Cek Cari Ini Dia Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Ini Dia Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik disini tempatnya . Check this article Read Ini Dia Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik RAW Free until end.

Kaca adalah komponen yang ada di seluruh mobil. Tanpa kaca yang memungkinkan kita melihat ke luar dari dalam kabin, pengendara akan kesulitan dalam mengendarai tunggangan roda empat tersebut. Bagian kaca ini juga harus selalu dalam kondisi bersih, agar noda-noda yang menempel tidak menghalangi pandangan sopir yang perlu melihat keluar dengan jelas untuk bisa mengarahkan mobil dengan baik.

Salah satu gangguan yang bisa menempel pada kaca mobil adalah jamur. Jamur tidak hanya membuat pandangan menjadi kabur, namun juga dapat mengurangi keindahan mobil. Nah, lantas bagaimana cara menghilangkan jamur di kaca kendaraan? Berikut Qoala jabarkan rekomendasi pembersih jamur kaca mobil terbaik. Simak ya!

Baca Juga

Qoala App Insurtech

Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Sebelum masuk ke pembahasan pembersih jamur kaca mobil terbaik, ada baiknya untuk mengetahui penyebab munculnya jamur tersebut di kendaraan kesayanganmu. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Mencuci Mobil

Jamur adalah organisme yang hidup di tempat lembab, oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana perlakuanmu terhadap air yang menempel di kaca mobil. Mencuci mobil pun bisa menjadi salah satu penyebab jamur jika kamu tidak mengeringkannya dengan benar.

Baca Juga

Qoala App Insurtech

Potensi timbulnya jamur ada ketika kamu tidak langsung mengelap air bekas pencucian hingga benar-benar kering. Selain itu, mencuci mobil di bawah paparan sinar matahari juga memicu timbulnya jamur di kaca mobil.

2. Kualitas Air

Kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil juga perlu diperhatikan karena berpengaruh pada kondisi kaca mobil. Hindari menggunakan air yang mengandung besi kuning, garam atau kandungan kapur tinggi karena bisa menimbulkan jamur.

3. Air Hujan

Sisa-sisa air hujan yang menempel di kaca mobil membuat permukaan kaca lembab dan memicu tumbuhnya jamur. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan ekstra pada kaca mobil di musim hujan karena jika dibiarkan berjamur terlalu lama akan lebih sulit untuk dihilangkan.

4. Perubahan cuaca tidak stabil

Ada saatnya cuaca berubah-ubah begitu cepat, dari hujan kemudian panas terik atau sebaliknya. Kondisi cuaca seperti besar kemungkinan dapat menimbulkan jamur di kaca mobilmu.

Rekomendasi Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik

Untuk membersihkan jamur, dibutuhkan pembersih jamur kaca mobil yang recommended dan terpercaya. Berikut daftarnya.

1. Auto Dazzling Car Care

Auto Dazzling Car Care adalah produk pembersih kaca mobil dengan formula khusus untuk memberi perawatan kaca mobil yang lebih detail. Kelebihan dari pembersih kaca mobil satu ini sangat efektif untuk menghilangkan jamur, kerak dan juga water spot yang menempel pada kaca mobil. Selain itu, kemasan dari produk ini praktis untuk digunakan.

2. Waterspot Remover

Waterspot Remover dari AeroTECH yang dirancang khusus untuk memberi perawatan terbaik pada kendaraan. Seperti namanya, produk ini cukup efektif untuk menghilangkan jamur maupun, waterspot dan noda membandel lainnya. Penggunaannya pun sangat simple dan praktis, tinggal semprotkan pada kain, kemudian aplikasikan pada kaca maupun bodi mobil secara merata.

3. Glass Polish

Glass Polish adalah produk pembersih kaca mobil yang dapat membersihkan noda yang penyebab kusam. Produk ini sangat ampuh digunakan untuk membersihkan jamur atau noda-noda yang menempel di kaca mobil. Oleh sebab itu, produk ini cukup direkomendasikan untuk menjadi produk pembersih kaca mobil, termasuk untuk jamur.

4. Sabusa Waterspot

Cairan pembersih yang dinamakan Sabusa Waterspot ini diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan seperti jamur, noda membandel pada kaca kendaraan. Penggunaan produk ini juga sederhana dan sangat mudah, hal yang perlu dilakukan adalah mengoleskan cairan menggunakan kuas secara merata. Setelah itu, kamu tinggal mengelapnya sampai benar-benar kering.

5. Kit Glass Polish

Rekomendasi pembersih jamur kaca mobil selanjutnya adalah Kit Glass Polish. Produk pembersih yang dapat membersihkan jamur, noda, hingga goresan halus di kaca mobil ini dapat digunakan cukup mudah. Kamu tinggal mengaplikasikannya menggunakan lap pada bagian yang ingin dibersihkan. Selain itu, harga produk ini cukup terjangkau.

6. Maxxim Pro Glass

Maxxim Pro Glass juga bisa menjadi pilihanmu untuk sebagai cairan pembersih jamur kaca mobil yang membandel. Formula dari produk ini juga sangat aman untuk dipakai pada kaca mobil. Produk ini menggunakan teknologi hydrophobic yang berfungsi untuk memberikan efek daun talas, sehingga air hujan tidak akan menggenang pada kaca mobil.

7. Pro-V Obat Jamur Kaca

Obat Jamur kaca mobil di Indomaret bernama Pro-V juga merupakan rekomendasi yang cukup bagus untuk menghilangkan noda dan jamur penyebab kusamnya kaca mobil. Pembersih satu ini aman digunakan dan tidak merusak karet kaca mobil. Obat jamur kaca mobil ini juga bisa mencegah jamur tumbuh kembali.

8. Scrapee

Scrapee adalah produk yang akan memberikan perawatan kaca kendaraan yang dapat diandalkan dalam membersihkan noda-noda membandel. Produk satu ini merupakan obat jamur yang efektif untuk membasmi jamur dan noda-noda yang menempel di kaca mobil kesayanganmu. Produk ini juga tidak akan membuat cat body luntur sehingga kamu bisa lebih tenang saat menggunakannya.

9. Solvenor Glass Scrub

Produk Solvenor Glass Scrub bisa menjadi produk pembasmi jamur yang aman untuk menghilangkan noda membandel. Tidak ada zat korosif di dalamnya sehingga tak akan membuat cat kendaraan terkikis. Produk ini juga sangat praktis digunakan dan meskipun bisa membuat kaca bening seperti baru, produk ini bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

10. Aqua Magic

Aqua Magic adalah obat jamur kaca mobil yang dibuat dengan bahan baku premium dan berkualitas tinggi. Rekomendasi kami yang satu ini bisa diandalkan untuk membasmi jamur serta noda membandel pada kaca kendaraan. Di dalamnya terdapat berbagai bahan, seperti nano ceramic dan carnauba wax yang bisa memberikan perawatan pada kaca sekaligus cat bodi mobil. Selain itu, produk ini juga memberikan efek daun talas yang membuat kaca tidak mudah tergenang oleh air hujan.

Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

Selain menggunakan produk-produk pembersih jamur kaca mobil terbaik di atas, kamu juga dapat membersihkan kaca mobil dari jamur menggunakan berbagai bahan lainnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur:

1. Memakai Baking Soda

Bubuk kristal putih atau yang biasa disebut dengan baking powder juga bisa digunakan untuk menjadi penghilang jamur pada kaca mobil. Metode membersihkan jamur kaca mobil menggunakan baking soda ini aman karena bahan tersebut tidak beracun dan tidak membahayakan untuk manusia.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue satu ini tidak hanya efektif digunakan untuk menghilangkan jamur, namun juga bisa menyerap kelembaban yang tersisa dan dapat memicu pertumbuhan jamur.

Campuran sederhana soda kue dan air akan menjadi cairan pembersih yang kuat, kamu bisa menggunakannya dengan menyemprotkan pada bagian yang akan kamu bersihkan. Metode ini adalah salah satu cara membersihkan jamur kaca mobil yang paling ekonomis dan cukup umum digunakan.

2. Bersihkan Setelah Terkena Hujan

Seperti yang dijelaskan pada penyebab jamur tumbuh di atas, hujan bisa mengancam kaca mobil karena merupakan salah satu penyebab tumbuhnya jamur. Oleh karena itu, salah satu cara menghindari kaca ditumbuhi jamur adalah dengan segera membersihkan kaca setelah terkena hujan. Titik-titik air hujan yang menempel di kaca mobil berisiko menjadi pemicu tumbuhnya jamur pada kaca.

Kain yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca juga beragam. Setelah kamu mengelap kaca dengan menggunakan kain kanebo, kamu dapat membersihkannya kembali menggunakan kain microfiber. Cek juga karet yang ada pada bilah wiper karena alat pembersih tersebut dapat mempengaruhi kebersihan kaca. Segera ganti bilah karet jika terlihat sudah rusak.

3. Menggunakan Minuman Soda

Jika tidak bisa menemukan obat khusus pembersih jamur kaca mobil, kamu juga bisa menggunakan minuman bersoda sebagai alternatif cara menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Pertama-tama lap dulu kaca mobil hingga kering memakai kain. Selanjutnya gosok kaca mobil yang terkena jamur menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air soda.

Silahkan lakukan hal ini hingga jamur yang ada di kaca mobil benar-benar hilang. Namun perlu digaris bawahi, jangan mencampurkan air soda dengan air biasa. Hal ini hanya akan mengurangi kadar sodanya sehingga mengurangi efektifitasnya dalam menghilangkan jamur.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi yang biasa kamu gunakan untuk menggosok gigi di rumah juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara ini mudah, ekonomis dan praktis namun cukup ampuh. Kandungan yang ada di dalam pasta gigi mempunyai efek yang dapat menghilangkan jamur.

Cara menggunakannya cukup mengoleskan pasta gigi di bagian kaca mobil yang ditumbuhi oleh jamur, kemudian diamkan hingga kering. Setelah mengering, bilas dengan air dan gunakan sikat atau kain untuk menghilangkan jamur tersebut secara lembut. Setelah itu, lap kembali untuk mengeringkan sisa air yang ada di kaca mobil.

5. Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian tak hanya bisa menghilangkan noda pada pakaian, namun juga bisa digunakan sebagai pembersih jamur kaca mobil milikmu. Kamu bisa membersihkan kaca dengan membasahi kain lembut dengan cairan pemutih secukupnya kemudian gosokkan kain tersebut secara lembut pada bagian kaca yang ditumbuhi jamur hingga bersih. Penting untuk memilih kain berbahan lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kaca mobil.

6. Gunakan Alkohol

Selain untuk membersihkan luka atau mensterilkan alat-alat medis, alkohol juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara menggunakannya pun mudah, kamu bisa memakai kapas yang sudah dibubuhi menggunakan alkohol kadar di atas 60% untuk menggosok bagian kaca yang terkena jamur untuk membersihkannya.

7. Memakai Cuka Apel

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur membandel di kaca mobil adalah cuka apel. Caranya adalah dengan membuat larutan pembersih dari campuran 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Lalu gunakan larutan tersebut untuk membersihkan kaca mobil dengan mencelupkan kain pada larutan tadi dan gosokkan kain tersebut pada bagian kaca mobil yang terkena jamur. Setelah jamur tersebut hilang, segera keringkan menggunakan kertas koran.

8. Pakai Air Tembakau

Bahan terakhir yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif pembersih jamur kaca mobil adalah air tembakau. Untuk bahan ini kamu bisa mempraktekkannya dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Rendam tembakau kering di dalam air bersih selama 15 menit.
  2. Sebelum diaplikasikan pada kaca mobil, silahkan bersihkan dulu kaca mobil menggunakan air dingin, kemudian keringkan.
  3. Setelah kering, siram kaca mobil menggunakan air rendaman tembakau tadi.
  4. Kamu dapat mencoba menyiramkan ari tembakau ini berulang kali hingga jamur tersebut benar-benar hilang.
  5. Setelah kamu melihat jamur di kaca sudah hilang, silahkan bilas kembali kaca mobil dengan air bersih
  6. Terakhir, lap kaca mobilmu hingga kering.

Cara Merawat Kaca Mobil

Setelah tahu cara merawat kaca mobil, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat kaca mobil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam hal merawat kaca kendaraan kesayanganmu:

1. Segera Bersihkan ketika Muncul Noda

Bagian penting dalam perawatan kaca mobil adalah segera membersihkan noda tak lama saat noda tersebut timbul. Segera bersihkan ketika kamu melihat noda tanpa menunggu jadwal mencuci kendaraan.

Terlebih untuk kotoran yang bisa jadi noda membandel ketika dibiarkan cukup lama, seperti air hujan, kotoran burung atau lumpur. Apalagi kotoran-kotoran tersebut berpotensi memicu tumbuhnya jamur ketika kamu membiarkannya. Jadi tindakan yang paling benar untuk kamu lakukan adalah segera membersihkannya ketika adanya kotoran.

2. Bersihkan Menggunakan Lap yang Tepat

Saat membersihkan mobil kamu pasti membutuhkan alat untuk menghilangkan kotoran, yaitu lap. Penggunaan lap ini harus diperhatikan, jangan menggunakan lap dari bahan kain yang kasar atau yang berpotensi menimbulkan goresan pada kaca mobil.

Selain itu, sebaiknya kamu menggunakan lap yang berbeda untuk membersihkan kaca dan bodi mobil. Lap untuk membersihkan bodi mungkin rentan membawa pasir atau kotoran lain yang biasanya menempel di bodi. Objek-objek tersebut dapat menyebabkan goresan halus pada kaca mobil.

3. Keringkan Kaca Sesegera Mungkin Setelah Dibersihkan

Selalu keringkan bekas cairan atau air setelah kamu mencuci kaca mobil. Jangan biarkan air menempel terlalu lama karena bisa menimbulkan bercak air yang membekas pada kaca mobilmu. Selain itu, kaca mobil yang kering akan membuat debu lebih sulit menempel sehingga kaca tidak mudah kotor.

4. Pastikan Kondisi Karet Wiper dalam Keadaan Baik

Wiper adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk menyapu kotoran dan air pada mobil. Tentu saja baik tidaknya alat ini sangat mempengaruhi kebersihan kaca mobil. Jika wiper rusak, maka kotoran dan air tidak tersapu dengan optimal sehingga kaca selalu dalam keadaan kotor.

Oleh karena itu salah satu bagian penting dalam perawatan kaca mobil adalah memastikan karet wiper selalu dalam kondisi baik, apalagi saat musim hujan. Jika perlu, rutinlah membersihkan bagian tersebut agar kotoran atau pasir halus tidak menempel di sana, di mana objek-objek tersebut berpotensi membuat baret pada kaca kendaraanmu.

Nah itulah penjelasan Qoala tentang rekomendasi pembersih jamur kaca mobil terbaik serta dengan informasi-informasi lainnya yang masih berkaitan dengan kebersihan kaca kendaraanmu. Semoga kebersihan kaca mobil kamu selalu terjaga ya, supaya terlihat kinclong dan tidak menutupi pandangan saat berkendara!