Cek, Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik/Perusahaan Swasta Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik/Perusahaan Swasta disini tempatnya. Baca artikel tentang Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik/Perusahaan Swasta.

MataramNews.co.id – Sebenarnya, banyak sekali Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang sudah tersebar di internet. Dan pastikan untuk memilih salah satu contoh surat resign tersebut yang selektif dan menggunakan Bahasa yang baik. Pasalnya, surat pengunduran diri ini bersifat formal dan akan menentukan karir kalian kedepannya nanti. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar.

Alasan resign sendiri disebabkan oleh banyak faktor, dan untuk karyawan yang sudah sekian lama bekerja di suatu perusahaan pasti ingin merencanakan untuk berhenti bekerja. Beberapa alasan umum diantaranya hendak meningkatkan skill ke level selanjutnya. Dan yang menjadi masalah adalah ketika pertama kali ingin mengajukan pengunduran diri ini kalian wajib wajib membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan terlebih dahulu.

Dan cara membuatnya sangat mudah, tapi kalian harus menerapkan beberapa etika didalam isi surat tersebut. Misalnya penggunaan Bahasa yang sopan, alasan yang masuk akal dan sebagainya. Oleh karena itu, kalian bisa melihat beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang bisa di buat secara langsung. Dan untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Ketika melamar pekerjaan, dan hendak mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Pastikan untuk menggunakan kata-kata yang baik ketika membuat surat pengunduran tersebut. Dengan begitu, perusahaan akan memprosesnya secara langsung, dan bagi kalian yang masih belum paham silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Membuat Perjanjian untuk Meeting 1 on 1

Jika kalian mengajukan pengunduran diri, maka hal yang harus di perhatikan adalah membuat surat resugn secara professional. Kalian bisa mendiskusikannya bersama atasan atau pihak HRD perusahaan tersebut. Maka dari itu, silahkan Membuat Perjanjian untuk Meeting 1 on 1 dan berguna untuk komunikasi serta diskusi untuk melanjutkan proses resign. Selain itu, hal ini juga dinilai lebih baik dan sopan.

Alasan Mengundurkan Diri

Ketika hendak melakukan resign di suatu perusahaan, ada baiknya jika kalian menceritakan alasan untuk mengundurkan diri secara detail kepada pihak atasan / HRD. Alasannya sangat beragam untuk seorang karyawan dan kalian bisa mengajukannya secara langsung, beberapa alasan diantaranya:

  • Sedikit apresiasi dan penghargaan
  • Tidak ada perkembangan karir ketika bekerja
  • Tujuan dari performa kerja yang tidak realistis
  • Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik
  • Budaya kerja yang tidak memperdulikan kesehatan mental orang lain

Pastikan untuk menggunakan alasan resign dengan tidak menyinggung atasan di perusahaan tersebut. Dan proses penyampaian harus dilakukan secara bijaksana. Dan kalian juga harus mendapatkan feedback serta saran dari atasan tersebut. Dengan begitu, kalian bisa meningkatkan serta memperbaiki kekurangan ketika bekerja di perusahaan lainnya.

Berikan Informasi Pengunduran Diri

Pasalnya, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing untuk para pekerjannya ketika akan memberikan informasi resign tersebut. Misalnya, kalian bisa mengajukan pengunduran kerja ini jauh-jauh hari misalnya 1 bulan sebelum resign. Semua nya bisa kalian atur sendiri sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan tersebut. Dengan begitu, pihak perusahaan akan mencari pengganti nya segera ketika kalian keluar dari perusahaan.

Membuat Surat Pengunduran Diri

Kalian bisa membuat surat pengunduran diri dengan mudah dan pastikan untuk menggunakan kata yang baik. Pastinya kalian juga harus menunjukkan surat resign ini kepada pihak atasan perusahaan. Silahkan serahkan surat pengunduran diri ini, dan ceritakan alasan kenapa kalian mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Dan jika dalam keadaan work from home, kalian bisa memberikan surat resign ini melalui email. Jika email berhasil diterima oleh pihak atasan, maka mereka akan menghubungi kalian via telepon. Jadi kalian dapat mendiskusikannya secara langsung dengan mereka sejelas-jelasnya.

Ucapkan Terimakasih

Pastikan untuk mengucapkan rasa terimakasih ketika memberikan surat resign tersebut ke para atasan, bukan hanya itu kalian juga wajib mengucapkan terimakasih kepada rekan kerja lainnya. Dan jalin silaturahmi sebaik mungkin, meskipun kalian sudah benar-benar mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dan bekerja di perusahaan yang lain.

Bentuk terimakasih ini bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya, makan bersama di restoran, berikan kenangan berupa hadiah kecil, dan beberapa makanan ringan lainnya. Kalian bisa menentukannya secara bebas sesuai keinginan.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Benar

Sebelum membuat surat pengunduran diri ini, pastikan kalian mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan dibawah ini. Dan hindari kesalahan ketika menulis / mengetik (typo), menggunakan Bahasa yang sopan sesuai PUEBI, dan gunakan alasan yang tidak menyinggung para atasan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

  • Tempat dan tanggal lengkap ketika surat di berikan
  • Pihak yang kalian tujuan contohnya HRD / atasan
  • Salam pembuka di bagian awal
  • Serta kan nama yang lengkap dan alamat lengkap perusahaan
  • Berikan identitas diri dengan lengkap misalnya NIK, Jabatan, Departemen
  • Ceritakan alasan pengunduran diri dari pekerjaan, dan tanggal pengajuan resign
  • Berikan ucapan terimakasih kepada atasa, HRD, rekan kerja lainnya
  • Ucapkan kata maaf jika ada salah selama bekerja di perusahaan tersebut
  • Penutup
  • Nama lengkap kalian, disertai tanda tangan

Seperti itu lah komponen pembuatan surat pengunduran diri dari pekerjaan yang bisa kalian coba. Pasalnya, kami juga akan berikan beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan untuk bisa kalian terapkan secara langsung. Jadi, silahkan lihat selengkapnya dibawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jika sudah melihat beberapa komponen dan tata cara membuat surat pengunduran diri karyawan ini. Kalian bisa membuatnya secara langsung, dan berikut ini kami akan bagikan beberapa Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang bisa kalian coba. Untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Secara Formal

Jakarta, 10 Agustus 2021

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. XXXXX

Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: …….

Alamat: …………

Jabatan: ………

Nomor ID: ……….

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena kontrak yang sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Kepada Yth.

Bapak Supervisor Departemen Produksi

PT. Kalimas Kretek Group

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                       : Irfan Renaldi

Tempat, tgl. lahir      : Kudus, 2 Februari 1970

Jabatan                    : Operator

No. karyawan           : K9978

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Kalimas Kretek Group. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin berwirausaha. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak supervisor departemen Produksi PT. Kalimas Kretek Group yang selama ini telah membimbing saya.

Mohon maaf apabila selama kerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja atau tidak. Semoga PT. Kalimas Kretek Group makin maju.

Demikian pengunduran diri saya. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Irfan Renaldi

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Bandung, 28 Februari 2022

Kepada Yth :

Kepala PT. Makmur Jaya Langgeng

di Jln. Rajawali Timur, Bandung

Jawa Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Makmur Jaya Langgeng berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Cipto Aditya

Departemen : Produksi

Jabatan : Operator Produksi

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya Langgeng karena ingin fokus melanjutkan usaha keluarga. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur perusahaan. Saya berharap pihak perusahaan mengerti dan menerima permohonan pengunduran diri saya. Serta dapat memberikan hak-hak selaku karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini.

Hormat Saya,

Cipto Aditya

Penutup

Sekian ulasan mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan untuk bisa kalian buat secara langsung, pastikan menggunakan beberapa tips dan etika yang telah kami berikan diartikel ini. Semoga apa yang kami share bermanfaat untuk kalangan pembaca, dan tunggu informasi terbaru lainnya dari kami. Terimakasih.