Cek, Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 10R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 10R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel disini tempatnya. Baca artikel tentang Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 10R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel.

MataramNews.co.id – Saat ini sudah banyak sekali ditemui berbagai ukuran foto yang bisa kamu gunakan untuk cetak foto. Biasanya besar kecilnya foto ini berdasarkan size kertas yang digunakan. Urusan cetak foto ini membutuhkan besaran yang pas dan kertas khusus foto agar bisa dipajang di album foto atau bingkai.

Di era modern ini mengabadikan foto menjadi salah satu trend di kalangan masyarakat milenial. Foto ini dihasilkan oleh sebuah kamera dengan peralatan fotografi pendukung lainnya. Setiap orang pastinya memiliki alasan mengabadikan setiap momennya dalam bentuk foto.

Ada banyak objek yang sering diabadikan dalam sebuah foto seperti makhluk hidup, benda-benda, dan lainnya agar tidak termakan oleh waktu.  Sering kali keberadaan foto ini dijadikan sebagai tanda bukti yang kuat.

Macam-Macam Ukuran Foto dan Fungsinya

Macam-Macam Ukuran Foto dan Fungsinya

Foto menjadi benda yang cocok untuk mengabadikan momen indah, penting, dan bersejarah. Biasanya foto ini dijadikan sebagai pelengkap dokumen penting. Foto yang sering digunakan untuk mengabadikan momen disebut foto, sementara foto untuk pelengkap dokumen disebut pas foto.

Foto tidak selalu disimpan dalam memori digital saja, hasil  jepretan ini juga perlu dicetak untuk disimpan atau dibagikan. Nah, bagi kamu yang ingin cetak foto harus memahami berbagai ukuran foto.

Mengingat di sebuah percetakan telah melayani cetak foto dengan berbagai macam size, sehingga penting sekali kamu tahu berbagai ukurannya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah cetak foto.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beragam size foto. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini :

1. Ukuran Pas Foto

Ada beberapa ukuran pas foto yang biasanya digunakan untuk dokumen seperti size 4×6, 3×4, dan 2×3. Ukuran pas foto ini ada yang dicetak dengan warna hitam putih atau full warna.

Jumlah pas foto yang dicetak tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dokumen. Berikut ini akan dijelaskan satuan pas foto yang sebenarnya :

2. Ukuran pas foto 4×6

Ukuran foto 4×6 biasanya dihitung menggunakan satuan milimeter 40×60 mm. Kalau menggunakan satuan inchi memiliki ukuran 1,57×2,36 inchi. Ukuran pas foto 4×6 menjadi size yang paling besar sehingga sering kali digunakan sebagai pelengkap dokumen penting seperti SKCK.

3. Ukuran pas foto 3×4

Ukuran 3×4 biasanya dihitung menggunakan satuan milimeter 30×40 mm. Kalau menggunakan satuan inchi memiliki ukuran 1,18×1,57 inchi.

Ukuran pas foto 3×4 biasanya juga digunakan untuk memenuhi kelengkapan dokumen. Ukuran 3×4 biasanya digunakan untuk foto CV, ijazah, dan dokumen penting lain. Mengingat foto size 3×4 ini termasuk penting, sering kali pas foto ini disimpan dalam jumlah banyak.

4. Ukuran pas foto 2×3

Ukuran 2×3 biasanya dihitung menggunakan satuan milimeter 20×30 mm. Kalau menggunakan satuan inchi memiliki ukuran 0,78×1,18 inchi.

Pas foto ukuran 2×3 merupakan size foto yang paling kecil untuk keperluan dokumen dengan foto berukuran kecil. Biasanya pas foto ini digunakan untuk kebutuhan folmulir dan KTP. Mengingat pas foto ini untuk keperluan dokumen penting, maka fotonya bergaya formal.

5. Ukuran Cetak Foto

Sementara untuk ukuran foto standar biasanya menggunakan satuan R seperti 2R, 3R, 5R, 8R, dan selanjutnya. Lebih lengkapnya bisa simak ulasan berikut ini :

Ukuran foto 2R merupakan size foto yang paling kecil dengan ukuran 6,35×8,89 cm. Ukuran ini biasanya digunakan untuk cetak foto potret setengah badan pada album kecil.

Foto dengan ukuran 3R biasanya digunakan untuk sebuah foto dengan momen indah. Ukuran 3R yang sebenarnya adalah 8,89×12,7 cm atau 88,9×127 mm. Ada juga ukuran 3R dalam satuan inchi yaitu 3,5×5 inchi.

Ukuran 4R kalau diukur dengan satuan cm yaitu 10,2×15,2 cm atau dalam satuan mm yaitu 102×152 mm. Kamu juga bisa mengukur foto 4R dengan satuan inchi yaitu 4×6 inchi.

Ukuran 4R ini termasuk size yang paling sering digunakan untuk cetak foto. Foto 4R ini biasanya digunakan untuk hiasan kamar atau hiasan dinding rumah. Sering kali foto 4R ini dipilih untuk mengabadikan momen spesial, sehingga foto tersebut harus memiliki kualitas terbaik.

Ukuran foto 10R memiliki cukup besar yaitu 254×305 mm atau 25,4×30,5 cm. Foto 10R biasanya digunakan untuk foto keluarga yang ditempatkan di ruang tengah atau ruang tamu. Biasanya foto yang dipajang ini termasuk foto istimewa dengan kualitas terbaik.

Jenis-Jenis Kertas Khusus Untuk Cetak Foto dengan Kualitas Terbaik

Setelah kamu mengetahui beberapa ukuran foto, kamu juga perlu mengetahui beberapa jenis kertas yang digunakan untuk cetak foto. Setiap jenis kertas foto memiliki fungsi yang berbeda-beda, jadi kamu harus memahaminya.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis kertas yang digunakan untuk cetak foto. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini :

1. Kertas Glossy

Kertas pertama yang biasanya digunakan untuk cetak foto adalah kertas glossy. Kertas ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki permukaan yang lebih mengkilat dan memiliki sifat lebih reflektif.

Banyak orang tertarik cetak foto menggunakan kertas glossy karena hasil foto lebih hidup dan warnanya lebih tajam. Namun kertas ini perlu dihindarkan dari goresan karena lebih rentan terhadap goresan. Selain itu kertas ini juga meninggalkan sidik jari ketika disentuh.

2. Kertas Matte

Jenis kertas kedua yang biasanya digunakan untuk cetak foto adalah kertas matte. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang halus namun tidak mengkilat.

Kelebihan menggunakan kertas matte adalah tekstur kertasnya mampu menghasilkan foto yang bagus. Selain itu kertas matte ketika disentuk tidak meninggalkan sidik jari sehingga tetap halus.

3. Metallic

Metalic merupakan salah satu jenis kertas untuk cetak foto dengan kualitas terbaik. banyak orang memilih cetak foto menggunakan kertas metallic karena hasil foto bisa tahan lama dan pastinya tidak mudah tergores.

Kertas foto ini sangat cocok kalau digunakan untuk cetak foto keluarga dengan ukuran besar. Terlebih kertas ini memiliki sifat mengkilap sehingga terkesan lebih mewah dan berkualitas.

4. Luster

Selain kertas metallic kamu juga bisa menggunakan jenis kertas luster. Kertas ini juga cocok digunakan untuk cetak foto dengan ukuran besar. Banyak orang cetak foto menggunakan kertas luster untuk panjangan atau hiasan dinding.

Kertas luster menawarkan hasil cetak foto yang lebih jelas dengan warna mendalam. Kertas ini memiliki tekstur sedikit berkilau namun tidak meninggalkan sidik jari saat disentuh. Bila ingin mencetak foto dengan hasil terbaik kamu bisa gunakan kertas luster.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai berbagai ukuran foto, jenis kertas foto, dan fungsinya. Kini kamu sudah bisa membedakan size foto dan jenis kertas yang terbaik untuk cetak foto. Kamu bisa memilih berbagai size dan jenis kertas foto yang terbaik untuk mengabadikan momen atau kenangan indah.