental Health Online Yang Viral Di TikTok

Cara Tes Mental Health

Apabila anda merasakan gejala-gejala yang bisa menyebabkan sakit mental maka sebaiknya anda segera memeriksakan mental health anda ke psikiater maupun psikolog. Namun bila anda tidak punya waktu untuk mengunjungi psikolog karena mungkin jarak yang cukup jauh atau biaya yang kurang memadai maka jangan khawatir karena akan ada solusi pada setiap masalah anda.

Karena sekarang ini terdapat beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mengecek kesehatan mental anda. Dan tentunya secara gratis dan praktis karena bisa anda lakukan di rumah atau dimanapun. Berikut adalah beberapa website yang viral di TikTok karena bisa digunakan untuk mengecek kesehatan mental.

1. Tes Mental Health di Lalui Bersama

Situs website pertama yang bisa anda gunakan untuk mengetes mental anda adalah Lalui bersama. Website ini diciptakan dan disediakan dengan gratis oleh Universitas Airlangga atau biasa dikenal sebagai UNAIR. Untuk anda yang berminat untuk mengecek kesehatan mental anda tentunya anda bisa mengakses website ini.

Berikut adalah link website Lalui Bersama Klik Disini

2. Tes Mental Health di Google Form

Situs kedua yang bisa anda gunakan secara gratis untuk mengetes kesehatan anda melalui Google form. Yaitu dengan cara anda harus menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang ada pada google form. Nantinya akan muncul kesimpulan tentang mental health anda.

Berikut adalah link Google Form untuk tes mental health Disini

3. Tes Mental Health di Satu Persen

Kemudian ada situs satu persen yang juga bisa anda gunakan untuk cek mental health anda. Situs ini juga bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mental anda setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. Cukup mudah diakses dan tentunya gratis.

Berikut adalah link Satu Persen Klik Disini

Akhir Kata

Website yang kami sediakan adalah website yang disediakan hanya untuk mengetes kesehatan mental anda secara sederhana. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan mental anda. Sebaiknya anda mengunjungi psikolog atau psikiater yang ada dan mungkin akan ditangani lebih lanjut oleh psikolog atau psikiater tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan untuk kurang ataupun lebihnya mohon untuk dimaklumi. Semoga pembahasan kali ini akan bermanfaat bagi kita semua, sekian saja dari kami wassalam.