Cek Cari BLT UMKM Cair Oktober 2022, Ini Cara Daftar Online Bantuan Rp1,2 Juta di Link oss.go.id Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang BLT UMKM Cair Oktober 2022, Ini Cara Daftar Online Bantuan Rp1,2 Juta di Link oss.go.id disini tempatnya . Check this article Read BLT UMKM Cair Oktober 2022, Ini Cara Daftar Online Bantuan Rp1,2 Juta di Link oss.go.id RAW Free until end.

JAKARTA, KILAS24.COM– Kabar gembira bagi pelaku usaha kecil dan menengah, pasalnya BLT UMKM cair bulan Oktober 2022. Simak cara daftar online bantuan Rp1,2 juta di link oss.go.id.

Pendaftaran BLT UMKM 2022 ternyata bisa dilakukan secara online melalui link sso.go.id. Dengan mendaftar UMKM Online ini, kamu bisa mendapatkan BLT UMKM tanpa perlu datang ke dinas setempat untuk mendaftarkan usahamu.

Jadwal Pencairan BLT UMKM 2022

BLT UMKM akan disalurkan pada bulan Oktober 2022 mendatang. Pemerintah memastikan BLT UMKM 2022 sebesar Rp1,2 juta akan segera cair mulai Oktober hingga Desember 2022.

Baca Juga: Situs eform.bri.co.id Cek Status Penerima BLT UMKM Rp1,2 Juta Via BRI

Program BLT UMKM 2022 ini berasal dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada pemerintah daerah (Pemda). Jokowi meminta agar menyalurkan 2 persen dana transfer umum senilai Rp2,17 triliun untuk bantuan angkutan umum, bantuan ojek online, nelayan dan UMKM.

Dasar Hukum Penyaluran BLT UMKM 2022

Adapun dasar hukum program ini diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 134/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022. “Pemberian bantuan sosial, termasuk kepada ojek, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan nelayan,” demikian bunyi diktum a Pasal 2 ayat 2 beleid yang diteken Menkeu Sri Mulyani pada 5 September 2022 lalu.

Besaran dana BLT UMKM ini sama dengan besaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang telah dilakukan tahun lalu yaitu sebesar Rp1,2 juta. Yustinus Prastowo, Staf Khusus Kementerian Keuangan membenarkan penyaluran BLT UMKM 2022 untuk ojek, UMKM, dan nelayan akan dilakukan mulai Oktober melalui Pemda.

“Penyaluran mulai Oktober, masing-masing Pemda yang menyalurkan,” ujar Yustinus Rabu (7/9/2022) lalu. Program BLT UMKM saat ini masih dalam tahap pematangan agar penyalurannya tepat sasaran. Pemerintah pun telah menetapkan syarat untuk mendapatkan BLT UMKM 2022.

Baca Juga: Disdik Jelaskan Penentuan Calon Penerima & KJP Plus Oktober 2022 Kapan Cair

Syarat Daftar BLT UMKM 2022
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki kartu identitas penduduk atau e-KTP
  • Merupakan pelaku usaha mikro yang dibuktikan melalui surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  • Tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi anggota Polri atau TNI, Pegawai BUMN atau pegawai BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Para pelaku UMKM yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)
Daftar Penerima BLT UMKM 2022

Berikut ini langkah-langkah mendaftar BLT UMKM 2022 di link oss.go.id.

  1. Klik situs https://oss.go.id/. 
  2. Klik Daftar. 
  3. Pilih Skala Usaha UMKM yang kamu miliki.
  4. Masukkan data yang diperlukan, klik “Daftar”. 
  5. Cek email dan klik tombol aktivasi yang dikirim ke email kamu. 
  6. Klik menu “Perizinan Berusaha” lalu pilih “Permohonan Baru”. 
  7. Lengkapi data-data yang diminta.
  8. Jika sudah klik ‘selanjutnya’. 
  9. Pahami dan centang Pernyataan Mandiri 
  10. Periksa Draf Perizinan Berusaha. 
  11. Kamu hanya perlu menunggu sampai perizinan tersebut terbit.

Anda bisa melihat dokumen NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha pada Output NIB dan Izin Usaha. Izin usaha bisa dicetak dalam bentuk QR melalui Preview Izin Usaha QR. Kamu bisa cek pencarian BLT UMKM melalui eform.bri.co.id/bpum.

Demikian cara daftar penerima BLT UMKM 2022 di link oss.go.id. Semoga bermanfaat.