Cek, Cek Pemakaian Kuota Indihome, Sendiri 2022 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cek Pemakaian Kuota Indihome, Sendiri 2022 disini tempatnya . Baca artikel tentang Cek Pemakaian Kuota Indihome, Sendiri 2022 .

Cara Cek Kuota Indihome sudah habis – Perlu diketahui semua pengguna. Karena jumlah kuota dan sisa pemakaian akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet di area instalasi wifi Anda.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa ketika Anda menginstal internet nirkabel yang juga dikenal sebagai wifi, Anda dapat mengakses layanan internet dengan bebas. Meski tidak cukup karena tidak ada fasilitas dengan kuota internet.

Pembatasan ini akan berpengaruh pada kecepatan koneksi Anda. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara cek pemakaian kuota, penyebab koneksi lemot, dan tips menggunakan Indihome Internet.

Tentang Indihome

Sebelum mempelajari cara mengecek kuota Indihome Anda sudah terpakai, ada baiknya Anda mengenalkan layanan ini terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu, Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home.

Ini adalah salah satu layanan dari Telkom Indonesia yang menyediakan berbagai paket komunikasi. Mulai dari Internet, layanan telepon rumah, hingga layanan TV interaktif. Produk paling populer dari Indihome adalah internet (wifi).

Awalnya, Telkom menamakan layanannya Telkom Speedy. Saat ini, peruntukannya telah berubah menjadi Indihome dan telah memperluas layanannya ke pelosok nusantara.

Pengguna Indihome tersebar di seluruh Indonesia. Jangkauannya yang luas memungkinkan orang untuk mengakses internet dengan mudah. Jika Anda pelanggan, pelajari cara memeriksa apakah kuota Indihome Anda sudah terpakai.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia tertinggal dari negara lain dalam hal pengembangan internetnya sendiri. Namun, melalui layanan Indihome, Telkom turut andil dalam pemerataan infrastruktur telekomunikasi di tanah air.

Berkat penyebaran Internet yang semakin meluas di pedesaan dan daerah terpencil, setiap orang kini dapat memperoleh berbagai informasi dari seluruh dunia melalui Internet.

Batas Penggunaan Wajar Indihome FUP

Alasan pentingnya mengetahui cara mengecek kuota Indihome Anda sudah terpakai adalah karena adanya mekanisme FUP. FUP sendiri merupakan istilah lain untuk menunjukkan batas penggunaan wajar.

Mekanisme batas pemakaian harus diterapkan untuk menjaga kualitas layanan yang baik. Saat ingin memasang wifi, klien biasanya diberikan beberapa pilihan paket.

Paket ini menawarkan kecepatan yang berbeda satu sama lain sehingga pelanggan dapat menyesuaikan pilihan mereka berdasarkan kebutuhan masing-masing. Kecepatan koneksi biasanya sama dengan kecepatan paket yang ditampilkan.

Namun, jika penggunaan mencapai beberapa ratus gigabyte, kecepatan internet bisa turun. Hal ini karena penggunaan telah mencapai minimum. Jadi Anda perlu menerapkan metode pengecekan share Indihome.

Indihome menerapkan FUP yang sama sebanyak dua kali. Pertama, kecepatan akan turun 25% saat pelanggan mencapai batas penggunaan wajar pertama. Jika kecepatan normal mencapai batas kedua, penurunan kecepatan akan menjadi 40%.

Misalnya, Pelanggan A memilih paket 20Mbps. Saat penggunaan mencapai batas pertama, itu akan turun menjadi 15Mbps. Sedangkan pada limit kedua, kecepatannya hanya 8 Mbps.

Beberapa FUP Indihome yang Perlu Anda Ketahui

Cara cek pemakaian kuota Indihome sebaiknya dilakukan di atas segala macam batas pemakaian yang wajar. Sebelum memutuskan opsi paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda perlu mengetahui berbagai kebijakan penggunaan wajar yang berlaku.

Paket 20 Mbps
FUP pertama pada paket 20Mbps adalah jika pemakaian mencapai 500GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 15Mbps. Sedangkan FUP kedua digunakan jika mencapai 800 GB, kecepatan turun menjadi 8 Mbps.

Paket 30Mbps
FUP pertama dari paket 30Mbps adalah jika penggunaan mencapai 700GB, kecepatan akan turun menjadi 22,5Mbps. Sedangkan FUP kedua digunakan saat mencapai 1200 GB, kecepatan turun menjadi 12 MB/s.

Paket 40Mbps
Cara cek pemakaian kuota Indihome pada paket 40Mbps, jika pemakaian mencapai 900GB speed turun menjadi 30Mbps. Sedangkan yang kedua adalah FUP jika digunakan 1600 GB, kecepatannya diturunkan menjadi 16 Mbps.

Paket 50 Mbps
FUP pertama dari paket 50Mbps adalah jika penggunaan mencapai 1200GB, kecepatannya akan turun menjadi 37,5Mbps. FUP kedua saat menggunakan hingga 2000 GB, dan kecepatannya kurang dari 20 MB/s.

Paket 100Mbps
Batas penggunaan yang wajar untuk paket 100Mbps adalah jika penggunaan mencapai 2000GB, kecepatan akan turun menjadi 50Mbps.

Berdasarkan berbagai batasan penggunaan yang wajar di atas, kami tahu minimumnya adalah 500GB. Sedangkan batas atasnya adalah 2000 GB. Penggunaan Anda dengan memeriksa penggunaan kuota Indihome Anda.

Misalnya, memasang wifi untuk rumah tangga pada umumnya mungkin tidak memerlukan koneksi dengan kecepatan lebih dari 40Mbps. Namun, jika Anda memiliki aktivitas yang melibatkan Internet secara luas, Anda memerlukan kecepatan yang lebih tinggi.

Selama instalasi jaringan internet untuk kantor, sekolah, kampus, warnet atau fasilitas umum lainnya yang membutuhkan jaringan yang lebih kuat. Dengan cara ini koneksi tetap stabil meskipun digunakan oleh lebih banyak orang.

Cara cek pemakaian kuota Indihome

Pengecekan berapa kuota harus dilakukan untuk mengantisipasi penggunaan yang berlebihan agar tidak mengganggu kecepatan koneksi. Setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengecek hal tersebut. Di sini kami akan membagikan empat cara mudah dan praktis menggunakan Pemverifikasi Pasak Indihome.

Cek via Indihome

Penggunaan kuota Indihome juga dapat dicek melalui website Indihome sendiri. Anda dapat memeriksanya melalui browser di ponsel atau komputer Anda. Agar pemindaian dapat dilakukan, pastikan Anda memiliki koneksi internet.

Berikut langkah-langkah verifikasi data melalui website Indihome:

  1. Silahkan buka browser di smartphone atau komputer anda
  2. Selanjutnya kunjungi alamat website Indihome yaitu https://indihome.co.id/
  3. Setelah itu, klik “Login to MyIndihome” di pojok kanan atas halaman website
  4. Silakan login ke akun Indihome saya dengan memasukkan email dan kata sandi yang Anda daftarkan
  5. Namun jika belum memiliki akun, silahkan daftar terlebih dahulu
  6. Setelah berhasil login, Anda akan langsung dibawa ke halaman utama yang berisi nama pelanggan dan detail penggunaan data
  7. Halaman situs akan menampilkan informasi FUP alias batas penggunaan wajar.

Cek kuota melalui aplikasi My Indihome

Aplikasi Indihome saya. Cara ini sangat praktis karena hanya dengan mengakses aplikasi melalui smartphone. Cara mengeceknya bisa dilakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi My Indihome di smartphone Anda. Jika belum, silahkan install terlebih dahulu dengan mendownloadnya melalui Play Store atau App Store tergantung sistem operasi perangkat Anda.
  2. Bagi yang baru saja menginstal aplikasi Indihome, silahkan daftar terlebih dahulu untuk membuat akun baru.
  3. Sedangkan cara cek pemakaian kuota Indihome, bagi yang sudah memiliki akun di aplikasi My Indihome silahkan login.
  4. Setelah login, Anda akan diarahkan ke halaman beranda atau home page.
  5. Langkah selanjutnya silahkan pilih menu Internet lalu pilih View details
  6. Halaman aplikasi akan menampilkan berapa banyak kuota yang Anda gunakan dalam satu periode

Cek share indihome secara manual

Cara cek penggunaan stakes Indihome lainnya bisa dilakukan secara manual. Yaitu melalui penggunaan aplikasi internet. Aplikasi mampu memberikan informasi mengenai jumlah data yang digunakan dalam satu periode.

Cara ini juga efektif untuk membakukan penggunaan porsi secara teratur bahkan dalam pengulangan sehari-hari. Dengan cara ini, Anda dapat memantau berapa banyak porsi yang Anda gunakan untuk satu hari, satu minggu, dll.

Memantau penggunaan data Anda setiap hari dapat menjadi cara yang pasti untuk lebih berhati-hati dalam penggunaan data Anda. Jika Anda menggunakan banyak dalam satu hari, hari berikutnya Anda dapat mengkonfirmasi jumlah konsumsi.

Cek via SMS

Cara cek pemakaian kuota Indihome selanjutnya adalah dengan menggunakan pesan singkat atau biasa disebut SMS. Metode SMS ini adalah pilihan yang tepat jika Anda tidak terhubung ke internet. Mengenai cara cek batas pemakaian wajar kuota Indihome melalui SMS, yaitu:

Buka menu Pesan atau Pesan di smartphone Android atau iOS Anda
Langkah selanjutnya adalah mengirim SMS ke 98108 dengan format sebagai berikut:
ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon Indihome

Pastikan Anda mengetik format SMS dengan benar untuk mendapatkan balasan
Setelah mengirim SMS, tunggu beberapa saat hingga Anda menerima pesan yang berisi informasi berapa kuota yang telah digunakan
Perlu Anda ketahui bahwa cara cek pemakaian kuota Indihome melalui SMS adalah dengan membayar. Artinya, setelah mengirim SMS, saldo Anda akan berkurang sebesar OMR 350 untuk satu kali transaksi.

Verifikasi SMS dapat dilakukan jika jumlah pulsa minimum Anda adalah Rp 5.000. Jika kredit nominal kurang dari ini, Anda harus menggunakan metode alternatif untuk memeriksa Kebijakan Penggunaan Wajar yang tersisa.

Akses tanpa batas pasti membawa banyak kemudahan dan kemudahan bagi semua orang. Jangan biarkan kenyamanan Anda dalam mengakses internet terhambat dengan berkurangnya kecepatan dengan Indihome Share Tests.