Cek, Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel disini tempatnya. Baca artikel tentang Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel.

MataramNews.co.id – Ada beragam ukuran foto yang bisa kamu pilih untuk cetak foto sesuai kebutuhan. Pada umumnya ukuran foto ini tergantung dari ukuran kertas foto yang akan digunakan untuk cetak foto. Salah satunya kamu bisa mencetak foto dengan ukuran foto 5R.

Foto menjadi sebuah karya hasil jepretan kamera dan berbagai pelengkapnya. Biasanya foto dicetak untuk mengabadikan momen indah, sejarah, dan sebagai bukti yang kuat. Foto ini dicetak untuk kebutuhan atau kepentingan tertentu, sehingga kamu perlu tahu ukuran foto 5R.

Ukuran Foto 5R Secara Lengkap

Ukuran Foto 5R Secara Lengkap

Ukuran foto 5R merupakan salah satu jenis ukuran foto yang memiliki dimensi panjang dan lebar sesuai standar. Ukuran foto ini menggunakan satuan mm (milimeter), cm (centimeter), dan inchi. Ukuran 5R termasuk standar ukuran seri R yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ukuran 5R biasanya digunakan untuk cetak pas foto dan foto dengan ukuran berbeda. Penggunaan seri R untuk ukuran foto ternyata sudah ditentukan oleh standar internasional. Namun masih banyak orang yang tidak pagam terkait seri R saat cetak foto.

Padahal ukuran 5R ini menjadi salah satu ukuran foto yang paling populer karena cocok digunakan untuk bingkai hiasan dan album kenangan. Ukuran foto ini menggunakan mm, namun bisa dikonversikan ke ukuran cm dan inchi. Bagi kamu yang belum memahami ukuran 5R, bisa simak ulasan ini sampai selesai.

1. Ukuran Foto 5R

Hampir sama dengan ukuran foto seri R lainnya, foto 5R ini memiliki panjang dan lebar sesuai standar internasional. Apabila kertas percetakan menggunakan satuan A dan B, maka untuk kertas foto menggunakan satuan R. Pada seri R ini menggunakan satuan mm, cm, dan inci dengan hasil yang berbeda.

Ketika kamu mau cetak foto harus memahami ukuran foto agar hasil cetakan foto sesuai keinginan. Berikut ini akan dijelaskan ukuran foto dengan satuan yang berbeda.

Pada satuan milimeter, foto 5R memiliki ukuran 127 x 178 mm sesuai standar internasional. Jadi menurut ISO ukuran 5R memiliki panjang 178 mm dan lebarnya 127 mm.

  • Foto 5R satuan centimeter

Pada satuan centimeter, foto 5R memiliki ukuran 12,7 x 17,8 cm sesuai standar internasional. Jadi menurut ISO ukuran 5R memiliki panjang 17,8 cm dan lebarnya 12,7 cm.

Pada satuan inchi, foto 5R memiliki ukuran 5 x 7 inchi sesuai standar internasional. Jadi menurut ISO ukuran 5R memiliki panjang 7 inchi dan lebarnya 5 inchi.  

2. Resolusi Foto 5R

Apabila kamu ingin cetak ukuran foto 5R, pastikan foto kamu memiliki resolusi 1500 x 2102 pixel. Hal ini bertujuan agar hasil cetak foto 5R tidak pecah dan berkualitas.

Sebenarnya semua foto bisa dicetak dengan ukuran 5R, lalu dipajang di dinding. Biasanya foto yang dicetak 5R ini seperti foto pernikahan, foto kelulusan, foto ulang tahun, dan momen indah lainnya.

3. Penggunaan Foto 5R

Penggunaan Ukuran foto 5R sebenarnya hampir sama dengan ukuran 4R, pada umumnya digunakan untuk hiasan meja atau dinding. Agar tampilan foto semakin menarik, kamu bisa menambahkan bingkai agar saat dipajang lebih bagus dan menarik.

Banyak orang tertarik dan lebih memilih foto dengan ukuran 5R karena dirasa lebih proposional dan pas. Biasanya foto 5R ini penuh dengan tema kenangan dan bertema romantis.

Tips Memilih Bingkai Foto 5R yang Bagus

Setelah tahu mengenai Ukuran foto 5R , kini akan dijelaskan mengenai beberapa tips memilih bingkai untuk foto 5R. Kini kamu tidak perlu bingung memilih bingkai yang bagus karena sudah tersedia bentuk dan variasi beragam di pasaran. Kamu sampai kebingungan saat memilih bingkai karena semakin banyaknya model bingkai foto R5.

Berikut ini beberapa tips mudah memilih bingkai untuk Ukuran foto 5R. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini :

1. Memilih bingkai sesuai ukuran foto

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih bingkai foto yang terbaik adalah pas ukurannya. Jadi pastikan frame foto ukurannya pas dengan bingkai agar hasilnya bagus. Nah, untuk mendapatkannya cukup mudah, tinggal menanyakan kepada pihak penjual untuk memilih bingkai sesuai ukuran foto 5R.

2. Pemilihan bahan yang berkualitas

Setelah melihat ukurannya, kamu perlu memperhatikan bahan atau material pembuatan bingkai foto. Saat ini banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat bingkai seperti kayu dan plastik.

Kalau untuk foto santai kamu bisa memilih bingkai yang terbuat dari plastik. Sementara untuk foto bertema resmi kamu bisa memilih bahan bingkai dari kayu. Namun semua itu kembali ke selera setiap individu.

Apabila kamu memilih bingkai yang kuat, kamu bisa memilih bingkai berbahan kayu. Mengingat bingkai kayu ini sebenarnya bisa digunakan untuk foto dengan beragam tema.

3. Warna bingkai foto R5

Setelah pemilihan bahan, kamu juga perlu mempertimbangkan warna bingkai untuk Ukuran foto 5R. Pemilihan warna ini sangat penting sekali agar bingkai dan tampilan foto bisa menyatu.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan model hiasan yang ada di tepi bingkai. Hiasan tepi bingkai ini bisa kamu sesuaikan dengan tema foto agar hasilnya lebih menarik. Misalkan foto bertema biasa, bisa gunakan bingkai hiasan standar, sementara foto bertema glamor bisa gunakan bingkai ukiran glamor.

Tips Membuat Foto 5R Keren

Untuk menghasilkan foto 5R dengan hasil terbaik kamu perlu tahu beberapa tips untuk membuat foto 5R yang keren. Selengkapnya bisa simak ulasan berikut :

1. Melakukan pengaturan kamera

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik adalah setting kamera. Pastikan ponsel yang kamu gunakan memiliki kamera dengan resolusi yang bagus.

Kemudian masuk ke menu pengaturan kamera untuk memilih rasio foto 1:1, 4:3. Atau full screen. Dari sekian pilihan ini kamu bisa memilih rasio 4:3 agar hasilnya lebih keren.

2. Mencari spot foto terbaik

Kalau sudah melakukan pengaturan kamera, saatnya mencari spot foto terbaik. Sebenarnya mencari spot foto terbaik dan kekinian itu tidak sulit. Kamu bisa mencari melalui sosial media untuk menemukan spot foto kekinian.

3. Mengambil dengan sudut yang tepat

Langkah memotret yang benar adalah mengambil foto dengan sudut yang tepat . Ada 2 sudut yang bisa kamu ambil yaitu high angle, dan mid angle. Kalau  sudut high angle ini cocok untuk cewe yang ingin hasil foto imut dan cantik, sementara mid angle untuk membidik objek dari tengah.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Ukuran foto 5R yang terbagi dalam satuan mm, cm, dan inchi. Selain itu kamu juga bisa memilih bingkai terbaik untuk foto ukuran 5R. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang foto 5R.