Cek, Daftar Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Inci, Pixel, dan CM (Akurat) Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Daftar Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Inci, Pixel, dan CM (Akurat) disini tempatnya . Baca artikel tentang Daftar Ukuran Kertas A2 dalam Mm, Inci, Pixel, dan CM (Akurat) .

Samudranesia.id – Kertas A2 memiliki ukuran besar sehingga sering sekali digunakan untuk kebutuhan percetakan. Untuk penggunaan harian, ukuran kertas A2 dianggap terlalu besar sehingga butuh proses pemotongan terlebih dahulu. Meski demikian, kertas ini tetap digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang kertas A2 mulai dari ukuran hingga fungsinya. Diharapkan dengan mengetahui ukuran dari kertas ini, mereka yang bekerja sebagai seorang desainer ataupun orang percetakan, tidak salah memilih. Apalagi jenis kertas ini juga ada banyak.

Ukuran kertas A2 juga memiliki berbagai macam jenis, ada inci, mm dan juga cm. Maka dari itu untuk lebih jelasnya bisa kalian cek sendiri pengertian dan hal lainnya dengan sebagai berikut.

Ukuran Kertas A2 (Inci, Cm, dan Mm)

ukuran kertas a2

Ukuran A2 hanya ada satu saja, tidak ada A2 Plus. Namun, ukuran tersebut dikonversi menjadi beberapa satuan mulai dari inci untuk skala internasional, cm dan mm untuk kebutuhan desain.

Untuk mengetahui berapa ukuran dari kertas A2, simak selengkapnya dari beberapa poin di bawah ini.

1. Ukuran A2 dalam Inci

Dengan menggunakan skala inci, kertas A2 memiliki ukuran standar atau ISO sebesar 16,54 x 23,39 inci. Ukuran ini sama antara di Indonesia dan negara lain yang ada di seluruh dunia.

Untuk memastikan apakah kertas yang anda miliki memiliki ukuran A2, gunakan penggaris. Apabila ukurannya mendekati skala di atas, berarti kertas memang berukuran A2.

 2. Ukuran A2 dalam Cm

Jika menggunakan skala cm, kertas A2 akan memiliki panjang dan lebar sebesar 42 x 59,4 cm. Skala inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Misal anda memiliki kertas yang memiliki ukuran cukup besar. Jika ingin memotongnya menjadi A2, gunakan panjang 59,4 cm dan lebar 42 cm.

3. Ukuran A2 dalam Mm

Selanjutnya ukuran mm juga digunakan untuk kertas A2. Sebenarnya ukuran ini sama saja dengan cm. Cukup kalikan 10 pada panjang dan lebarnya. Akhirnya ukuran A2 menjadi 420 x 594 mm.

Ukuran A2 dalam Piksel

Jika menggunakan aplikasi desain seperti Photoshop, untuk membuat ukuran kertas A2 dibutuhkan skala khusus. Apa lagi ppi dari desain mungkin berbeda-beda. Untuk itu gunakan daftar di bawah ini.

Jenis Ukuran Panjang Lebar
A2 – 72 PPI 1191 1684
A2 – 200 PPI 3308 4678
A2 – 300 PPI 4962 7017
A2 – 400 PPI 6616 9356
A2 – 600 PPI 9924 14034
A2 – 1200 PPI 19848 28068
ANSI C – 72 PPI 1224 1584
ANSI C – 200 PPI 3400 4400
ANSI C – 300 PPI 5100 6600
ANSI C – 400 PPI 6800 8800
ANSI C – 600 PPI 10200 13200
ANSI C – 1200 PPI 20400 26400

Melakukan ingin melakukan pengaturan pada Photoshop atau aplikasi lain, gunakan skala di atas. Dengan menggunakan skala tersebut, ukuran dari A2 bisa lebih akurat dan tidak akan salah.

Jika sampai melakukan kesalahan, akan terjadi masalah pada saat desain itu diaplikasikan atau dicetak. Untuk itu teliti satu persatu dan jangan sampai salah meski hanya 1 digit angka saja.

Fakta Menarik Seputar Kertas A2

Sebelum membahas lebih banyak tentang jenis kertas serta manfaatnya. Ada baiknya sedikit menyimak beberapa fakta menarik seputar kertas A2. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dilipat jadi A3

Apabila kertas A2 dilipat secara simetris dengan sumbu berada di sisi terpanjang. Anda akan mendapatkan 2 buah kertas A3. Cukup memotongnya lalu anda sudah mendapatkan ukuran A3 secara akurat.

Untuk melakukannya, proses pelipatan harus dilakukan dengan baik. Semua sisi harus simetri sehingga tidak ada bagian yang terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Bisa menjadi kertas A1

Sedikit berkebalikan dengan poin pertama, jika Anda menggabungkan dua buah kertas A2. Kertas tersebut akan menjadi satu  A1. Penggabungan dilakukan pada sisi terpendek.

Misal anda sedang membutuhkan kertas dengan ukuran A1. Cukup sambungkan dua kertas A2. Misal dengan memberikan lem di bagian belakang sehingga permukaan depan tetap memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama.

3. Resolusi piksel terjelaskan

Jika ingin melakukan proses pencetakan gambar ataupun tulisan pada kertas A2 dengan ukuran 300 ppi, ukuran paling jelas yang bisa dipilih adalah 4960 x 7016 pixel.

Apabila menggunakan ukuran yang jauh lebih kecil, kemungkinan besar gambar tidak akan bisa terlihat dalam jarak dekat. Hasil cetakan tidak akan maksimal.

Jika menggunakan ukuran 150 ppi, pixel yang harus dipilih adalah 2480 x 3508. Perhatikan ini dengan baik agar seluruh gambar yang akan dicetak bisa sesuai dengan desain yang dibuat.

Jenis Kertas A2 di Pasaran

Di pasaran ada beberapa jenis kertas A2 yang sering dibeli oleh percetakan, perusahaan, hingga perorangan. Untuk mengenal jenis-jenisnya, simak daftar di bawah ini.

1. Ivory

Ivory

Jenis pertama ini memiliki permukaan depan yang lebih mengkilap dan juga licin. Sementara itu permukaan bagian belakangnya standar. Karena memiliki permukaan yang licin dan mengkilap, kertas ini banyak digunakan untuk melakukan cetak foto.

Kertas ukuran ini umumnya cukup lebar dan bisa dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan ukuran A2 atau ukuran yang lebih kecil.

2. HVS

HVS

Selanjutnya adalah kertas HVS yang banyak digunakan untuk melakukan print atau mencetak dokumen. Kertas ini juga memiliki ukuran yang beragam mulai dari yang paling kecil hingga yang terbesar termasuk A2. Dengan ukuran yang besar ini kertas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu yang sering dimanfaatkan adalah kertas ini akan dipakai untuk proses mencetak buku. Jika desain layout buku kecil, kertas dengan ukuran besar ini akan dipotong terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan.

Kertas HVS memiliki gramasi yang berbeda-beda. Ada yang cukup rendah sehingga mudah robek dan ada juga yang memiliki gramasi cukup tinggi. Kertas dengan gramasi tinggi umumnya terasa tebal saat disentuh dan memiliki harga yang lebih tinggi.

3. Art Paper

Art Paper

Art paper adalah kertas yang digunakan untuk kebutuhan prakarya atau seni. Umumnya kertas ini memiliki permukaan yang cukup lembut dan memiliki warna yang cukup beragam. Jadi Anda bisa memilih warna sesuai dengan kebutuhan.

Karena memiliki ukuran yang besar biasanya art paper ini kerap digunting sesuai dengan kebutuhan. Ada yang digunting secara manual dan ada juga yang digunting dengan menggunakan alat khusus. Jika menggunakan alat khusus biasanya pemotongan bisa dilakukan dalam jumlah banyak.

4. Karton

Karton

Selanjutnya ada juga kertas karton yang memiliki gerak masih cukup tinggi. Ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis bungkus ataupun cover dari buku.

Karena memiliki gramasi yang tinggi, tidak akan mudah robek. Itulah kenapa kertas ini sering digunakan untuk mencetak berbagai dosen di salah satu permukaannya tanpa membuat tintanya bocor ke bawah.

5. Kertas Duplex

Kertas Duplex

Kertas duplex hampir mirip sekali dengan karton. Bedanya bagian depannya putih dan bagian belakangnya memiliki warna yang kecoklatan. Kata sini biasanya digunakan untuk kardus maupun membuat kemasan produk tertentu.

Kegunaan Kertas A2

Kertas A2 memiliki banyak sekali kegunaan. Berapa yang paling umum digunakan terdiri dari beberapa nomor di bawah ini.

1. Dipakai untuk cetak foto

Dipakai untuk cetak foto

Kegunaan pertama dari kertas A2 adalah untuk mencetak foto. Saat ini ada foto dengan ukuran besar yang bisa dicetak dengan menggunakan ukuran ini. Biasanya foto tersebut akan digunakan untuk pajangan dan dimasukkan ke dalam pigura.

Dengan ukuran kertas A2 yang besar, Anda juga bisa mencetak beberapa jenis foto dalam satu kali waktu. Misal ada lebih dari 4 foto. Selanjutnya foto tersebut bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tidak perlu menggunakan kertas dengan ukuran kecil.

Apabila anda merasa ukuran kertas A2 terlalu besar untuk mencetak foto. Padahal printer memiliki ukuran kecil, cukup lipat menjadi dua dan potong sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting proses pemotongan harus dilakukan dengan presisi.

2. Dimanfaatkan untuk percetakan buku

Dimanfaatkan untuk percetakan buku

Manfaat lain dari menggunakan kertas jenis A2 adalah untuk percetakan buku. Kertas ini memiliki ukuran besar sehingga jika digunakan untuk buku akan dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu. Selanjutnya kertas akan dicetak sesuai dengan layout.

Proses pemotongan di percetakan biasanya berjalan dengan cukup baik. Karena ada alat pemotong yang bisa langsung melakukan pemotongan pada lebih dari ratusan kertas dalam sekali waktu. Risiko terjadi kesalahan juga kecil.

Persamaan ukuran besar dipilih karena umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah. Itulah kenapa pemotongan lebih baik dilakukan terlebih dahulu untuk menghemat biaya operasional dari percetakan itu sendiri.

3. Untuk kebutuhan desain

Untuk kebutuhan desain

Kebutuhan desain kertas dengan ukuran A2 juga banyak digunakan. Desain yang dimaksud di sini ada banyak mulai dari desain bangunan dan juga arsitektur. Karena memiliki ukuran yang luas kertas ini bisa dibuat untuk menggambar berbagai jenis elemen menjadi satu.

Kertas bisa diletakkan pada papan besar untuk memudahkan proses melakukan desain. Selanjutnya jika sudah selesai kertas bisa dilipat lalu dimasukkan ke dalam wadah. Mahasiswa atau orang yang bekerja di bidang desain akan terbiasa menggunakan kertas besar ini.

Biasanya kertas yang digunakan memiliki ketebalan tertentu. Ada yang ketebalannya cukup tinggi dan ada juga yang tidak terlalu tebal. Kamu semua jenis kertas biasanya memiliki kekuatan yang sangat baik sehingga tidak mudah robek. Apalagi kertas akan sering dibuka dan digulung.

4. Untuk mencetak bahan promosi

Untuk mencetak bahan promosi

Bahan promosi juga bisa dicetak dengan menggunakan kertas berukuran A2. Karena memiliki ukuran yang sangat besar biasanya kertas ini banyak digunakan untuk memajang berbagai jenis promo yang memuat detail lengkap.

Bahan promosi ini menggunakan kertas yang cukup tebal. Kertas juga tidak mudah robek sehingga bisa ditempelkan di berbagai jenis media. Bisa ditempelkan pada tembok ataupun kaca sehingga orang yang lewat bisa membacanya dengan sangat jelas.

5. Pembungkus kado

Pembungkus kado

Beberapa kertas sudah memiliki desain atau pola yang menarik. Dengan desain ini, kertas A2 yang sangat lebar bisa digunakan untuk membungkus kado. Apapun bisa dibungkus dengan baik dan menampilkan desain yang sangat unik.

Selain bisa digunakan untuk membungkus kado. Beberapa kertas juga bisa digunakan sebagai wallpaper untuk tembok. Biasanya kertas tersebut memiliki desain yang unik dan dibagian belakangnya memiliki stiker untuk menambahkan.

Dengan mengetahui ukuran kertas A2, Anda bisa menggunakan jenis kertas ini dengan baik. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengukuran secara manual. Jadi tidak akan pernah salah sehingga kertas bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Kertas A2 juga memiliki cukup banyak jenis. Untuk itu, Anda harus memilih jenis yang sesuai dengan penggunaan. Misal kertas A2 yang akan dicetak menjadi foto atau poster. Jenisnya tentu berbeda dengan kertas yang akan digunakan untuk kebutuhan percetakan standar.