Cek, Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Contoh dan Cara Menentukannya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Contoh dan Cara Menentukannya disini tempatnya . Baca artikel tentang Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Contoh dan Cara Menentukannya .

Samudranesia.id – Membahas definisi dari pengertian ide pokok merupakan kebutuhan orang banyak, terutama bagi penulis. Sebelum memulai untuk menulis cerita, ada baiknya untuk mengidentifikasi ide pokok yang bagus akan otomatis menarik para pembacanya.

Ide utamanya bisa berupa informasi, hiburan, dan lain sebagainya. Dengan gagasan utama, kita dapat mengembangkannya menjadi paragraf dan kalimat yang mudah dipahami.

Bagi kamu yang ingin mengetahui pengertian ide pokok dan mau memulai untuk menulis, ada baiknya kamu menguasai ide dasarnya terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar para pembaca dapat memahami apa yang penulis katakan.

Karena jika terjadi kesalahan dalam penyajian ide pokok, maka pembaca akan cepat bosan dan nilai tulisannya akan kecil. Oleh karena itu, sangat penting bagi penulis untuk memahami apa yang dimaksud dengan gagasan utama.

Secara umum paragraf terdiri dari 2 (dua) unsur yaitu gagasan pokok dan gagasan penjelas, baik dalam pengertian gagasan pokok maupun gagasan penjelas, pada artikel ini kami akan membahas apa itu pengertian ide pokok tips dan trik menulis ide pokok yang baik dan benar.

Apa Itu Ide Pokok ?

Apa Itu Ide Pokok

Pengertian ide pokok adalah gagasan atau ide yang menjadi subjek pengembangan paragraf. Ide dasar ini tertuang dalam kalimat utama. Ide pokok juga bisa disebut dengan ide utama, gagasan pokok, gagasan utama, pokok masalah, pokok pikiran, pikiran utama, inti masalah, inti paragrah, masalah utama, simpulan, topik, dan tema. Hanya ada satu gagasan utama dalam satu paragraf.

Intinya, semua istilah di atas adalah sama. Nah, untuk pertanyaan apa pengertian ide pokok, jawabannya akan sama dengan ide utama yaitu inti dari membaca. Begitu juga jika ditanya tentang gagasan pokok, pokok pikiran, dan lain-lain, jawabannya sama yaitu ide pokok.

Pengertian ide pokok Kalimat utama adalah kalimat yang memuat gagasan pokok sebuah paragraf. Kalimat dasar ini dijelaskan oleh kalimat lain dalam paragraf yang disebut kalimat penjelas. Nama lain untuk penawaran utama adalah penawaran tematik. Kalimat penjelas adalah kalimat yang menggambarkan kalimat utama.

Paragraf adalah sekelompok kalimat yang terkait dengan topik tertentu, atau tema sentral. Setiap pengertian ide pokok memiliki konsep kunci atau gagasan utama. Ide utama adalah informasi terpenting yang penulis ingin Anda ketahui tentang konsep paragraf itu.

Ketika penulis menulis, mereka memiliki gagasan dalam benak yang mereka coba sampaikan. Ini terutama benar saat penulis menulis paragraf dengan pengertian ide pokok. Seorang penulis mengatur ide utama setiap paragraf dan detail pendukung untuk mendukung topik atau tema sentral, dan setiap paragraf mendukung paragraf sebelumnya.

Seorang penulis akan menyatakan ide utamanya secara eksplisit di suatu tempat di paragraf. Gagasan utama tersebut dapat dinyatakan pengertian ide pokok di awal paragraf, di tengah, atau di akhir. Kalimat di mana gagasan utama dikemukakan merupakan kalimat topik dari paragraf tersebut.

Kalimat topik mengumumkan tema umum (atau bagian dari tema) yang akan dibahas dalam paragraf. Meskipun kalimat topik dapat muncul di mana saja dalam paragraf, biasanya kalimat itu pertama – dan untuk alasan yang sangat bagus.

Kalimat ini memberikan pengertian ide pokok fokus bagi penulis saat menulis dan bagi pembaca saat membaca. Saat Anda menemukan kalimat topik, pastikan untuk menggarisbawahinya agar tidak hanya menonjol sekarang, tetapi juga nanti saat Anda mengulasnya.

Fungsi Ide Pokok

Fungsi Ide Pokok

Fungsi pengertian ide pokok merupakan penjelasan inti dari paragraf atau bacaan tersebut sehingga para pembaca dapat dengan mudah memahami apa isi dari bacaan atau paragraf tersebut denan menjelaskan paragraf utama. Setelah mengidentifikasi ide utama, kita bisa mengetahui gagasan utama dari suatu paragraf.

Memahami topik, inti , atau kerangka konseptual yang lebih besar dari bab buku teks, artikel, paragraf, kalimat, atau bagian adalah tugas membaca yang canggih. Mampu menarik kesimpulan, mengevaluasi, dan menafsirkan artikel atau bab secara kritis penting untuk pemahaman keseluruhan dalam membaca di perguruan tinggi. Bab buku teks, artikel, paragraf, kalimat, atau petikan semuanya memiliki topik dan gagasan utama pengertian ide pokok adalah tema umum atau pesan.

Itulah yang oleh beberapa orang disebut subjek dari Ide utama adalah “konsep kunci” yang diungkapkan. Detail pengertian ide pokokmayor dan minor di dukung gagasan utama dengan memberi tahu bagaimana, apa, kapan, di mana, mengapa, berapa banyak, atau berapa banyak.

Menemukan topik, ide utama, dan detail pendukung membantu Anda memahami poin-poin yang coba diungkapkan oleh penulis. Mengidentifikasi hubungan antara ini akan meningkatkan pemahaman kamu.

Bagaimana Dinyatakan Sebagai Ide Pokok?

Bagaimana Dinyatakan Sebagai Ide Pokok

Tampaknya menjadi tugas yang cukup jelas untuk mendefinisikan ide utama, jadi mengapa sering kali menjadi masalah bagi orang – orang untuk mengidentifikasinya? Sebenarnya tidak perlu begitu. Seringkali konsep sentral diekspresikan langsung dalam teks dan mudah diidentifikasi seperti wajah Anda sendiri di cermin.

Namun, gagasan utama tidak selalu diungkapkan secara eksplisit dan siswa harus belajar untuk mengidentifikasinya apakah itu diungkapkan secara langsung atau hanya tersirat, jika mereka ingin memahami sepenuhnya apa yang mereka baca.

Perhatian adalah kunci untuk menarik ide utama dari sebuah teks, apapun genrenya. Siswa perlu mengidentifikasi informasi yang paling relevan dari pekerjaan dan menggunakannya untuk mengembangkan pernyataan yang mengungkapkan apa yang mereka anggap sebagai gagasan utama.

Kita bisa menyebutnya sebagai Pernyataan Ide Utama . Pernyataan pengertian ide pokok ini harus berupa satu atau dua kalimat ramping. Proses penyusunan pernyataan ini dimulai dengan mengajukan pertanyaan tentang teks. Tidak semua pertanyaan akan berlaku untuk setiap teks, tetapi akan memberikan titik awal yang baik untuk mengekstraksi ide utama dari setiap tulisan.

  • Siapa – Dapatkah siswa mengidentifikasi orang atau orang yang teks tersebut?
  • Apa – Dapatkah siswa mengidentifikasi topik atau tema yang mendasari teks?
  • Kapan – Dapatkah siswa mengidentifikasi referensi ke waktu atau periode tertentu?
  • Di mana – Dapatkah siswa mengidentifikasi tempat atau tatanan tertentu?
  • Mengapa – Dapatkah siswa mengidentifikasi alasan atau penjelasan untuk apa yang terjadi dalam teks?
  • Bagaimana – Dapatkah siswa mengidentifikasi metode atau teori dalam teks?

Pertanyaan-pertanyaan diatas dapat membantu kamu untuk menggambarkan tentang apa isi dari teks yang dibaca. Dua pertanyaan terpenting di atas adalah siapa dan apa . Ini akan cukup untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi gagasan utama dalam banyak situasi.

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara Menentukan Ide Pokok

Konsep teks agak kabur. Biasanya didefinisikan sebagai beberapa kalimat yang terkait dalam arti. Dalam hal ini, ada teks yang hanya terdiri dari satu kalimat, dan kadang-kadang kebetulan batas-batasnya sulit ditentukan: misalnya, di Internet Anda sering dapat melihat dalam satu teks tautan ke teks lain atau ke beberapa lainnya, dan itu, pada gilirannya, juga terkait dengan teks lain.

Mari kita pertimbangkan teks dalam pemahamannya yang biasa dan paling luas – sebagai kumpulan dari beberapa kalimat, yang saling berhubungan dalam maknanya – dan mencoba menjawab pertanyaan bagaimana cara menentukan ide pokok Biasanya, tidak ada masalah dengan definisi topik itu terletak di awal paragraf. Akan tetapi ide utama yang dikemukakan oleh penulis tidak selalu jelas.

Kedua konsep ini membentuk dua tingkat pemahaman teks yang berbeda dari keduanya menentukan isinya, tetapi jika topiknya menunjukkan suatu masalah, maka gagasan tersebut akan mengembangkannya dan membawa pembaca ke kesimpulan logis, atau membiarkan pertanyaan itu terbuka, meninggalkan sebuah bidang untuk diskusi.

Mendefinisikan Ide Pokok

berarti memahami tentang apa teks itu atau tentangnya. Analisis tekstual apa pun, termasuk definisi suatu topik, harus dimulai dengan membacanya. Berikut beberapa tip untuk membantu kamu menentukan Ide pokok:

  • Judul. Seringkali ini mencerminkan topik dan isi dari keseluruhan teks, terutama jika itu adalah artikel informasional, jurnalistik atau ilmiah. Kebetulan itu juga berisi ide utama, tetapi kita akan kembali ke ini nanti. Sedangkan untuk teks sastra, nama mereka, pada pandangan pertama, sangat jauh dari topik dan idenya, dan hanya setelah pembacaan yang cermat dan analisis yang mendalam hubungan ini dapat dibangun.
  • Subpos. Mereka biasanya memisahkan fragmen teks yang didedikasikan untuk tema mikro satu sama lain; dengan subpos, biasanya mudah untuk menentukan topik.
  • Kata kunci (pendukung) dan sinonimnya. Setiap topik memiliki gudang kata-kata tertentu yang menjadi ciri khasnya. Ini bisa menjadi istilah yang berbeda, misalnya medis, konstruksi, musik, dan sebagainya. Topik artikel informasional, jurnalistik, atau ilmiah mudah ditentukan dengan kata kunci, tetapi untuk teks sastra, hal ini tidak selalu memungkinkan, dalam kasus seperti itu Anda harus membiasakan diri dengan isinya.

Menyoroti Poin Utama

Saat bekerja dengan literatur apa pun, sangat penting untuk dapat secara mandiri menyoroti satu atau beberapa ide utama, ini membantu menyusun presentasi teks yang ringkas dan berkontribusi pada asimilasi informasi yang lebih baik. Ada beberapa alat dan teknik untuk membantu Anda melakukan ini:

  • Mengikuti utas logis. Membaca materi dengan cermat akan memungkinkan Anda membangun rantai tema-rematik, bersama dengan penulis, mengikuti perkembangan logika naratif. Mari kita perjelas istilahnya: topik adalah apa yang sudah diketahui, dan rema adalah informasi baru. Seringkali studi tentang perkembangan logis dari sebuah teks – pergantian tema dan rem – menunjukkan arti dasarnya.
  • Kata kunci (pendukung) dan sinonimnya. Seperti dalam kasus definisi topik, kata kunci dan frase yang membawa beban semantik penting dapat membantu di sini.
  • Subpos dan paragraf. Membaca subpos sering dengan sendirinya memungkinkan Anda membangun rantai logis, menguraikan ide penulis. Seiring dengan subpos dalam materi teks, ada pembagian menjadi paragraf, yang membantu membedakan bagian-bagian semantik, untuk menyoroti apa yang menurut penulis perlu ditekankan.
  • Hubungan dengan topik. Definisi topik selalu mendahului pemilihan ide utama teks, menjadi tahap pertama pemahamannya. Setelah memahami tema umum dan bagaimana pengarang mengungkapkannya, seseorang dapat menetapkan gagasan utama – semacam perpaduan tema dan gagasan. Hanya dalam kombinasi yang tak terpisahkan dari kedua komponen ini yang memungkinkan untuk mewujudkan niat penulis, pembentukan penilaian penulis.
  • Analisis dan sintesis. Materi apa pun menjadi lebih jelas jika, dalam studinya, dimungkinkan untuk menggabungkan studi detail individu dengan penilaian rencana umum, yang mencakup seluruh objek. Kombinasi analisis dan sintesis merupakan langkah penting menuju hasil studi materi.

Instruksi Langkah Demi Langkah

Saat menentukan tema dan gagasan utama, ikuti aturan berikut:

  • Bacalah seluruh teks dengan hati-hati, perhatikan judul, subjudul dan paragrafnya, perhatikan kata kuncinya.
  • Cobalah untuk menjawab pertanyaan: apa yang diminati oleh penulis teks yang dimaksud? Apa yang paling penting baginya? Subjek kajian seringkali ditempatkan pada heading, namun perlu diingat bahwa heading tidak selalu secara langsung mengindikasikan subjek, tetapi dapat bersifat metafora, asosiatif, bahkan paradoks. Oleh karena itu, Anda tidak boleh hanya mengandalkan arti judul, menyoroti ide utamanya.
  • Tentukan tugas yang penulis tentukan sendiri saat menulis teks. Cobalah untuk memahami apa yang penulis coba sampaikan kepada pembaca. Berikut beberapa opsinya: penulis ingin menarik perhatian audiens ke masalah yang mendesak, penulis mengungkapkan sikap subjektifnya terhadap masalah tersebut, penulis memberikan deskripsi suatu peristiwa, menyajikan informasi spesifik untuk perhatian pembaca.
  • Pikirkan tentang apa saja ciri khas dari persepsi pengarang? Dari sisi manakah masalah tersebut dibahas? Posisi apa yang membedakan sudut pandang pengarang? Penilaian apa yang diberikan penulis terhadap peristiwa, fenomena, objek? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu membentuk gagasan teks secara keseluruhan, serta tujuan cerita.
  • Setelah memutuskan posisi penulis, coba tebak mengapa persis seperti itu? Apa sajakah argumen, fakta, bukti yang mendukungnya? Berdasarkan apa penilaian ini?
  • Perhatikan cara linguistik yang dirancang untuk mempertahankan perhatian, menarik minat pembaca, meyakinkan dia tentang kebenaran penilaian penulis. Bergantung pada gaya di mana materi disajikan, teks dapat berisi ekspresi ekspresif dan berbagai kiasan yang berkontribusi pada ekspresi sikap penulis terhadap suatu objek atau fenomena.
  • Analisis temuan penulis. Mereka dapat dirumuskan dalam frase atau frase tertentu, biasanya di bagian paling akhir, lebih jarang di awal cerita. Ide utamanya mungkin tidak dirumuskan dengan jelas, tetapi tujuan dari keseluruhan teks adalah untuk membawa pembaca pada pemikiran ini, jadi cobalah untuk menarik kesimpulan Anda sendiri dengan menyelesaikan tautan terakhir dari rantai logis. Pada saat yang sama, disarankan untuk tetap berada dalam kerangka gaya umum dan menggunakan teknik bicara yang sama dengan yang digunakan penulis dalam karyanya.

Di paragraf terakhir, mungkin ada opsi yang bergantung pada tujuan mengidentifikasi ide utama. Jika analisis teks diperlukan dalam kerangka kurikulum, maka kesimpulan harus dicoba untuk dirumuskan seperti yang akan dilakukan oleh penulis sendiri.

Jika Anda perlu membuat ringkasan untuk keperluan Anda sendiri, lebih baik tuliskan inti materi dengan kata-kata Anda sendiri , yang nantinya akan membantu Anda mengingat dengan cepat apa yang kamu baca.

Beberapa Contoh Ide Pokok

Beberapa Contoh Ide Pokok

Contoh Teks Paragraf Naratif

“Hujan deras selama empat jam berturut-turut menyebabkan sungai meluap di beberapa tempat. Hal tersebut menyebabkan banjir dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akibat tumpahan air tersebut, jalan-jalan di desa terendam banjir sehingga mempersempit ruang gerak warga.

Bahkan jalan protokol pun terendam banjir, membuat lalu lintas di Jakarta semakin sulit. Situasi ini diperkirakan akan terjadi dalam 24 jam ke depan. Jika tidak ada tindakan efektif dari Pemprov DKI Jakarta. ”

Berdasarkan kalimat di atas, kita dapat mengenali karakteristik dari Penawaran Khusus. Yang spesial disini berfungsi untuk menjelaskan makna kalimat utama dalam bentuk uraian lebih lanjut masalah yang disebutkan dalam kalimat utama yaitu banjir yang mengganggu aktivitas. Penawaran dua hingga empat adalah penawaran khusus yang mendukung pesan penawaran utama.

Kita juga dapat menyimpulkan dari contoh paragraf sebelumnya bahwa banjir yang terjadi menyebabkan kesulitan pada aktivitas warga, kesimpulan ini sesuai dengan kalimat pertama paragraf di atas, oleh karena itu kalimat pertama menjadi gagasan utama paragraf ini.

Contoh Teks Paragraf Deduktif

Musim panas adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan di West Beach. Ini adalah pantai dengan pasir lembut berwarna terang. Garis pantainya sangat panjang dan banyak orang menikmati berjalan-jalan di sepanjang garis pantai.

Anak-anak suka bermain ombak dan berjalan di sepanjang bebatuan yang terlihat saat air surut. Ini adalah pantai yang menyenangkan bagi orang-orang dari segala usia.

Dalam paragraf ini:

  • topiknya adalah Pantai Barat
  • Ide pokoknya (apa yang dikatakan penulis tentang topik tersebut) adalah bahwa musim panas adalah waktu yang indah di West Beach

Contoh Teks Paragraf Ekspositif

Film Apollo 13 adalah blockbuster untuk musim panas 1995. Ini adalah cerita yang menarik tentang eksplorasi luar angkasa. Dalam film tersebut, para astronot mendapat masalah saat mereka mencoba untuk kembali ke Bumi.

Orang-orang di antara penonton berada di ujung kursi mereka menunggu untuk melihat apa yang terjadi. Yang membuatnya lebih menarik adalah bahwa ini adalah kisah nyata.

Dalam paragraf ini:

  • Topiknya adalah film Apollo 13
  • Ide utamanya ada di kalimat pertama: Apollo 13 adalah film laris untuk musim panas 1995

Meskipun gagasan utama biasanya ada di kalimat pertama, penempatan paling umum berikutnya ada di kalimat terakhir paragraf. Penulis memberikan informasi pendukung terlebih dahulu dan kemudian menjelaskan poinnya di kalimat terakhir.

Contoh Teks Paragraf Deduktif

Kebanyakan remaja dan dewasa muda tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan selama sisa hidup mereka. Itu keputusan besar. Ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersempit pilihan.

Misalnya Anda dapat mengikuti tes minat, melakukan penelitian sendiri tentang karier, mencoba pekerjaan sukarela di bidang yang Anda minati, atau “bayangan pekerjaan”, di mana Anda menghabiskan hari dengan seseorang yang bekerja di bidang yang menarik minat Anda. Ini hanyalah beberapa ide bermanfaat saat Anda mulai memilih karier.

Dalam paragraf ini:

  • topiknya adalah pekerjaan atau pilihan karier
  • Ide utamanya adalah beberapa ide untuk membantu pembaca memilih karier
    Terakhir, penulis dapat meletakkan ide utama di tengah paragraf.

Penulis akan menghabiskan beberapa kalimat untuk memperkenalkan topik, menyajikan ide utama, kemudian menggunakan sisa paragraf untuk mendukungnya. Ini dapat membuat gagasan utama lebih sulit ditemukan.

Contoh Teks Paragraf Ekspotif

Amerika Serikat tampaknya sedang jatuh cinta dengan gagasan pergi makan. Karena itu, banyak restoran yang berspesialisasi dalam semua jenis makanan. McDonald’s adalah raja dari subkelompok restoran yang disebut restoran cepat saji.

Kemungkinan besar, di mana pun Anda tinggal, ada restoran McDonald’s di dekat Anda. Bahkan ada McDonald’s di Uni Soviet. Sekarang McDonald’s sedang mencoba sesuatu yang baru.

Namanya McDonald’s Express dan ada tempat uji coba di Peabody, Massachusetts. Ini adalah bagian dari pompa bensin Mobil. Ini memungkinkan Anda untuk mengisi gas dan mengisi makanan pada saat yang bersamaan. Apa yang akan mereka pikirkan selanjutnya?

Dalam paragraf ini:

  • topiknya adalah McDonald’s
  • Ide utamanya ada di tengah paragraf, di kalimat ketiga: McDonald’s adalah raja makanan cepat saji

Contoh Teks Paragraf Ineratif

Hampir semua makhluk hidup mengatur suatu bentuk komunikasi. Pola tarian lebah di sarangnya membantu menunjukkan jalan ke ladang bunga yang jauh atau mengumumkan keberhasilan mencari makan.

Ikan stickleback jantan secara teratur berenang terbalik untuk menunjukkan kemarahan dalam kontes pacaran. Rusa dan lemur jantan menandai kepemilikan teritorial dengan menggosok sekresi tubuh mereka sendiri pada batu atau pohon pembatas.

Setiap orang telah melihat seekor anjing yang ketakutan meletakkan ekornya di antara kedua kakinya dan berlari dengan panik. Kami juga menggunakan gerak tubuh, ekspresi, postur, dan gerakan untuk memberi poin pada kata-kata kami.

Dalam paragraf ini, pernyataan yang paling umum adalah: “Hampir semua makhluk hidup mengatur suatu bentuk komunikasi.” Kalimat-kalimat berikut menawarkan contoh yang mendukung gagasan utama ini. Perhatikan bahwa kalimat topik adalah satu-satunya kalimat yang dapat dihubungkan ke setiap pernyataan lain dalam paragraf.

Contoh Teks Paragraf Ineratif

Kampanye televisi mencakup iklan politik. Iklan televisi sejauh ini merupakan bagian paling mahal dari kampanye kepresidenan. Sejak 1976, iklan politik di televisi menyumbang sekitar setengah dari pengeluaran para kandidat dalam kampanye pemilihan umum.

Pada tahun 1992 George Bush dan Bill Clinton masing-masing menghabiskan lebih dari $ 30 juta untuk iklan dalam pemilihan umum, dan Ross Perot menghabiskan lebih banyak lagi. Perot sangat bergantung pada “infomersial” – iklan berdurasi 30 menit dan satu jam yang menekankan substansi daripada slogan.

Dalam paragraf ini, pernyataan yang paling umum adalah: “Iklan televisi sejauh ini merupakan bagian paling mahal dari kampanye kepresidenan. ” Kalimat-kalimat berikut menawarkan contoh yang mendukung gagasan utama ini.

Perhatikan bahwa kalimat topik adalah satu-satunya kalimat yang dapat dihubungkan ke setiap pernyataan lain dalam paragraf. Di lain waktu, seorang penulis dapat memilih membangun kalimat topik, menempatkannya di atau dekat akhir paragraf.

Contoh Teks Paragraf Ineratif

Jurnalis secara historis memandang diri mereka sebagai profesional independen yang menyediakan layanan publik: mengumpulkan dan menyampaikan fakta tentang peristiwa terkini kepada publik.

Beberapa menuduh profesional PR mendistorsi fakta untuk melayani kepentingan klien mereka. Namun jurnalis sangat bergantung pada praktisi PR untuk memberikan informasi yang digunakan dalam membuat laporan berita.

Banyak editor, misalnya, mengakui bahwa lebih dari separuh ide cerita mereka setiap hari berasal dari pekerjaan PR seperti siaran pers. Dalam menghadapi pengurangan staf surat kabar dan meningkatnya kebutuhan televisi untuk meliput acara berita lokal, para profesional di media berita membutuhkan ide berita PR lebih dari sebelumnya. Ini tidak nyaman bagi beberapa jurnalis.

Dalam paragraf ini, pernyataan yang paling umum adalah: ” Dalam menghadapi pengurangan staf surat kabar dan meningkatnya kebutuhan televisi untuk meliput acara berita lokal, para profesional di media berita membutuhkan ide berita PR lebih dari sebelumnya. ”

Kalimat-kalimat berikut menawarkan contoh yang mendukung gagasan utama ini perhatikan bahwa kalimat topik adalah satu-satunya kalimat yang dapat dihubungkan ke setiap pernyataan lain dalam paragraf. Di lain waktu, seorang penulis dapat memilih membangun kalimat topik, menempatkannya di atau dekat akhir paragraf.

Contoh Teks Paragraf Ineratif

Leonardo da Vinci adalah anak dari Piero, seorang notaris dari kota Vinci, dan seorang gadis petani bernama Caterina. Istri ketiga ayah Leonardo kemudian melahirkan seorang putra bernama Bartolommeo, yang mengidolakan Leonardo meskipun usianya empat puluh lima tahun lebih muda.

Setelah kematian Leonardo yang legendaris, Bartolommeo mencoba eksperimen yang luar biasa. Dia mempelajari setiap detail hubungan ayahnya dengan Caterina.

Kemudian Bartolommeo, dirinya seorang notaris berdasarkan tradisi keluarga, kembali ke Vinci dan menemukan gadis petani lain yang tampaknya mirip dengan Caterina, menurut semua yang diketahui Bartolommeo.

Dia menikahinya dan dia memberinya seorang putra yang mereka sebut Piero. Anehnya, anak itu benar-benar mirip Leonardo dan dibesarkan dengan dorongan untuk mengikuti jejak pria hebat itu.

Topik paragraf adalah percobaan Bartolommeo. Detail terkait adalah hubungan keluarga dan pencarian istri seperti Caterina. Gagasan utama yang tersirat dari paragraf tersebut adalah bahwa dengan sengaja memilih seorang istri yang mirip dengan ibu Leonardo da Vinci, saudara tiri Leonardo dapat menjadi ayah dari seorang putra yang sangat mirip dengan Leonardo.

Contoh Teks Paragraf Deduktif

Mungkin cara terbaik untuk mulai membaca puisi secara responsif adalah dengan tidak membiarkan diri Anda diintimidasi olehnya. Pikirkanlah, setidaknya pada awalnya, cara Anda mendengarkan lagu di radio.

Anda mungkin mendengarkan lagu beberapa kali sebelum Anda mendengarnya sama sekali, sebelum Anda mengetahui cara kerjanya, ke mana arahnya, dan bagaimana lagu itu sampai di sana.

Anda tidak perlu khawatir tentang menganalisis lagu saat mendengarkannya, meskipun setelah berulang kali mengalaminya, Anda tahu dan mengantisipasi bagian favorit dan tahu, pada tingkat tertentu, mengapa lagu itu cocok untuk Anda.

Beri diri Anda kesempatan untuk menanggapi puisi. Pekerjaan terberat telah dilakukan oleh penyair, jadi yang perlu Anda lakukan di awal hanyalah mendengarkan kesenangan yang dihasilkan oleh susunan kata-kata penyair.

Topik paragraf adalah puisi. Detail terkait adalah cara-cara spesifik mendekati puisi yang membuatnya tidak terlalu menakutkan. Ide utama yang tersirat dari paragraf tersebut adalah bahwa orang-orang diintimidasi oleh puisi dan harus menemukan cara-cara untuk mendekati puisi secara berbeda.

Contoh Teks Paragraf Ekspotif

Pada tahun 1927 pekerja sosial di berbagai bagian Amerika Serikat menyumbangkan laporan untuk sebuah studi tentang apakah Larangan berhasil. Dari Cleveland dilaporkan bahwa “pada awalnya kelompok Italia mengira Larangan hanya mempengaruhi peminum wiski. . . dan pergi dengan anggur mereka, berkali-kali secara terbuka. ”

Di Buffalo dikatakan bahwa “orang Italia kami tidak memiliki keyakinan bahwa mereka melakukan kesalahan moral dalam membuat dan meminum anggur asli mereka. Mereka tidak dapat memahami mengapa Larangan diadopsi.

Secara umum, mereka merasa bahwa itu adalah bukti fanatisme, dan meskipun mereka diwajibkan dengan cara tertentu untuk mematuhi hukum, mereka tidak memiliki keberatan khusus untuk melanggarnya. ” Di New York, sebelum Larangan, orang Italia-Amerika membeli [anggur] “saat mereka membeli roti di Amerika baru ini, demi kenyamanan.

Topik paragraf adalah larangan. Rincian terkait adalah laporan dari tahun 1920-an tentang upaya pelarangan di Cleveland, Buffalo, dan New York. Gagasan utama yang tersirat adalah bahwa larangan itu tidak berhasil (setidaknya tidak di antara orang Italia-Amerika di tiga kota ini).

Contoh Teks Paragraf Ekspotif

Hong Kong adalah 98% orang Cina. Meskipun bahasa resminya adalah Inggris dan Kanton, penggunaan bahasa Mandarin (atau Putonghua , bahasa resmi China dan yang digunakan oleh sebagian besar bahasa China di seluruh dunia) pasti akan meningkat.

Banyak bahasa dan dialek lain digunakan di sini, termasuk Hakka (bahasa sekelompok pemukim awal dari Tiongkok), Tanka (bahasa orang perahu asli yang datang ke sini sekitar 5.000 tahun yang lalu), Shanghai, dan Chinglish (campuran Kanton dan Inggris).

Di antara kebangsaan yang tinggal di Hong Kong, sekitar 30.000 orang Filipina merupakan komunitas asing terbesar. Kebanyakan adalah wanita yang bekerja sebagai pembantu dan pengasuh — disebut “amah” dalam bahasa lokal — banyak dari mereka bersosialisasi pada hari libur mereka di dekat Star Ferry dan di taman Statue Square.

Topik paragraf ini adalah kota Hong Kong. Rincian terkait adalah bahasa yang digunakan di Hong Kong dan berbagai kebangsaan yang tinggal di sana. Gagasan utama yang tersirat adalah bahwa meskipun Hong Kong sebagian besar adalah orang Cina, itu adalah kota multikultural.

Contoh Teks Paragraf Persuasif

Di Argentina, membersihkan tenggorokan atau membuang ingus ke meja adalah tindakan yang buruk. Di Brasil, hindari menyentuh makanan dengan jari, dan pastikan untuk menyeka mulut sebelum minum.

Saat makan dengan sahabat Muslim, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan tangan kiri Anda untuk makan, menyentuh orang lain, memberi atau menerima benda, atau menunjuk.

Topik paragraf ini adalah tata krama meja. Rincian terkait adalah nasihat untuk makan teman Argentina, Brasil, atau Muslim. Gagasan utama yang tersirat adalah bahwa budaya yang berbeda memiliki tata krama meja yang berbeda dan memerlukan tanggapan yang berbeda pula oleh tamu.

Contoh Teks Paragraf Naratif

Buku etiket dulu mengajarkan bahwa jika seorang wanita memiliki Nyonya di depan namanya maka nama suami harus mengikuti karena Nyonya adalah singkatan dari Nyonya dan seorang wanita tidak bisa menjadi simpanan bagi dirinya sendiri. Seperti banyak argumen tentang penggunaan bahasa yang “benar”, ini sangat tidak logis karena Nona juga merupakan singkatan dari Nyonya .

Feminis berharap untuk menyederhanakan masalah dengan memperkenalkan Ms. sebagai alternatif untuk Mrs. dan Miss , tetapi apa yang terjadi adalah Ms. sebagian besar menggantikan Miss menjadi nama bisnis yang mencakup semua untuk wanita.

Banyak wanita yang sudah menikah masih lebih menyukai gelar tersebutNyonya , dan beberapa kesal disapa dengan istilah Nona. Seperti yang dikeluhkan oleh seorang reporter surat kabar yang frustrasi, “Sebelum saya bisa menulis tentang seorang wanita, saya harus tahu tidak hanya status perkawinannya tetapi juga filosofi politiknya.”

Akibat dari komplikasi tersebut dapat menyebabkan matinya judul yang telah diabaikan oleh banyak pemrogram komputer yang merasa lebih efisien dengan hanya menggunakan nama; misalnya dalam surat bisnis: “Dear Joan Garcia,” alih-alih “Dear Mrs. Joan Garcia,” “Dear Ms. Garcia,” atau “Dear Mrs. Louis Garcia.”

Apa yang hilang dari paragraf ini, dan oleh karena itu, yang perlu disimpulkan oleh pembaca, adalah kalimat seperti berikut: “Ada banyak kebingungan saat ini tentang cara yang dapat diterima untuk menyapa wanita.” Tempat yang logis untuk meletakkan kalimat ini, jika dimasukkan, adalah di awal paragraf.

Bagian tengah paragraf memuat banyak contoh, dan bagian akhir membawa argumen Nilsen sedikit lebih jauh dengan menyarankan bahwa kebingungan yang dia gambarkan dapat menyebabkan pengabaian gelar untuk perempuan.

Akhir Kata

Pengertian ide pokok merupakan salah satu komponen penting dalam penulisan, bisa dikatakan ide pokok adalah kunci utama dari sebuah penulisan. Dengan adanya ide pokok membuat para pembaca mengerti apa inti permasalah yang dibahas dari paragraf yang sedang dibaca oleh para pembaca.

Baiklah berikut tadi merupakan penjelasan Informasi seputar pengertian ide pokok. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan ide pokok dengan baik. Penulis ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada kalian pengunjung setia blog ini, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.