Cek, Doa Awal Ramadhan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 1443H 2022 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Doa Awal Ramadhan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 1443H 2022 disini tempatnya . Baca artikel tentang Doa Awal Ramadhan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 1443H 2022 .

Samudranesia.id – Buat kalian yang sedang mencari Doa-Doa Awal Ramadhan, dan belum menemukannya sama sekali, kalian tidak perlu khawatir disini kami sudah merekomendasikan berbagai macam Doa Awal Ramadhan berserta artinya.

Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan ini merupakan salah satu bulan yang penuh berkah dan juga pahala, dimana bulan Ramadhan ini berbeda dengan bulan-bulan yang lainnya, karena didalam bulan tersebut kalian harus menahan berbagai macam hal seperti menahan lapar, minum, berbuat maksiat, menahan amarah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi walaupun begitu dibulan tersebut banyak sekali hikmah-hikmah yang bisa kita amil, karena tidurnya orang puasa didalam bulan ramadhan akan mendapatkan pahala apalagi berbuat kebaikan-kebaikan yang lainnya, dan tentunya kalian akan mendapatkan berlipat-lipat pahala dari allah swt.

Selain itu jika kalian senang dan iman ketika masuknya bulan puasa tersebut, dosa-dosa kalian akan dihapus semua oleh Allah swt, seperti sabda Rosulloh S,A,W bersapda dalam hadistnya yang artinya kurang lebih seperti ini. “Barang siapa yang iman dan bahagia ketika masuknya bulan Ramadhan maka dosa-dosa kalian akan diampuni semuanya baik yang sudah dihadapi maupun yang akan dihadapi.

Kembali lagi ke alur cerita Doa Awal Ramadhan ini banyak sekali orang-orang yang mencarinya, karena dengan doa tersebut insya allah puasa kita akan lancar dan tidak ada gangguan apapun, dan selain itu dizaman modern ini sudah banyak sekali doa-doa yang sudah disediakan oleh internet, dengan begitu kalian akan dengan mudah mendapatkan doa-doa tersebut.

Meskipun begitu, masih banyak orang-orang yang kebingungan tentang mencari Doa Awal  Ramadhan karena tidak mengetahui artinya seperti apa, nah jika kalian salah satunya yang masih kebingungan dan mencari doa-doa tersebut.

Kalian tidak perlu khawatir disini kami sudah menyediakan berbagai doa untuk kalian, jika kalian penasaran silahkan kalian simak baik-baik pembahasan kami dibawah ini sampai akhir.

Tentang Bulan Suci Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan ini merupakan bulan yang paling banyak keutamaan-keutamannya yang dapat membedakan dengan bulan-bulan yang lainnya, seperti yang sudah kami jelaskan diatas bulan Ramadhan ini bulan yang penuh dengan berkah dan pahala, barang siapa yang melakukan kebaikan akan di limpat gandakan oleh allah swt, ‘

Selain itu tentunya kalian semua belum mengetahui apa saja keutaman didalam bulan ramdhan ini jika kalian penasaran dengan keutamaan bulann ramadhan tersebut silahkan kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini, karena kami akan membahasnya dengan lengkap, agar kalian mengetahui semua keutamaan Bulan Suci Ramadhan tersebut.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Seluruh umat islam selayaknya memahami keutamaan dari setiap ibadah yang allah swt perintahkan, menurut para ulama pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal shaleh akan menjadi penyemangat sekaligus dapat mendorong kepada peningkatan ketakwaan bagi semua orang.

1. Ramadhan Bulan yang Diturunkannya Al-Quran

Bulan Suci Ramadhan ini merupakan salah satu kesempatan bagi seluruh umat islam untuk bisa lebih meningkatkan ketakwaannya, karena dibulan tersebut mempunyai berbagai keutaman atau manfaat bagi yang melakukan kebaikan, seperti pada Bulan Ramadhan lah kitab suci Al-Quran diturunkan.

Selain itu Bulan Ramadhan juga bisa di sebut dengan Syahur Quran, (Bulan Al-Quran), dimana pada bulan tersebut kita suci Al-quran diturunkan, karena agar menjadi bukti nyata keutamaan dan kemulyaan bulan Ramadhan.

Seperti bagaimana allah swt berfirman dalam Al-quran yang artinya kurang lebih seperti ini, “Bulamm Ramadhan adalah Bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai pentunjuk bagi umat manusia dan penjelasan-penjelasan yaitu petunjuk dan pembedaan (Antara Yang batin dan yang batil)”  (QS. Al-Baqarah: 185).

Dan di ayat lain Allah Swt berfirman yang artinya kurang lebih seperti ini, “Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Quran pada malam Qadar” (QS. Al-Qadr :1) dan banyak ayat lainn yang menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan, itu sebabnya bulan Ramadhan mendapati julukan nama Syarul Quran atau Bulan Al-Quran.

2. Bulan Penuh Keberkahan

Bulan Ramadhan bisa disebut dengan bulan Syarul Mubarok, hal tersebut berdasarkan pada hadits Rosulloh SAW yang artinya kurang lebih seperti ini, “Sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, dan pada bulan tersebut lah diwajibkan puasa kepada kalian” (HR.  Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Selain itu juga bahwa setiap perbuatan baik dibulan Ramadhan, maka Allah swt akan melimpat gandakan pahalannya, dan juga didalam bulan Ramadhan yang penuh berkah dan mulya ini maka tidak hanya keberkahan dalam bentuk pahala saja, akan tetapi masih banyak keberkahan didalamnya, seperti, keberkahan ekonomi, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk fakir miskin, bulan Ramadhan adalam pembawa berkah tersendiri, dan pada bulan Ramadhan ini seluruh umat islam sangat disunahkan untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadhan kepada mereka yang tidak mampu, bahkan seluruh umat islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

3. Malam Lailatul Qodar

Keutamaan bulan ramadhan salah satunya yaitu dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terkahir dan ganjil di bulan Ramadhan adalah malam lailatul qodar, pada malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Dan pada hari terakhir di bulan Ramadhan lah ketika diturunkannya kitab suci Al-quran, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang artinya kurang lebih seperti ini “Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Quran pada lailatul Qadar ( malam kemuliaan), dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS. Al-Qadr : 1-3).

4. Bulan Ramadhan Bulan pengampunan Dosa Maghfirah

Pada Bulan Ramadhan ini merupakan bulan fasilitas penghapus dosa selama kalian menjahui dosa-dosa besar, sebagai mana Rosulloh SAW bersabda dalam hadistnya, yang artinya kurang lebih seperti ini, “Sholat lima waktu, jumat ke jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapus semua dosa baik masa-masa dahulu dan masa-masa sekarang ( HR. Muslim).

Dengan melalui berbagai aktifitas ibadah dibulan Ramadhan ini Allah Swt akan menghapus semua dosa-dosa kita, asalkan kalian semua melakukan perilaku yang baik seperti puasa Ramadhan, dan sebagaimana Rosulloh SAW bersabda yang artinya kurang lebih seperti ini,“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Itulah keutaman-keutamaan yang ada dibulan Ramadhan semoga di bulan Ramadhan tahun ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam melakukan amalan-amalan ibadan dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Dan kembali lagi kepembahasan diawal ketika kedatangan bulan Ramadhan tentunya semua orang banyak sekali yang sedang mencari Doa Awal Bulan Ramadhan, dan untuk kalian yang sedang mencari doa tersebut, silahkan kalian simak baik-baik pembahasan kami dibawah ini sampai akhir.

Doa-Doa Awal Bulan Ramadhan

Doa-Doa Awal Bulan Ramadhan

Menyambut bulan Ramadhan, setiap umat islam harus menyiapkan diri baik fisik maupun menta dan serta memperbanyak berdoa agar kita bisa  dipertemukan dengan bulan Ramadhan, karena selama bulan Ramadhan setiap umat manusia yang melakukan kebaikan di bulan Ramdhan akan dilimpat gandakan pahalanya oleh Allah Swt.

Dan sebagai bentuk bersyukur dengan kedatangannya tamu yang paling istimewa yaitu bulan suci Ramadhan, seluruh umat islam disunahkan untuk mengucapkan doa terlebih dahulu.

Namun jika kalian tidak tahu bagaimana doanya, kalian jangan khawatir disini kami sudah menyediakan berbagai doa Ramadhan untuk kalian, nah jika kalian penasaran kalian bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Doa Menyambut Awal Bulan Ramadhan

لَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” doa tersebut dibaca satu hari seblum masuk bulan Ramadhan.

Doa Menyambut Hilal Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ

Artinya: “Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad) doa tersebut dibaca setelah melihat hilal bulan Ramadhan.

Penutup

Mungkin sampai disini saja pembahasan samudranesia.id tentang mengenai Doa Awal Ramadhan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel kami sampai akhir.

Jika ada kata-kata atau tulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya, selamat berjumpa kembali di artikel selanjutnya dan jangan lupa untuk terus ikuti artikel samudranesia.id, agar kalian tidak tertinggalan sebuah informasi penting dan terbaru lainnya.