Cek, Pantai Pandansimo, Pesona Indah dengan Daya Tarik Kincir Angin Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Pantai Pandansimo, Pesona Indah dengan Daya Tarik Kincir Angin disini tempatnya . Baca artikel tentang Pantai Pandansimo, Pesona Indah dengan Daya Tarik Kincir Angin .

Adzcentral.com – Pantai Pandansimo, Anda mungkin masih belum terbiasa mendengar nama tempat wisata yang satu ini. Saat ini masih sepi pengunjung, namun bukan berarti tanpa keindahan di dalamnya. Pantai ini sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Memang suasana tenang di sini menjadi salah satu daya tarik, karena mereka yang datang bertujuan untuk menyembuhkan dan menyegarkan pikiran yang lelah. Keheningan tempat wisata ini selalu disertai dengan hembusan angin yang datang dari laut lepas.

Namun bukan berarti tidak ada pengunjung sama sekali, Anda mungkin menemukan puluhan saat datang ke sini. Pada hari libur, lebih banyak orang akan datang, baik dari keluarga atau pasangan bercinta.

Dikatakan sepi yang berarti Pantai Pandansimo dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya di Bantul, Yogyakarta. Misalnya Pantai Parangtritis dan Pantai Glagah yang mungkin pernah Anda kunjungi.

Keindahan pantai ini bisa dikatakan menyeluruh, mulai dari pasir dan air laut hingga bebatuan karang yang bertebaran di beberapa titik. Pasir di sini tidak seperti pantai-pantai di Jogja pada umumnya, warnanya agak cokelat.

Objek wisata pantai Pandancimo

Mengunjungi pantai-pantai di nusantara tidak pernah membosankan, meskipun ada banyak hal yang bisa dijelajahi. Hal ini karena masing-masing memiliki daya tarik dan ciri khasnya sendiri. Untuk objek wisata Pantai Pandansimo, berikut ulasan kami!

Keindahan Pantai Pandancimo

Daya tarik yang tidak boleh dilewatkan adalah pesona dan keindahan pantai secara keseluruhan. Berkunjung ke tempat wisata Jogja tidak pernah membosankan karena banyak tempat wisata yang bisa dilihat.

Pasir berwarna coklat memiliki tekstur yang halus, dan biasanya digunakan untuk bermain seiring berjalannya waktu. Ada juga pengunjung yang menggunakannya sebagai suguhan sambil berjalan, karena ada cangkang tiram kecil yang tercampur.

Berbeda dengan pantai yang umumnya terlihat kering, di sini Anda merasa sejuk dan segar. Hal ini dikarenakan adanya pohon cemara yang berjajar rapi di sepanjang sisi jalan. Pohon ini juga menjadi kanopi alami dan digunakan sebagai tempat berteduh.

Keindahan Pantai Pandansimo semakin sempurna dengan deburan ombak yang mengejar ke tepi. Ombak di sini sangat besar, seperti di pantai selatan. Kicauan burung tak lupa membuat suasana liburan semakin meriah.

kincir angin raksasa

Daya tarik yang belum tentu dimiliki pantai lain adalah keberadaan kincir angin raksasa. Sebelumnya tidak ada, namun mahasiswa UGM binaan Kemenristekdikti mampu mewujudkannya.

Tidak digunakan untuk lansekap, tetapi sebagai pembangkit listrik tenaga angin yang hasilnya didistribusikan ke rumah-rumah penduduk setempat. Namun karena keunikannya, tak jarang wisatawan menjadikannya sebagai objek foto.

Pabrik ini mampu menghasilkan 10 kilowatt per hari. Artinya, hasilnya lebih dari cukup untuk menerangi area sekitar. Untuk mencapainya dari lokasi wisata utama cukup jauh, namun Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

pergi jalan-jalan

Pantai Pandansimo tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan keunikan memiliki kincir angin raksasa. Selain itu, masih ada wisata yang menarik untuk dibahas. Wisata seperti ini tidak banyak ditemukan di daerah pesisir.

Hanya di daerah yang memiliki bentangan pantai yang luas. Game yang dimaksud adalah ATV yang cocok untuk memacu adrenalin. Ada juga wahana yang biasanya diminati anak-anak.

Ini tidak berarti bahwa Anda tidak bisa menjadi dewasa, ada kuda besar yang khusus ditujukan untuk usia ini. Karena pantai ini tidak direkomendasikan sebagai lokasi berenang, pengelola menyediakan kolam renang pribadi di sebelahnya.

Pantai Pandansimo adalah salah satu pantai yang indah di Yogyakarta. Tempat wisata yang disebutkan membuat siapa saja ingin mengunjunginya. Apalagi lokasinya tidak jauh dari pantai lain yang sangat populer, seperti Pantai Kuwaru misalnya.

Alamat tempat wisata ini terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jarak dari Tugu Jogja sekitar 30 kilometer, dan Anda bisa menempuh perjalanan selama 1 jam dengan kecepatan rata-rata mobil.

Rute terbaik adalah melalui Jalan Bantul yang mengarah ke Taman Paseban. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Khan dan Shed Haseem, lalu ke Jalan Sarandakan. Ikuti jalan ini sampai bertemu Bundaran Sarandakan, lalu belok kiri.

Lokasi Anda saat ini di Jalan Pandansimo, ikuti terus jalan utama sampai Anda mencapai Dusun Babakan. Dari sini, Anda bisa mengikuti rambu atau bertanya langsung kepada penduduk setempat. Anda juga dapat menggunakan aplikasi GPS jika Anda masih asing dengan medan.

Harga tiket masuk

Selanjutnya kita akan membahas harga tiket masuk Pantai Pandansimo agar bisa kamu persiapkan dari awal. Untuk mendapatkan pengalaman seru saat liburan tentunya tidak gratis, ada biaya yang harus dibayar meski sebenarnya tidak terlalu mahal.

Harga tiket masuk saat ini adalah 5.000 rupee per orang. Biaya tambahan dari biaya parkir, Anda hanya perlu menghemat 5.000 jika Anda datang dengan sepeda motor. Sedangkan jika menggunakan mobil, tiket parkir yang berlaku adalah 10.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Pantai Pandansimo tidak hanya memiliki tempat wisata yang perlu Anda ketahui. Berbagai aktivitas dan aktivitas seru bisa dilakukan di sini. Meski tidak bisa digunakan untuk berenang, kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini!

Naik ATV

Salah satu game yang paling laris karena seru adalah ATV. Apalagi Anda belum tentu bertemu dengannya jika berkunjung ke pantai lain. Mengendarai ATV di medan berpasir tentu tidak mudah. Butuh keseimbangan agar tidak jatuh.

Wisatawan yang merasa tertantang akan ingin mencobanya. Jalurnya cukup panjang, menyusuri garis pantai Pantai Pandansimo yang terbentang. Namun perlu Anda ketahui bahwa penerbangan ini tidak termasuk tiket masuk, sehingga Anda memerlukan biaya tambahan.

wisata kuliner

Kegiatan lain yang dijamin seru adalah wisata kuliner. Karena sebagian besar masyarakat di sini berprofesi sebagai nelayan, maka makanan yang disajikan pun tak jauh dari ikan laut. Anggap saja sebagai makanan laut, Anda dapat mencari banyak hidangan ikan segar dengan harga pantas.

penangkapan ikan

Bagi yang hobi memancing, hobi ini bisa Anda lakukan saat berlibur. Mengingat ombak pantai yang cukup besar, kegiatan ini tidak dilakukan di laut. Ada tempat khusus yang digunakan untuk memancing, Anda hanya perlu melengkapi peralatan sendiri dari rumah.

Belanja ikan segar

Biasanya keluarga yang datang ke sini menyempatkan diri untuk berbelanja ikan segar. Ikan ini bersumber langsung dari nelayan setempat, kemudian didistribusikan ke pengepul melalui pelelangan ikan. Harganya dijamin bersaing, karena distribusinya masih satu sisi.

kesimpulan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pantai Pandansimo yang merupakan salah satu tujuan wisata bahari di Jogja dengan daya tarik yang menawan. Sayang sekali berkunjung sendirian, sebaiknya mengajak orang-orang terdekat untuk berbagi keindahan yang Anda miliki.