Cek, Puri Anom Tabanan Wisata Bali Bersejarah: Lokasi dan Harga Tiket Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Puri Anom Tabanan Wisata Bali Bersejarah: Lokasi dan Harga Tiket disini tempatnya. Baca artikel tentang Puri Anom Tabanan Wisata Bali Bersejarah: Lokasi dan Harga Tiket.

MataramNews.co.id – Bali termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang banyak memiliki destinasi pariwisata yang menarik. Bali juga menjadi aset negara karena menawarkan banyak tempat wisata yang sangat beragam. Di bali, kalian bisa menemukan beragam pantai yang indah nan cantik, museum bersejarah hingga Puri Anom Tabanan yang sekaligus akan kami bahas di kesempatan kali ini. Puri Anom Tabanan memiliki bangunan yang klasik dan sangat menarik untuk kalian abadikan.

Saat ini, banyak pelancong dari dalam dan luar kota bali yang berdatangan untuk bisa melihat indahnya puri anom tersebut. Puri ini sendiri termasuk salah satu wisata budaya dan memiliki sejarah didalamnya. maka dari itu, tempat ini patut di abadikan dan bisa kalian kunjungi ketika berlibur di pulau dewata. Melalui Puri Anom Tabanan ini kalian bisa melihat banyak sekali keindahan tempat yang menarik dan mampu memanjakan mata.

Bali memang memiliki keistimewaan tersendiri, selain itu puri anom ini memiliki cerita sejarah yang menarik dan kental di telinga masyarakat Bali, khususnya Tabanan. Dan untuk kalian yang menyukai sejarah, maka bisa menyimak keindahan Puri Anom Tabanan beserta sejarah didalamnya. Untuk mengetahuinya lebih rinci, kami akan berikan penjelasannya secara detail. Simak ulasan berikut ini.

Sejarah Puri Anom Tabanan

Puri Anom Tabanan

Sedikit mengulas tentang sejarah puri anom yang terletak di Tabanan, Bali. Jadi, Puri anom ini memiliki sejarah yang sangat menarik dan katanya terdapat seorang Raja yang bernama Ida I Gusti Ngurah Agung Tabanan, Ia mengutus anaknya yakni Anom untuk membangun istana baru di utara Puri Mas yang tiada lain adalah peninggalan dari Raja Pemade I Gusti Ngurah Anom.

Pasalnya, pembangunan puri ini dilakukan dari tahun 1810 hingga 1843. Dan Raja Tabanan sendiri melakukan banyak kegiatan bersama keluarga di tempat tersebut. Dan pada tahun 2003, Puri anom ini berhasil di resmikan oleh Bupati Tabanan. Sehingga saat ini Puri anom menjadi salah satu tempat wisata dan aset kota tabanan yang banyak di kunjungi oleh para pengunjung. Tentu saja didalamnya terdapat  banyak sekali sejarah dan budaya yang harus di lestarikan.

Daya Tarik Wisata Puri Anom

Puri anom tabanan ini memiliki banyak daya Tarik yang tak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya. Tentu saja kalian akan menemukan banyak budaya dan sejarah didalamnya, untuk dijadikan pengetahuan. Nah, ketahui beberapa Daya Tarik Wisata Puri Anom sebagai berikut.

Pakraman

Salah satu Daya Tarik Wisata Puri Anom adalah Pakraman. Pakraman merupakan sebuah area yang menjadi wilayah untuk tempat tinggal keluarga kerajaan. Dan di tempat ini kalian bisa menemukan tiga tempat yang bernama Sarin Tengah, sarin Kangin dan Pakraman Sarin Kauh.

Tandekan

Dan di bagian puri ini sendiri terdapat pula bagian yang lainnya yakni Tandekan. Tandekan berguna untuk menerima tamu, dan di tempat ini kalian bisa menemukan 4 bangunan diantaranya Bale Gedong, Bale Mundar Manik, Bale Tajuk dan Gedong Simpen.

Ancak Saji

Terdapat Ancak saji yang bisa kalian temukan didalam nya memiliki dua gerbang yang kembar atau disebut dengan Candi Bentar. Candi ini akan menghadap kearah utara dan ke arah timur. Dan ada juga bangunan lama yang pernah digunakan seagai tempat untuk melapor tamu yang datang.

Bencingah Puri

Dan bagian lainnya yang ada di tempat ini adalah bencingah puri, yang letaknya paling depan dan terdapat pohon beringin yang berusia hingga ratusan tahun. Dan tidak berbeda jauh dengan umur Puri anom tersebut. Terdapat juga Bale bengong yang biasa digunakan untuk memantau ekonomi rakyat yang biasa dilakukan oleh raja.

Suci Ageng

Bagian kedua lainnya adalah suci ageng yang biasa digunakan untuk tempat sembahyang ditempat tersebut. terdapat juga angunan suci lainnya yang memiliki manfaat yang sama seperti Suci Saren Kangin, Suci Saren Kawuh dan Suci Saren Tengah.

Bale Kembar

Puri anom juga menyediakan bale kembar yang menjadi tempat favorit bagi kalangan pelancong. Bale kembar ini termasuk kompleks yang biasa digunakan untuk melakukan upacara Pitra Yadnya Utama. Maka tempatnya adalah dibale kembar tersebut. Tapi sayang sekali jika pelaksanaan upacara dilakukan selama 6 bulan sampai 1 tahun hingga akhirnya upacara ini tidak di berlakukan lagi.

Saren Agung

Saren agung merupakan tempat untuk upacara yakni Manusa Yadnya. Dan Sarwn Agung ini terdiri dari Bale Singa Sari, Bale Gede, Bale Sari, Bale Tajuk dan Bale Tegeh.

Pekandelan

Dibagian Puri anom juga terdapat pekandelan yang iasa digunakan untuk area tempat tinggal dalam di kerajaan Tabanan. Jadi, di tempat ini semua anggota kerajaan telah tinggal.

Puri memiliki makna sebagai tempat tinggal raja. Dan puri anom tabanan ini telah menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan bali dan daerah setempat. Puri ini memiliki daya Tarik bagi para pelancong, memiliki keindahan nuansa bali yang sesungguhnya membuat para pengunjung menjadi terkesan. Terlebih jika hari libur telah datang, banyak dari wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut.

Tapi, bukan hanya hari libur saja. Pasalnya di hari biasa puri ini kerap ramai di kunjungi oleh wisatawan. Kalian bisa mengunjunginya secara langsung. Biasanya mereka datang untuk bersama-sama melangsungkan sembahyang. Maka dari itu, kalian bisa catat lokasinya yaitu di Jl Gunung Agung no.5, Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Tempatnya pun sangat sejuk karena ditengah pegunungan yang disertai tepian danau yang indah. Tentu saja hal ini menambah keseruan ketika kalian berkunjung ke tempat tersebut secara langsung. Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung.

Harga Tiket Masuk Puri Anom

Dan untuk Harga Tiket Masuk Puri Anom ini sangat terjangkau dan pastinya tidak akan menguras isi dompet kalian. Pasalnya, secara khusus tempat ini memang digunakan untuk beribadah para umat Hindu. Maka dari tempat ini gratis dan bisa kalian kunjungi kapan pun secara bebas. Dan untuk kalian yang membawa kendaraan baik motor atau mobil bisa memarkirkannya terlebih dahulu dan pastikan untuk menyiapkan uang parkir tersebut.

Aktivitas Seru di Puri Anom Tabanan

Kalian bisa menemukan beragam aktivitas seru di dalam tempat wisata ini. Tentu saja semuanya sudah tersedia secara gratis. Jadi, untuk mengetahui aktivitas menarik apa di Puri anom ini silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Menyaksikan Alam yang Indah

Melalui puri ini kalian bisa Menyaksikan Alam yang Indah dengan khas Bali yang melegenda. Di dekat lokasi ini juga terdapat banyak sekali pemandangan yang mampu memanjakan mata seperti pegunungan, danau yang jernih dan sebagainya. Tidak heran kenapa tempat ini banyak di kunjungi oleh kalangan pelancong.

Menyaksikan Lomba

Para pengunjung juga bisa menyaksikan lomba, karena tempat ini memang kerap digunakan untuk lomba-lomba barung bangkung. Tentu saja lomba ini sangat seru dan memiliki unsur budaya yang kental didalammya. Lomba akan berlangsung selama 6 bulan sekali dan banyak peserta yang turut serta mengikuti perlombaan ini baik kalangan remaja hingga anak-anak.

Dan diperlombaan ini juga terdapat aturan dimana semua peserta bisa menarik hingga 15 mneit. Dan jika tariannya lebih dari waktu tersebut maka akan di potong secara otomatis. Dan pastinya adanya kegiatan ini membuat budaya semakin lestari lagi.

Wisata Budaya

Aktivitas yang ada di puri ini adalah bisa melakukan wisata budaya. Hal ini sangat cocok sekali karena di tempat ini menyediakan banyak sejarah dan budaya yang sangat sakral. Di puri anom juga terdapat beberapa kegiatan lainnya seperti sembahyang umat hindu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas Penunjang di Puri Anom

Beberapa fasilitas yang disediakan di puri anom ini sangat banyak dan bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung. Tempatnya yang rindang membuat para wisatawan menjadi nyaman dan kalian bisa menemukan area spot foto yang bagus dan menarik. Fasilitas utama di puri ini adalah dijadikan sebagai tempat sembahyang umat hindu.

Banyak juga toilet yang sudah disediakan dan fasilitas hotel bisa digunakan secara gratis. Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi maka bisa memarkirkan kendaraan di lokasi tersebut. Banyak pula area kuliner wisata yang menawarkan makanan lezat dan harganya relative murah. Kalian bisa berwisata sembari menikmati keindahan alam sekitar puri yang sejuk dan menyenangkan.

Penutup

Sekian ulasan tentang Puri Anom Tabanan yang bisa kalian coba untuk mengunjunginya secara langsung. Jadi kalian bisa menemukan banyak kelebihan di tempat tersebut untuk mengabadikan momen bersama teman, kerabat dan sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.