Cek, Link Tes Ujian IQ Terbaru Viral, Uji Seberapa Besar IQ Dirimu Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Link Tes Ujian IQ Terbaru Viral, Uji Seberapa Besar IQ Dirimu disini tempatnya . Baca artikel tentang Link Tes Ujian IQ Terbaru Viral, Uji Seberapa Besar IQ Dirimu .

Sultranesia.id – Belakangan ini banyak sekali orang orang yang memperlihatkan hasil dari Tes Ujian IQ nya baik di TikTok maupun Instagram. Hal ini membuat banyak orang juga penasaran dengan bagaimana caranya untuk mengikuti Tes Ujian IQ ini.

Singkatnya Tes Ujian IQ ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan daya pikir dari otak seseorang. Apakah mereka mampu untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang kompleks ataupun memiliki kecerdasan emosional.

Bagi kamu yang penasaran dengan link Tes Ujian IQ ini, baca saja artikel ini sampai habis karena kami menyematkannya di bawah. Sebelum kamu ingin mencobanya, kamu harus paham dulu mengenai Tes Ujian IQ.

Apa Itu Tes Ujian IQ?

Apa Itu Tes Ujian IQ

Tes Ujian IQ atau biasa disebut dengna Intelligence Quotient adalah sebuah pemeriksaan dengan tujuan untuk pengukuran tingkat kecerdasan seseorang. Hal ini dilihat dari kecerdasan inteligensinya apakah dia termasuk orang yang cerdas, biasa saja, atau tidak.

Tes ini dapat membantu seorang dokter dalam mendiagnosis jika terdapat disabilitas intelektual pada seseorang ataupun hanya sekedar mengukur potensi intelektualnya saja. Sehingga tes ini amat penting bagi dunia medis.

Tes Ujian IQ juga sangat erat kaitannya pada kemampuan memahami, mengingat, mengevaluasi, menganalisa, serta memecahkan masalah. Jadi jika kamu melihat seorang anak kecil yang mampu menyelesaikan masalahnya dengan tak diduga, bisa jadi IQ dia tinggi.

Tes Ujian IQ ini juga memiliki beberapa kegunaan dan manfaat. Berikut adalah beberapa diantaranya yang telah kami simpulkan.

  • Dapat mengetahui kemampuan analisis seseorang dalam mengatasi atau memecahkan sebuah masalah yang sedang dihadapi.
  • Bisa menilai seseorang jika ada hambatan dari segi intelektualnya.
  • Dapat menjadi sebuah bahan pertimbangan dalam studi atau pun pekerjaan.
  • Lalu juga bisa memprediksi kemampuan seseorang dalam bekerja.
  • Biasanya tes dilakukan juga untuk mengukur kemampuan para siswa di sekolahnya.

Pentingkah Untuk Tes Ujian IQ?

Pentingkah Untuk Tes Ujian IQ

Jika kamu sudah melihat kegunaan dan manfaatnya di atas, maka bisa disimpulkan bahwasanya Tes Ujian IQ ini memang sangat penting. Juga berguna untuk karir seseorang pada masa depannya kemudian.

Selain itu tes ini dapat menjadi sebuah bahan untuk evaluasi diri terhadap kelebihan dan kekurangan diri kita sendiri. Jadi hal ini berarti tes ini mampu memberikan kita bantuan untuk mengasah kekurangan kekurangan yang ada pada diri kita.

Beberapa Fakta Unik Seputar Tes Ujian IQ

Beberapa Fakta Unik Seputar Tes Ujian IQ

Terdapat beberapa fakta unik mengenai Tes Ujian IQ ini. Pada beberapa kalangan, tes ini masih dianggap sebagai pengukuran dari tingkat kecerdasan seseorang. Padahal ternyata tidak selalu begitu, berikut ini kami jabarkan faktanya.

1. Tes Ujian IQ Dilakukan Pertama Kali Untuk Mendeteksi Sebuah Keterbelakangan Mental

Seringkali tes kecerdasan ini digunakan hanya untuk mengukur tingkat kecerdasan dan kesuksesan seseorang. Padahal sejatinya tes ini digunakan untuk mengukur apakah seseorang mengalami keterbelakangan mental atau tidak.

Yang menjadi ukurannya adalah jika seseorang tersebut memiliki skor di bawah 70 maka dia dianggap sebagai orang yang mengidap keterbelakangan mental. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu terdapat range skor yang menentukan seperti apa mereka sebenarnya.

2. Tes Ujian IQ Mengukur Kecerdasan Spesifik Saja

Sejatinya tes kecerdasan ini hanyalah mengukur sebagian dari jenis kecerdasan. Tidak mengukur seluruh kecerdasan seperti kreativitas, kepemimpinan, keterampilan sosial dan emosional. Karena setiap orang tentu saja sangat unik dan memiliki kecerdasannya masing masing.

3. Terdapat Formula Khusus Pada Tes Ujian IQ

Kira kira 100 tahun lalu tes kecerdasan dihitung menggunakan rumus pembagian antara umur seseorang dengan usia mentalnya sendiri. Kemudian hasil tersebut dikali dengan 100 agar mendapat skor akhir dan hal ini tidak akurat jika seseorang tersebut sudah dewasa.

Oleh karena itu saat ini cara menghitung skor akhirnya adalah dengan cara perbandingan. Perbandingan tersebut dilakukan pada kemampuan kelompok di usia yang sama. Tetapi hal ini juga belum 100 persen akurat karena setiap insan itu unik.

4. Tes Ujian IQ Cenderung Bias Etnis Dan Budaya

Terdapat kritik pada tes kecerdasan ini yaitu terhadap sensitivitas pengukurannya pada etnis dan budaya seseorang. Terlebih lagi jika dibandingkan antara budaya barat dan timur.

Karena tes ini bersifat umum atau general dan belum mempertimbangkan mengenai tingkat kognitif ataupun kemampuan komunikasi dan nilai yang dianut oleh budayanya dan etnis setempat.

5. Tingkatan IQ Dipengaruhi Lingkungan Sekitar

Faktor lingkungan sekitar seperti kondisi sosial ekonominya, nutrisi yang diserap, dukungan dan perilakunya di sosial, serta stress sangatlah mempengaruhi skor IQ yang didapat. Kualitas pendidikan yang didapat juga sangat berpengaruh untuk rendah atau tingginya skor seseorang.

Studi juga mengatakan bahwa skor seseorang dapat meningkat jika usia sosialnya juga meningkat. Hal ini karena seiring dengan bertambahnya usia maka wawasan dan pengetahuannya juga meningkat (Flynn Effect).

6. Menyusui Dapat Meningkatkan IQ

Hal ini diyakini karena jika seorang anak sangat dekat dengan sang ibu maka dia akan merasa lebih nyaman dan aman. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor pendukung kecerdasan seseorang tinggi.

7. Pengangguran Dapat Menurunkan IQ

Hal ini bisa terjadi lantaran ketika menganggur kita cenderung berhenti menggunakan otak untuk berpikir kreatif. Sehingga kemampuan kognitif dan berpikir kritis akan menurun seiring dengan tidak digunakannya.

8. IQ Tinggi Lebih PD

Orang orang yang sudah sukses di karir mereka seperti di bidang atletik, bisnis, musik, atau apapun itu seringkali mengucapkan bahwa jika kamu mempunyai kepercayaan diri maka kamu sudah memenangkan setengah dari pertempuran.

Kemudian setelah mencoba untuk melakukannya dia bisa dan membuktikan bahwa percaya diri itu perlu untuk berkembang. Tidak perlu tau sebelumnya ia bisa atau tidak tetapi dengan mencobanya terlebih dahulu sehingga mendapat pengalaman yang mahal.

Memang skor tes kecerdasan ini penting tetapi bukan yang terpenting. Karena masih banyak jenis kecerdasan lainnya seperti emosi, visual, dan auditori yang perlu diasah agar kemampuan IQ nya menjadi maksimal.

9. Skor Diatas 115 Dapat Melakukan Pekerjaan Apa Saja

Hal ini dikarenakan jika kamu memiliki IQ yang tinggi, maka artinya kamu adalah orang yang telaten dan punya kesempatan lebih untuk melakukan berbagai pekerjaan. Karena kamu mampu untuk berpikir banyak hal dalam satu waktu.

Link Tes Ujian IQ

Link Tes Ujian IQ

Nah jika kamu sudah mengetahui beberapa fakta unik seputar Tes Ujian IQ ini, pasti kamu penasaran ingin melihat berapa skor yang kamu dapatkan. Kalau begitu, berikut ini kami sediakan link agar kamu bisa mengikuti tes nya.

  • www.international-iq-test.com, dimana situs web ini adalah situs untuk mengerjakan tes iq dalam skala internasional. Link ini juga yang sangat viral di sosial media tiktok dan instagram. Klik Disini
  • www.worldwide-iq-test.com, situs web yang satu ini merupakan tempat tes iq instan karena soal yang diujikan hanya sedikit dan kamu langsung bisa mengetahui hasil skor setelahnya. Klik Disini
  • www.tes-iq.com, situs web ini berbahasa Indonesia dan memiliki berbagai jenis tes untuk tingkatan SD, SMP, ataupun SMA. Ada juga tes untuk menalar logika yang kamu miliki. Klik Disini
  • www.treningmozga.com, di situs ini kamu bisa membandingkan nilaimu dengan orang orang yang juga mengikuti tesnya sehingga akan terasa lebih menyenangkan. Klik Disini
  • www.quickiqtest.net, seperti namanya tes ini dilakukan sangat singkat dan bisa mengetahui berapa tingkat kecerdasan yang kamu miliki dengan beberapa studi kasus yang dipecahkan. Klik Disini

Cara Melakukan Tes Ujian IQ

Tes IQ ini kamu lakukan dengan mengerjakan beberapa soal yang ditampilkan dan harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Tujuan dari menjawab pertanyaan ini untuk mengukur beberapa faktor kecerdasanmu. Seperti matematika, pengetahuan umum, dan penalaran logika.

Umumnya ujian dilaksanakan dalam waktu beberapa jam, mulai dari 2 sampai 3 jam. Kamu juga mungkin membutuhkan kalkulator dalam pengerjaannya. Kamu harus teliti dalam menjawab setiap soal yang ditampilkan dan pastikan juga tidak ada gangguan dalam pengerjaannya.

Ketika soal sudah dikerjakan maka sistem akan menilai berapa soal yang benar dan salah sehingga skor akhir akan muncul. Dan kamu akan mengetahui ada dimanakah tingkatan kecerdasanmu selama ini.

Berikut akan kami tampilkan kategori tingkatan kecerdasan berdasarkan skor yang sudah kamu dapatkan.

Skor IQ Keterangan
140 lebih Genius
130 sampai 139 Superior (Sangat Cerdas)
120 sampai 129 Cerdas
110 sampai 119 Normal Bright
90 sampai 109 Rata Rata
80 sampai 89 Lambat
70 sampai 79 Bodoh
50 sampai 69 IQ Sangat Rendah
30 sampai 40 Keterbelakangan Mental
0 sampai 29 Idiot

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan kami mengenai Tes Ujian IQ dan link tempat kamu bisa mengikuti ujiannya. Semoga kamu termasuk ke dalam kategori orang orang yang sangat cerdas karena sudah membaca artikel ini.

Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel kami hingga selesai. Mohon maaf jika terdapat kesalahan yang tidak disengaja dari penulisan ataupun penyampaian informasinya. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan.