Cek, Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Dengan Mudah dan Secara Alami, Simak Cara Berikut! Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Dengan Mudah dan Secara Alami, Simak Cara Berikut! disini tempatnya. Baca artikel tentang Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Dengan Mudah dan Secara Alami, Simak Cara Berikut!.

Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Dengan Mudah dan Secara Alami, Simak Cara Berikut!pendidikanku.org– Halo Sobat Rebahan, Inilah 7 Cara Menurunkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Dengan Mudah dan Secara Alami, Simak Cara Berikut!

Berikut beberapa cara sederhana menurunkan gula darah secara alami yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Ini karena ketika tubuh Anda tidak memproduksi cukup insulin atau tidak menggunakan insulin secara efektif, hal itu dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Insulin adalah hormon yang membantu mengatur gula darah dan memasuki sel untuk energi. Nah, gula darah tinggi, atau hiperglikemia, berhubungan dengan diabetes.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak.

Prevalensi diabetes di Indonesia adalah 6,2%. Dengan kata lain, pada tahun 2020, lebih dari 10,8 juta orang akan menderita diabetes. Berikut 7 cara mudah bagi penderita diabetes untuk menurunkan gula darah secara alami.

1. Minum Air dan Tetap Terhidrasi

Minum cukup air dapat membantu menjaga gula darah Anda dalam kisaran yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ini membantu ginjal membuang kelebihan gula dalam urin. Satu studi observasional menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak air lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kadar gula darah tinggi.

Minum air secara teratur membantu rehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Ingatlah bahwa air dan minuman nol kalori lainnya adalah yang terbaik. Minuman manis meningkatkan gula darah, menambah berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.

2. Kelola Asupan Karbohidrat Anda

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula (terutama glukosa) dan insulin membantu tubuh Anda menggunakan dan menyimpan gula untuk energi.Hal ini dapat menyebabkan proses ini tidak berfungsi dan kadar gula darah meningkat. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

The American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengontrol asupan karbohidrat Anda dengan menghitung karbohidrat Anda dan mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan metode ini untuk membantu merencanakan makan dengan benar dan lebih meningkatkan kontrol gula darah.

Hal ini juga telah ditunjukkan dalam banyak penelitian. Selain itu, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengontrol gula darah dalam jangka panjang.

3. Tingkatkan Asupan Serat Anda

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Untuk alasan ini, ini mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap. Juga, jenis serat yang Anda makan bisa berperan.

Ada dua jenis serat:

Keduanya penting, tetapi serat larut secara eksplisit terbukti meningkatkan manajemen gula darah. Diet tinggi serat dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik dengan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengontrol gula darah dan mengurangi gula darah rendah.

Makanan berserat tinggi meliputi:

  • Sayuran
  • buah-buahan
  • kacang-kacangan
  • biji-bijian utuh

Asupan serat harian yang disarankan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Itu sekitar 14 gram per 1.000 kalori.

4. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan sedang dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin yang lebih baik berarti sel Anda lebih mampu menggunakan gula yang tersedia di aliran darah Anda. Olahraga juga membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Jika Anda mengalami masalah dalam mengontrol gula darah, Anda harus memeriksa gula darah secara teratur. Ini akan membantu Anda mempelajari cara merespons berbagai aktivitas dan mencegah gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bentuk olah raga atau olah raga yang bermanfaat antara lain angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, hiking, dan berenang.

5. Terapkan Kontrol Porsi

Kontrol porsi dapat membantu Anda mengontrol asupan kalori dan mempertahankan berat badan yang wajar. Akibatnya, manajemen berat badan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Mengawasi asupan Anda juga membantu Anda mengurangi asupan kalori dan lonjakan gula darah yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa tip bermanfaat untuk mengelola ukuran porsi.

  • Ukur dan timbang porsinya
  • Gunakan piring yang lebih kecil
  • Hindari restoran makan sepuasnya
  • Baca label makanan dan periksa ukuran porsi
  • Buat jurnal makanan Makan perlahan

6. Pilih Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik mengukur seberapa baik makanan diserap atau dicerna dan memengaruhi seberapa cepat gula darah naik. Jumlah dan jenis karbohidrat menentukan bagaimana makanan memengaruhi gula darah.

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Indeks glikemik suatu makanan memang penting, begitu juga dengan jumlah karbohidrat yang Anda makan. Makanan dengan indeks glikemik rendah hingga sedang diantaranya:

  • bulgur
  • jelai
  • yogurt
  • gandum
  • kacang polong
  • kacang-kacangan
  • legum
  • pasta gandum
  • sayuran non-tepung

7. Kelola Tingkat Stres

Stres dapat mempengaruhi kadar gula darah. Hormon contohnya glukagon dan kortisol dilepaskan selama masa stres. Hormon ini meningkatkan kadar gula darah. Satu studi menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi, dan meditasi secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan gula darah.

Latihan dan metode relaksasi, seperti yoga dan pereda stres berbasis meditasi, juga dapat membantu memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis. Inilah cara mudah menurunkan gula darah secara alami, cocok untuk penderita diabetes.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya.

Jangan lupa untuk kunjungi kembali web pendidikanku.org ya sobat, terimakasih.