Cek, Contoh Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD Terbaru 2022 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Contoh Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD Terbaru 2022 disini tempatnya . Baca artikel tentang Contoh Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD Terbaru 2022 .

Samudranesia.id – Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk saling mengingatkan mengenai amal kebaikan di dalam bulan istimewa tersebut. Salah satunya dengan Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD.

Dan yang perlu kalian tau untuk mengingatkan anak-anak usia dini, tentang menyikapi datang nya bulan ramadhan dan kewajiban berpuasa di dalamnya kita harus menggunakan metode ceramah yang praktis dan singkat. karena pada dasarnya dunia anak-anak masih dominan dengan dunia bermain. Tak mengherankan jika kita menggunakan metode singkat, padat dan jelas.

Nah, untuk itu disini kami akan memberikan contoh ringkasan ceramah singkat ramadhan untuk anak SD. Sehingga kalian tidak usah khawatir akan kesulitan dalam mendapatkan materi ceramah yang akan kalian sampaikan.

Contoh Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD

Ada banyak amal ibadah yang bisa kita lakukan pada bulan mulia ini, salah satunya ada bersedekah, memperbanyak membaca Al-Qur’an, memperbanyak shollat sunnah, dan masih banyak yang lainnya.

Seperti yang telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan salah satu cara agar mendapatkan ampunan dan pahala yang diberikan Allah SWT.

“Siapa saja yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. Hadist Riwayat Bukhari.

Untuk lebih lanjutnya, silahkan simak rangkuman beberapa teks contoh Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD dengan berbagai kata yang singkat namun penuh makna dan menyentuh hati pastinya.

Contoh Ceramah Singkat “Wajib Puasa”

Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD

Assalamualaikum WR. WB.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ. اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

صدق الله العظيم

أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, wa’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Qoolallahu ta’ala fil qur’aanil kariim, a’uudzubillahi minasy-syaithoonir rajiim, bismillahir rahmaanir rahiim. Subhaanal ladzii asroo bi’abdihi lailam minal masjidil haroomi ilal masjidil aqsol ladzii baarokna haulahu linuriyahu min aayatinaa innahu huwas samii’ul bashiir. Shodaqallahul ‘adziim. Amma ba’du.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi…

pertama marilah kita mengucap syukur kepada Allah terlebih dahulu, yang mana kita sudah diberikan segala nikmat iman dan islam sehingga bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Sholawat serta salam kita haturkan kepada nabi revolusi zaman nabi Muhammad SAW, yang mana sudah membawa kita dari jaman jahiliyah sampai jaman terang-benerang. sebab menghadiahkan salam semoga kita semua mendapat pertolongan beliau pada nanti hari akhir.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Bulan puasa adalah bulan dimana diwajibkan nya semua ummat muslim melaksanakan puasa bulan ramadhan, tak mengherankan jika banyak rohmat yang diturunkan oleh Allah pada bulan Ramadhan.

Masa-masa kecil memang masa kita berlatih untuk berpuasa, bila tidak kuat kalian bisa latihan berpuasa setengah hari dulu, dan bila belum sanggup lagi maka berusahalan untuk berpuasa satu hari penuh, hahhaha begitu kan ? benar kan ?

Anak-anakku sekalian, apakah kalian sudah siap latihan berpuasa? latihan menahan makan dan minum? latihan tidak jajan ?

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi.. pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan sepatah kata tentang kewajiban puasa pada bulan Ramadhan.

puasa berasal dari kata “shaum” atau “shiyam” yang artinya menahan diri. secara istilah  ialah menahan diri dari haus,lapar, hawa nafsu serta segala yang membatalkan puasa dari terbitnya matahari sampai tiba pada  terbenamnya matahari.

Apakah kalian ingin masuk syurga ? (mau……) mau tidak ? (mau….) nah kalau kalian ingin masuk syurga caranya kalian harus puasa pada bulan ramadhan.

Hal ini didasarkan oleh firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183:

Bismillahirrohmaanirrohim:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ [البقرة:183]

Bacaan Latin:

Yaa-ayyuhalladziina aamanuu kutiba ‘alaikumushiyamu kamaa kutiba ‘alalladziina min qoblikum la’llakum tataquun.

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR Bukhari).

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Ayat al-quran dan hadist diatas menjelaskan bahwa puasa ramadhan hukumnya adalah ( Wajib) jadi kalau anak-anak mau masuk surga harus mau puasa ramadhan. itu Artinya kalau ada seseorang yang tidak mau berpuasa Ramadhan, maka dia akan disiksa oleh ALah, karena tidak melakukan kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan.

Intinya, pada bulan Ramadhan ini pintu surga dibuka seluas-luasnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan para setan dikarantina selama sebulan penuh.

Dan juga berpuasa bulan ramadhan bisa menjadi amalan untuk menghapus dosa kita yang telah lalu, sebagaimana yang diterangkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Imam

Bukhari Nomor 37:

Bismillahirrohmaanirrohim;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin:

Man shooma romadhoona imaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.
Hadirin wal hadirat rahimakumullah;

Nah semoga kalian semua tergoling orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, dan tergolong sebagai ummat islam yang sholih dan sholihah supaya masuk syurga nya ALLah.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri dengan pantun:

Ada itik jalannya gemulai
Eh tiba-tiba disergap oleh buaya rawa
Berpuasa janganlah letih dan lunglai
Mari kita semangat meraih takwa

Wassalamu’alaikum WR. WB.

Contoh Ceramah Singkat “Sedekah dibulan Ramadhan”

Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD

Assalamualaikum WR. WB.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَ عَلَيْنَا بِنِعْمَةِ الْإِيْمَانِ، وَهَدَىنَا عَلَى دِيْنِ الْإِسْلَامِ، أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ حَقُّ الْمُبِيْنُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ،أَمَّا بَعْد

Al-hamdulillahi lladzi an’ama ‘alaina bini’matil-iman, wa hadana ‘ala dinil-islam, Asy-hadu anlaa-ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahul- malikul-haqul-mubin, wa Asy-hadu anna Sayidana Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhl-mab’utsu rohmatan lil-‘alamin. Allahumma Sholi wa Sallim wa Barik ‘ala Sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa ash-habihi ajma’in, Amma Ba’du.

Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji syukur
kehadiran Allah SWT, yang mana pada kesempatan yang berbahagia ini kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani, sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan lomba pidato dengan tidak ada halangan suatu apapun.

Sholawat beriringkan salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dengan ucapan (bacaan sholawat). Semoga dengan
memperbanyak sholawat kepada beliau, berkenan beliau memberikan Syafaatnya di yaumul kiyamah, amin Allahhuma…. amin.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Sedekah adalah salah satu amal ibadah yang bisa kalian lakukan pada bulan ramadhan, apalagi bisa kalian lakukan dengan cara berbagi kepada sesama ummat muslim yang tidak mampu.

Dan sedekah memang bisa dilakukan kapan saja, namun ketika sedekah dilakukan pada bulan puasa maka akan dilipatkan gandakan pahalanya hingga 10 sampai 700 kali lipat.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, rasulullah SAW pernah ditanya mengenai waktu bersedekah yang paling utama. Kala itu beliau menjawab.”

Terlepas dari anjuran bersedekah di bulan Ramadhan, nyatanya perilaku mulia ini memang disukai oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis berikut:

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

Artinya: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” – HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744.

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato dengan tema bersedekah pada bulan Ramadhan.

asulullah SAW bersabda:

‏اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

Artinya: “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” – HR. Bukhari Muslim.

Hadist diatas menjelaskan bahwa bersedekah dibulan Ramadhan akan mendapatkan banyak manfaat yaitu dibebaskan dari siksa kubur, dijauhkan dari api neraka, dilimpahkan ketenangan hati, dan dilipatgandakan pahalanya.

Qolallohu Ta’ala fi kitabihil kariim:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Arab-Latin: Khuż min amwālihim ṣadaqatan tuṭahhiruhum wa tuzakkīhim bihā wa ṣalli ‘alaihim, inna ṣalātaka sakanul lahum, wallāhu samī’un ‘alīm.

Artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Jika melihat banyaknya keutamaan bersedekah dibulan ramadhan, tunggu apa lagi? hendaklah kalian berlomba-lomba mengumpulkan pahala pada bulan Ramadhan dengan bersedekah kepada sesama ummat muslim yang belum mampu atau yang membutuhkan.

Nah sebagai generasi milineal yang sholih dan sholihah, yuk mari giatkan sedekah agar pahala yang kita dapatkan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.  Toh ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperbanyak sedekah. Semangat bersedekah semuanya….

Semoga anak-anaku sekalian menjadi generasi yang berbudi luhur, taat beragama dan suka bersedekah kepada sesama. Akhirul kalam wabillahi taufiq wal hidayah war-ridlo wal ianayah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Ceramah Singkat “Hikmah Puasa Ramadhan”

Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD

Asslamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh

الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، الَّذِيْ قَدْ أَوْجَدَ مِنْ نُّوْرِهِ نُوْرًا بِهِ عَمَّ الْهُدَى. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ءَالِهِ وَأَصْحَابِهِ. أَشْهَدُ أَنْ لاإِلهَ إِلا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،  وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.. أما بعد

Alhamdulillahi robbil-‘alamin, Hamdan Katsiron Thoyiban Mubarokan fihi ‘ala kuli hal, Alladzi qod aujada minuruhi nurom bihi ‘ammal-huda. was-sholatu was-salamu ‘ala rosulillah, sayidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa as-habih, Asy-hadu anlaa ilaha illallah wahdahu la syarikalah, wa Asyhadu anna sayidana Muhammadan ‘abduhu wa rosuluhu la nabiya ba’dah. Amma Ba’du.

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat.

Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi.. Lewat kesempatan ini, saya akan coba menjelaskan mengenai hikmah-hikmah bulan puasa.

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، وَتُغَلَّقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ، وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia terhalang mendapat sesuatu yang besar.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Hadist diatas menjelaskan bahwa keistimewaan yang dimiliki bulan ramadhan tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lainnya.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Rasulullah SAW bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

“Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan,” (HR. Ahmad).

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Sudah jelas bahwa bulan ramadhan mempunyai banyak hikmah yang bisa kalian petik salah satunya kalian bisa meningkatkan kadar ketaqwaan kepada allah, selain itu puasa juga mampu menyadarkan kita untuk selalu terus berusaha dekat dengan Allah.

Dengan begitu, kalian akan mudah mencapai titik derajat taqwa yang sempurna setelah benar-benar menjallani ibadah puasa dengan penuh hikmah selama satu bulan Ramadhan.

Semoga anak-anaku semua bisa menjadi penerus generasi milenial yang sholih-sholihah yang mampu melestarikan dasar-dasar pilar agama dengan teguh dan istiqomah.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua,khususnya bagi saya sendiri. Cukup sekian dari saya apabila ada kata2 yang kurang berkenan dihati mohon maaf sebesar-besarnya

Wassalamualaikum WR. WB.

Akhir Kata

Sekian ringkasan contoh teks ceramah singkat ramadhan untuk anak SD, semoga apa yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi pembaca setia samudranesia.id. Jangan lupa ukuti terus update an artikel terbaru kami yang tidak kalah populer dari artikel sebelumnya, Terima kasih.