Cek, Gembok Cinta Probolinggo, Objek Wisata Hits dengan View Pantai Cantik Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Gembok Cinta Probolinggo, Objek Wisata Hits dengan View Pantai Cantik disini tempatnya . Baca artikel tentang Gembok Cinta Probolinggo, Objek Wisata Hits dengan View Pantai Cantik .

Adzcentral.com – Seperti namanya, Gembok Cinta Probolinggo merupakan tempat wisata di Kabupaten Probolinggo. Tempat ini memberikan kesan liburan yang menyenangkan, sekaligus membuat hari yang berbunga-bunga bagi pasangan muda yang mengunjunginya.

Sepintas, namanya memang khusus untuk pasangan yang hidup asmara. Namun nyatanya, tempat wisata ini terbuka untuk umum, dan siapa saja bisa mengunjunginya. Pengunjung datang setiap hari, mulai dari keluarga hingga anak muda.

Probolinggo terkenal dengan Gunung Bromo yang penuh dengan keanehan dan misteri. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk kegiatan pendakian. Selain menikmati pemandangan dari atas gunung, tujuan lainnya adalah menikmati petualangan.

Ternyata, bukan hanya Gunung Bromo yang membuat kawasan di Jawa Timur ini kerap menjadi tujuan utama para wisatawan. Ada banyak tempat yang layak untuk dikunjungi. Tur permainan, sejarah, budaya, dan museum juga tersedia.

Diantara semuanya, yang paling unik adalah Kunci Cinta Probolinggo. Bukan tanpa alasan dikatakan unik, hal ini dikarenakan konsep pariwisata yang tidak biasa. Dibangun di tepi laut, objek wisata Probolinggo ini dilengkapi dengan jembatan kayu memanjang.

Jembatan ini tidak hanya menjadi pajangan layar, tetapi juga menjadi outlet utama bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Di beberapa titik, pernak-pernik unik yang menjadi ciri khasnya dibuat. Anda belum tentu menemukannya di tempat lain, meski konsep pariwisatanya sama.

Daya pikat gembok cinta Probolinggo

Daya pikat gembok cinta Probolinggo

Mari kita bahas terlebih dahulu tentang daya tarik yang dimilikinya, itulah mengapa pengunjung datang. Bagi yang belum pernah berkunjung pasti penasaran kenapa sering mendengar nama Gembok Cinta Probolinggo yang menjadi destinasi wisata.

kunci cinta

Daya tarik pertama adalah area yang disebut Gembok Cinta. Tentu saja juga, karena sesuai dengan nama objek wisata tersebut. Kawasan ini menjadi tujuan utama para wisatawan yang sedang jatuh cinta, namun ada juga pasangan yang sudah menikah.

Pengunjung yang berada di sini sering memasang gembok di tempat yang disediakan. Kunci yang dimaksud tentu saja berpasangan, kemudian dilengkapi dengan secarik kertas kecil yang berisi nama. Ada yang menuliskan harapannya, meski tidak diketahui apakah akan terkabul atau tidak.

Tempat ini dianggap istimewa oleh banyak wisatawan, bahkan di antaranya menjadikannya sebagai tempat melamar pasangan. Fungsi lainnya adalah sebagai backdrop untuk foto dengan ribuan kunci yang sudah terpasang di dinding.

Patung kuda Troya

Pernahkah Anda melihat film Troy tahun 2004? Film ini bercerita tentang seekor kuda Troya yang digunakan sebagai strategi perang untuk membobol pertahanan musuh. Gembok Cinta Probolinggo memiliki patung ini yang juga menjadi simbolnya.

Patung kuda dengan nama lain Citpa Wilana ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dan sekaligus menjadikannya patung kuda tertinggi di Asia. Keunikan lainnya adalah pada bahan pelapisnya yang terbuat dari sabut kelapa kering.

Sedangkan interiornya terbuat dari besi kokoh sehingga tetap tegak meski diterpa angin kencang. Rekor patung kuda Troya di sini hanya dikalahkan oleh Turki, yang saat ini menempati urutan pertama di dunia.

hutan bakau

Gembok Cinta Probolinggo sebenarnya merupakan objek wisata bawaan di kawasan pantai. Anda juga akan melihat rimbunnya hutan bakau yang mengelilingi hampir seluruh area. Tanaman hijau yang bekerja melawan erosi menyejukkan mata.

Seringkali, burung yang lelah terbang untuk sementara akan duduk di atasnya sambil mengamati mangsanya. Bahkan untuk jenis burung tertentu yang Anda anggap rumah, tetap diam dan menetap di tanaman dengan nama lain mangrove.

Untuk menikmati rindangnya suasana di hutan mangrove ini, Anda bisa menggunakan jembatan yang merupakan akses jalan utama. Jembatan kayu ini panjangnya sekitar 700 meter dengan ujung-ujungnya dihiasi patung-patung kuda yang sudah dibahas sebelumnya.

gambar yang cantik

Daya tarik lain yang membuat wisatawan datang adalah hadirnya tempat-tempat berfoto yang indah. Pengelola sengaja membangun tempat ini untuk mereka yang suka selfie dan selfie. Selain tembok yang dihiasi gembok, tempat lain yang tak kalah menarik adalah patung kuda.

Tempat lain yang ditemukan adalah lampu dengan berbagai bentuk ornamen biota laut. Memang, setiap sudut situs cocok sebagai latar belakang gambar. Misalnya, bidikan mengarahkan dengan latar belakang laut dengan ombak yang tenang, atau di hutan bakau.

Alamat dan cara menuju lokasi

Desa Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur ini adalah alamat yang harus anda tuju jika ingin mengunjungi Gembok Cinta Probolinggo. Meskipun merupakan daerah pesisir, tidak sulit untuk mencapainya.

Kalau dihitung dari pusat kota atau dari alun-alun sangat dekat, hanya 2 km. Jaraknya tidak lebih dari 10 menit dengan kecepatan rata-rata. Jika Anda sama sekali tidak terbiasa dengan medannya, silakan ikuti Jalan Ikan Kerapu Trail.

Mengemudi di Pasar Kronung, lalu belok kanan setelah perempatan. Gunakan TPI Ujung Merah sebagai standar berikutnya, lalu ikuti rambu-rambu di pinggir jalan. Silakan bertanya kepada penduduk setempat jika perlu.

Harga tiket masuk

Gembok Cinta Probolinggo merupakan objek wisata yang dibuka untuk umum. Namun tentu ada harga yang harus dibayar sebagai tiket masuk. Jika datang pada hari biasa, siapkan uang sebesar Rp 20.000, sedangkan pada hari libur Rp 40.000.

Harganya memang terkesan mahal, tapi sebenarnya Anda bisa menikmati semua fasilitas yang ditawarkan. Harga yang disertakan juga sudah termasuk penggunaan beberapa spot foto yang indah di lokasi. Jika ingin diskon, siapkan KTP berupa kartu keluarga.

Objek wisata alternatif di Probolinggo ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00. Tip sederhana, cobalah berkunjung mulai sore hari, misalnya setelah matahari terbenam atau setelah makan malam. Pasalnya, keindahan lampu hias tersebut terlihat sangat indah saat itu.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Dari penjelasan objek wisata Gembok Cinta Probolinggo di atas, sudah ada gambaran kegiatan apa saja yang bisa dilakukan? Jika belum, maka Anda harus menyimak penjelasan kami di bawah ini!

mode kunci cinta

Meski tidak semuanya, sebagian besar wisatawan yang datang ke sini menyempatkan diri untuk memasang kunci. Tidak perlu membawa kunci sendiri, karena di sekitar lokasi ada yang menjualnya dengan harga terjangkau.

penangkapan ikan

Bagi yang suka memancing, Anda bisa mengarahkannya saat berwisata di Gembok Cinta Probolinggo. Ada tempat khusus untuk kegiatan ini, di mana pun jika tidak di kawasan hutan mangrove. Seperti diketahui, tanaman ini sering menjadi tempat persembunyian ikan.

selfie

Aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan saat berlibur adalah mencari tempat untuk berfoto. Apapun tujuan liburan Anda, kegiatan ini sepertinya wajib. Apalagi saat ini banyak sekali tempat fotografi cantik yang dijamin akan menghiasi background foto Anda.

kesimpulan

Berkunjung ke suatu objek wisata tidak hanya tentang daya tariknya saja, tetapi juga penting untuk mengetahui fasilitas penunjang yang tersedia. Dalam hal ini, Gembok Cinta Probolinggo sangat memahami kebutuhan wisatawan sehingga fasilitas yang ada benar-benar lengkap.