Cek, Harga Tiket Museum Subak Tabanan, Fasilitas & Akses Lokasi Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Harga Tiket Museum Subak Tabanan, Fasilitas & Akses Lokasi disini tempatnya. Baca artikel tentang Harga Tiket Museum Subak Tabanan, Fasilitas & Akses Lokasi.

pdamtirtasukapura.co.idMuseum Subak Tabanan merupakan salah satu museum yang ada di Bali. Dimana museum tersebut memberikan informasi yang berkaitan dengan sistem irigasi (pengairan) sawah tradisional Bali Subak. Museum tersebut berada di kota Tabanan di Provinsi Bali. Yang mana museum tersebut dikhususkan untuk sistem pertanian di Bali. Untuk lebih jelasnya mengenai musem tersebut, simak selengkapnya dibawah ini.

Subak sendiri merupakan teknik pertanian yang sudah ada dan diterapkan oleh masyarakat Bali selama ratusan tahun. Dimana teknik yang digunakan menjadi bagian dari keseharian mereka dan ikut membentuk konstruksi sosial. Sehingga banyak dari mereka yang tertarik mengenai pembahasan mengenai hal tersebut. Yang mana memang, menampilkan segala hal mengenai budata Subak.

Museum Subak Tabanan ini mempunyai beberapa daya tarik wisata yang memungkinkan kalian harus mengunjungi wisata tersebut. Dimana dengan mengunjungi museum tersebut, kalian akan menambah wawasan baru mengenai teknik pertanian kuno. Yang biasanya dimanfaatkan oleh pelajar atau mahasiswa yang ini menambah wawasan. Tetapi, kalian juga dapat menikmati hiburan seperti wisata biasanya.

Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Lokasi Wisata Museum Subak Tabanan

Untuk mengunjungi wisata Museum Subak ini, sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu harga tiket masuk, fasilitas dan juga alamat lokasi museum tersebut. Dengan begitu, kalian dapat mempersiapkannya di awal sebelum memasuki museumnya. Untuk kalian yang ingin mengunjungi museum tersebut, dapat melihat beberapa hal dibawah ini yaitu sebagai berikut :

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang dapat kalian keluarkan saat mengunjungi Museum tersebut, memiliki tarif yang berbeda-beda. Dimana untuk anak-anak akan dikenakan tarif Rp 5.000 dan untuk orang dewasa akan dikenakan tarif Rp 10.000. Tarif tersebut sangat murah, dimana kalian akan mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat untu menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Kapan pun kalian mengunjungi museum tersebut baik dihari biasa maupun dihari libur, tarif masuk tidak akan berubah. Dan jam bukanya sendiri di hari senin hingga hari sabtu, akan buka pukul 7.30 WITA dan akan ditutup pukul 13.30 untuk hari jumat. Sedangnya tutup pada pukul 16.30 untuk hari senin hingga sabtu. Jadi jika hari minggu, Museum akan tutup satu hari.

Fasilitas

Mungkin banyak dari kalian yang mempertanyakan fasilitas apa yang diberikan oleh museum tersebut. Museum tersebut mempunyai beberapa fasilitas dan pelayanan yang dapat kalian nikmati diantaranya yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi/ MCK, kantin, tempat istirahat, dan masih banyak yang lainnya. Jadi saat kalian lapar, bisa pergi ke kantin untuk menikmati makanan yang tersedia.

Alamat Lokasi

Sedangkan untuk alamat lokasi Museum Subak ini terletak di Jl. Gatot Subrooto, Deas Banjar Anyar, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Namun, jika kalian masih merasa bingun dengan alamat tersebut. Kalian bisa menanyakannya ke Google Maps, dimana Google Maps akan membantu kalian mengarahkan rute agar cepat sampai ke museum tersebut.

Daya Tarik Wisata Museum Subak Tabanan

Museum Subak Tabanan

Terdapat beberapa daya tarik yang diberikan oleh wisata Musem Subak ini. Dimana salah satunya yaitu peluang untuk study tour. Kalian dapat belajar banyak mengenai hal-hal yang ada didalam museum tersebut, dengan begitu kalian bisa mendapatkan wawasan tambahan yang diberikan oleh museumnya sendiri. Untuk itu, dibawah ini kita akan bagikan beberapa daya tarik yang dimilikinya yaitu sebagai berikut :

1. Koleksi Alat Pertanian

Daya tarik pertama yang diberikan oleh Museum Subak yaitu koleksi alat pertanian yang dimiliki museum tersebut. Dimana museum tersebut menjadi pusat pameran mengenai sistem irigasi tradisional khas dari masyarakat Balinya sendiri. Mengunjungi museum tersebut, kalian akan melihat berbagai macam alat-alat pertanian kuno yang dapat dimanfaatkan sejak ratusan tahun lalu.

Salah satu alat pertanian tersebut yaitu alat penumbuk padi. Dimana, masih banyak koleksi lainnya yang dapat kalian temukan saat mengunjungi museumnya. Koleksi yang ada banyak mempresentasikan aplikasi nyata untuk masyarakat subaknya sendiri. Yang mana, informasi tersebut bisa kalian dapatkan merupakan informasinya yang akurat. Sehingga wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menambah wawasan bagi pelajar maupun mahasiswa.

2. Peluang Study Tour

Daya tarik selanjutnya yaitu peluang study tour. Memang biasanya tempat wisata Museum sebagai besar dikunjungi oleh para pelajar atau mahasiswa untuk mendapatkan wawasan baru. Dimana nantinya kalian akan menemukan hal-hal baru dan akan tampak antusias saat menyimak penjelasan yang akan diberikan. Baik di gedung terbuka maupun gedung tertutup, antusias mereka tidak akan berkurang.

Yang mana, pihak pengelola museum tersebut membuka kunjungan untuk siapa saja, terutama untuk kunjungan pembelajaran. Bagi kalian yang berprofesi sebagai guru, tidak perlu ragu lagi jika ingin membawa anak muridnya untuk mengunjungi Museum Subak tersebut. Karena memang, semua pengunjung terutama bagi pelajar akan disambut hangat oleh pihak pengelolanya sendiri.

Sebelum mulai mengelilingi museumnya, kalian akan diberikan briefing, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena, untuk mengatur siswa siswi tidak lah mudah, banyak dari mereka yang lebih memilih bermain sambil menikmati momen belajar didalam museum tersebut. Setelah briefing, selanjutnya kalian akan berkeliling, sekaligus menjelaskan mengenai yang ada didalamnya.

3. Representasi dan Informasi Subak yang Sepadan

Daya tarik yang terakhir yang bisa kita bahas yaitu Representasi dan Informasi Subak yang Sepadan. Yang mana museum subak sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu gedung terbuka dan tertutup. Yang dimaksud gedung terbuka adalah, para pengunjung bisa melihat bentangan sawah yang dilengkapi dengan sistem irigasi subak sebagai representasi nyata untuk dilapangan.

Sedangkan utuk yang tertutup, lebih mengarah ke pameran dan ruang pembelajaran mengenai tteori subaknya sendiri. Dimana didalamnya kalian akan menemukan perpustakaan, ruang audio-visual, pameran koleksi alat pertanian, miniatur sistem irigasi subak, bahkan kalian juga akan menemukan ruang belajar. Dengan begitu, kalian dapat memahami mengenai subak setelah mengunjungi museum tersebut.

Itulah beberapa daya tari yang diberikan oleh Museum Subak yang ada di Bali. Dimana memang, museum tersebut merupakan salah satu museum yang banyak diminati atau dikunjungi oleh para wisatawan terutama para pelajar dan mahasiswa. Dengan mengunjungi wisata tersebut, kalian akan mendapatkan wawasan baru mengenai sistem irigasi subak dan yang lainnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Saat di Museum Subak Tabanan

Tidak hanya daya tarik saja yang diberikan oleh museum tersebut, kalian juga dapat melakukan berbagai aktivitas saat ada didalam Museum Subak. Bagi para pengunjung museum ini, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seperti mempelajari konsep kehidupan warga bali dan yang lainnya. Untuk itu, dibawah ini kita akan bagikan beberapa aktivitas yang dapat kalian lakukan saat berada di Museum Subak yaitu sebagai berikut :

  1. Belajar konsep hidup warga Bali
  2. Menyimak audio visual mengenai simulasi subak
  3. Menikmati lanskap alam tabanan
  4. Dan masih banyak yang lainnya.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat kita bahas mengenai Museum Subak. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai dengan selesai dan semoga informasi yang sudah dijelaskan dapat bermanfaat untuk kalian. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!