Cek, Perangkat Lunak (Software) – Adzcentral.com Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Perangkat Lunak (Software) – Adzcentral.com disini tempatnya . Baca artikel tentang Perangkat Lunak (Software) – Adzcentral.com .

perangkat lunak (software)

Program adalah sekumpulan instruksi dan data yang dijalankan oleh komputer. Perangkat lunak adalah penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras. Program ini berisi perintah dari pengguna dan perangkat yang akan menjalankan perintah ini secara nyata. Perangkat lunak terdiri dari program, perpustakaan (kumpulan program kecil) dan data yang terkait dengan program, seperti dokumen, media digital, dan lain-lain.

Berdasarkan lisensi, perangkat lunak dibagi sebagai berikut.

sebuah. Gratis, yang berarti bahwa perangkat lunak ini bebas digunakan, tanpa batasan jumlah dan waktu penggunaan, tetapi kode sumber saat ini tidak dapat dilihat dan tidak dapat diubah. Contohnya termasuk Skype, Avira, CCleaner, Smadav, Winamp, LibreOice Writer, dll.

B. berbagi perangkat lunakArtinya, perangkat lunak dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna hanya untuk masa percobaan sementara hingga batas waktu tertentu.

Jika pengguna merasa perangkat lunak itu bagus, mereka harus membelinya. Program bersama sering dibatasi oleh berapa lama mereka dapat digunakan (misalnya, uji coba 30 hari), berapa kali program dijalankan (misalnya 30x), atau fitur tertentu tidak dapat diakses. Setelah masa percobaan berakhir, perangkat lunak dapat dikunci atau dapat terus berfungsi sebagaimana dimaksud. Contohnya seperti Corel Draw, Microsoft Office, IDM (Internet Download Manager), Wondershare Filmora, Norton Antivirus, dll.

c. perangkat lunak iklan, yang berarti program ini gratis, tetapi ada iklan yang muncul saat dijalankan. Iklan dapat muncul saat memulai atau di antara penggunaan. Contohnya seperti Windows Live Messenger Plus yang merupakan salah satu contoh produk AddOns for Adware untuk Windows Live Messenger.

Dr.. Perangkat lunak komersial / berpemilikPerangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk menjual dan membayar pengembang perangkat lunak. Pengguna yang membelinya tidak dapat mendistribusikan atau memodifikasi perangkat lunak secara bebas dan tanpa izin resmi dari perusahaan yang menjual perangkat lunak. Perangkat lunak komersial ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Contohnya seperti Microsoft Windows, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Kaspersky, dll.

Berdasarkan fungsinya, program dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

1. Sistem operasi (operating system)

Sistem operasi adalah program utama yang memungkinkan komputer berfungsi. Ini adalah sistem operasi yang menghubungkan pengguna sehingga ia dapat berinteraksi dengan komputer. Sistem operasi sering disebut program sistem, dan merupakan program pertama yang dijalankan saat komputer dinyalakan. Sistem operasi biasanya ditempatkan pada penyimpanan sekunder seperti hard disk drive, solid state drive, dll. Sistem operasi bertanggung jawab untuk menyediakan layanan dasar untuk program lain yang sedang berjalan, dalam bentuk: penjadwalan tugas, manajemen memori, pengaturan interaksi pengguna, dan akses ke penyimpanan sekunder. Bagian dari kode dalam sistem operasi yang melakukan layanan utama disebut kernel.

Sistem operasi memiliki beberapa fungsi utama, antara lain sebagai berikut.

sebuah. Manajemen proses: mencakup pengaturan, penjadwalan, dan pemantauan proses (program) yang sedang berjalan di komputer.

B. Manajemen sumber daya: Berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang digunakan oleh program sistem dan program aplikasi lain yang sedang berjalan. Sumber daya adalah komponen perangkat keras komputer seperti CPU, memori, dan perangkat input atau output.

c. Pengelolaan data: berupa penyesuaian data input dan output, termasuk dalam hal alokasi pada perangkat penyimpan sekunder dan memori utama.

Saat ini, sistem operasi PC/Desktop yang banyak digunakan adalah Microsoft Windows, macOS dari Apple Inc, dan distro Linux (Debian, Fedora, Ubuntu). Sistem operasi paling populer untuk perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) adalah Android dan Apple iOS. Sistem operasi distribusi Linux banyak digunakan di komputer server dan sektor superkomputer. Kategori khusus lain dari sistem operasi adalah sistem operasi untuk sistem tertanam dan sistem waktu nyata.

2. Program Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi pada komputer adalah perangkat lunak siap pakai yang digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan

penggunanya. Di komputer, aplikasi ini diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jenis program aplikasi dijelaskan

Tergantung pada sumbernya, program ini dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

1. Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang kode sumbernya telah dibuka untuk umum, sehingga dapat dimodifikasi dan didistribusikan atau hasil modifikasinya dipublikasikan dalam kondisi tertentu, misalnya dengan tetap menjaga nama aplikasi. Contohnya seperti Audacity, XAMPP, Linux, Notepad++, Android, dll.

2. Perangkat lunak sumber tertutup atau perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang tersedia untuk umum, tetapi tanpa memberikan kode sumber. Misalnya Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.

Diadaptasi dari Kurikulum Siswa Informatika Kelas 7 Mandiri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi oleh Marisha Caroline Wiganto dkk.