Cek, Modul Ajar PKN SMA Kelas Xi [Fase F] Kurikulum Merdeka 2022/2023 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Modul Ajar PKN SMA Kelas Xi [Fase F] Kurikulum Merdeka 2022/2023 disini tempatnya . Baca artikel tentang Modul Ajar PKN SMA Kelas Xi [Fase F] Kurikulum Merdeka 2022/2023 .

Para Guru yang Terhormat, Satuan Pengajaran Kurikulum Mandiri untuk individu PKN kelas xi SMA/SmK bahkan kelas, Kurikulum Mandiri merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang akan kami bagikan pada artikel kali ini. Alat ini merupakan persiapan bagi guru dalam menghadapi kegiatan Belajar Mengajar (IKM) tahun ajaran baru 2022/2023.

Gambar Unit Pengajaran PKN SMA Kelas 11 Kurikulum Mandiri

Dengan adanya unit ini guru akan dengan mudah melaksanakan pengajaran di kelas karena sudah memiliki perencanaan yang dibangun di dalamnya. Kegiatan belajar mengajar dengan cara ini disusun dan dirancang dengan baik untuk mewujudkan proyek profil siswa di Pancasila.

Hal ini didasarkan pada deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) saat ini dan sesuai dengan Prestasi Belajar (CP) Tahap E terbaru dan sesuai dengan karakteristik siswa. Sehingga modul yang tersedia memuat kriteria yang mendasar, menarik, relevan, kontekstual dan berkelanjutan.

Materi pada pelajaran PKN SMA/SMK Kelas 10 sesuai dengan buku terbitan terbaru dari Kemendikbud yang menjadi bahan pembuatan unit ini. Tentunya tujuannya agar para guru tidak salah kaprah melihat, memperhatikan dan mengembangkan apa yang telah diberikan pemerintah melalui Badan Pengelola Pengajaran Guru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi semester tunggal

Bab 1 Pancasila: (Peta Pemikiran Pendiri Bangsa Pancasila, Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Bernegara, Pemetaan Peluang dan Tantangan Pancasila dalam Proyek Gotong Royong dalam Kehidupan Global dan Kewarganegaraan)

Bab 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945: (Gagasan pendiri bangsa tentang konstitusi, hubungan dan saling ketergantungan rezim, konsekuensi dari pelanggaran kesepakatan dan studi kasus pelanggaran aturan dan peraturan).

Materi semester genap

Bab 3 Bhinneka Tunggal Ika : (Kita dan masyarakat global, kerjasama budaya, interaksi budaya nusantara di pentas dunia, kepedulian terhadap tradisi lokal, keragaman dan stereotip, diskriminasi, dan bullying).

Bab 4 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI): (Ambalat blok sengketa wilayah antara Indonesia dan Malaysia, metode penyelesaian damai sengketa internasional dan penyelesaian sengketa Ambal blok perbatasan).

Komponen yang termasuk dalam modul ini berisi:

1. Informasi umum

identitas satuan

Berisi informasi tentang Modul Pengajaran yang terdiri dari: penulis, lembaga, tahun modul didirikan, tingkat sekolah (SD/SMP/SMA), kelas, dan alokasi waktu (pilihan sesuai dengan jam pembelajaran yang berlaku untuk masing-masing unit usaha)

Yurisdiksi utama

Kompetensi utama adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari mata pelajaran tertentu.

Profil Mahasiswa Pancasila

Siswa Pancasila merupakan tujuan akhir dari suatu kegiatan pendidikan yang erat kaitannya dengan pembentukan kepribadian siswa.

Profil siswa Pancasila dapat tercermin dalam isi dan/atau sistem pembelajaran. Dalam modul pembelajaran tidak perlu dicantumkan seluruh profil siswa Pancasila, namun dapat dipilih profil siswa Pancasila yang paling sesuai dengan kegiatan pembelajaran.

Enam dimensi profil siswa Pancasila saling berhubungan dan terintegrasi di semua mata pelajaran. Hal ini terlihat dalam:

Isi artikel

sedang belajar

Pedagogi dan/atau

Kegiatan proyek

evaluasi

Setiap modul mencakup satu atau lebih dimensi profil siswa yang telah ditetapkan dalam Pancasila.

Sarana dan prasarana

Sarana dan Prasarana adalah sarana dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Fasilitas berarti alat dan bahan yang akan digunakan. Prasarana adalah bahan dan sumber lain yang relevan dari bahan ajar yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan materi harus mempertimbangkan kebutuhan siswa, baik dengan keterbatasan maupun kelebihannya.

Teknologi juga mencakup sarana dan prasarana yang harus digunakan untuk pembelajaran yang lebih mendalam dan terarah.

Targetkan siswa

menutup 3 (tiga) klasifikasi tujuan siswa dia dipanggil:

1. Siswa biasa/khas: Secara umum tidak ada kesulitan dalam asimilasi dan pemahaman materi pendidikan.

2. Siswa dengan kesulitan belajar seperti gaya belajar yang terbatas hanya pada satu gaya (misalnya dengan suara). Kesulitan dengan bahasa dan pemahaman bahan ajar, kurang percaya diri, kesulitan dengan fokus jangka panjang, dan lain-lain.

3. Siswa Berprestasi: memahami dan memahami dengan cepat, mampu mencapai High Level Thinking Skills (HOTS), dan mampu memimpin.

contoh pembelajaran

Contoh pembelajaran adalah kerangka pendidikan yang memberikan gambaran sistematis tentang penerapan pembelajaran.

Modelnya pun beragam, mulai dari contoh pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh online (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh online (PJJ Offline) dan blended learning.

2. Bahan dasar

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting pembelajaran dan harus diuji dengan berbagai bentuk penilaian sebagai bentuk menunjukkan pemahaman.

Selain itu, tujuan pembelajaran akan menentukan kegiatan pembelajaran, sumber yang digunakan, kesesuaian keragaman siswa, dan metode penilaian yang diterapkan.

Tujuan pembelajaran dapat mengambil berbagai bentuk, mulai dari pengetahuan (fakta dan berita), pemahaman prosedural dan konseptual, keterampilan menalar dan menalar, strategi kolaboratif dan komunikatif.

pemahaman yang bertujuan

Pemahaman yang bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan diperoleh siswa setelah melaksanakan pembelajaran. Siswa dapat menerapkan manfaat ini di kemudian hari dalam kehidupan sehari-hari.

Model kalimat pemahaman yang bertujuan: mengatur manusia untuk memecahkan masalah yang sulit dan mencapai suatu tujuan.

pertanyaan yang lebih ringan

Pertanyaan yang lebih ringan bertujuan untuk membimbing siswa agar memperoleh pemahaman yang bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Pertanyaan ini dibuat oleh guru untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Misalnya, ketika belajar menulis cerita pendek, seorang guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa yang membuat cerita pendek menyenangkan untuk dibaca?

Jika Anda diminta untuk membuat akhir yang berbeda, apa yang akan Anda sarankan?

Kegiatan Pembelajaran

Urutan kegiatan pembelajaran inti berupa langkah-langkah konkrit, yang meliputi alternatif pilihan pembelajaran dan langkah-langkah yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan waktu yang direncanakan, dalam tiga tahap yaitu pendahuluan, inti dan penutup berdasarkan metode pembelajaran aktif.

evaluasi

Penilaian kebutuhan diterapkan untuk menilai hasil belajar di akhir kegiatan.

Standar prestasi harus diatur secara jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu.

Ada 3 jenis evaluasi:

sebuah. Penilaian sebelum pembelajaran (diagnosis)

B. Penilaian selama proses pembelajaran (formatif)

c. Evaluasi di akhir pelaksanaan pembelajaran (ringkasan)

Bentuk evaluasi yang dapat dilakukan:

Sikap (profil siswa Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, anekdot. Kinerja (pertunjukan, drama, bisnis pertunjukan, majalah, dll.) Tes objektif tertulis: esai, pilihan ganda, esai, jawaban singkat, benar-salah).

Pengayaan dan penyembuhan
Pengayaan merupakan kegiatan pendidikan yang diberikan kepada siswa berprestasi agar dapat meningkatkan potensinya secara maksimal.

Saat merancang kegiatan pengayaan, Anda perlu memperhatikan pembedaan, seperti lembar belajar/kegiatan yang berbeda dari kelas.

Terapi ditawarkan kepada siswa yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau belajar (mengulang).

3. Lampiran

sebuah. lembar kerja siswa

LKS ini ditujukan untuk siswa (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk ditawarkan kepada siswa, termasuk siswa non reguler.

B. Bahan bacaan guru dan siswa

Bahan bacaan bagi guru dan siswa dapat diterapkan sebagai pemantik sebelum memulai kegiatan atau untuk memperdalam pemahaman materi pada atau di akhir kegiatan pembelajaran.

c. Daftar Istilah

Glosarium adalah kumpulan abjad istilah dalam bidang lengkap dengan definisi dan artinya. Diperlukan glosarium kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.

Dr.. indeks

Bibliografi adalah sumber referensi yang digunakan dalam mengembangkan unit siswa. Apakah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, website, lingkungan, referensi, dll).

Dengan ini diharapkan guru kelas dapat merancang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan harapan tercapainya profil siswa Pancasila. Untuk lebih jelasnya silahkan Unduh berbagai model kurikulum untuk mengajar kurikulum kelas sebelas tanpa kewarganegaraan Berikutnya:

Satuan Pengajaran Pancasila

Satuan Pengajaran Mata Pelajaran Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Unit Pengajaran Bhinneka Tunggal Ika

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)