Cek Cari 3 Cara Menambah RAM di HP Samsung Biar HP Makin Ngebut Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 3 Cara Menambah RAM di HP Samsung Biar HP Makin Ngebut disini tempatnya . Check this article Read 3 Cara Menambah RAM di HP Samsung Biar HP Makin Ngebut RAW Free until end.

Terkadang, kita sering dibuat kesal dengan kinerja HP yang menurun, dengan kata lain, HP jadi sering lag atau lemot. Salah satu penyebab HP jadi bermasalah bisa jadi karena daya tampung RAM dari HP tersebut sudah penuh.

Seperti yang kita tahu, RAM (Random Access Memory) sendiri memiliki fungsi sebagai penyimpan data HP yang sifatnya sementara. Jika HP Anda memiliki RAM yang berkapasitas besar, memasang dan menjalankan banyak aplikasi pun tak akan jadi masalah. 

Oleh karena itu, kebanyakan HP sekarang dibekali dengan kapasitas RAM yang besar, mengingat banyak konsumen yang mengandalkan ponselnya untuk menjalankan banyak aplikasi, termasuk bermain game. Bahkan, bagi sebagian orang RAM 4 GB saja sudah terbilang pas-pasan.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan informasi seputar cara menambah kapasitas RAM, khususnya untuk HP Samsung. Ingin tahu apa saja cara menambah RAM di HP Samsung dengan mudah agar performanya semakin kencang? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Cara Menambah RAM di HP Samsung dengan RAM Plus

SAMSUNG GALAXY A33 5G

Kini, pengguna HP Samsung dapat menikmati fitur RAM Plus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan ekspansi RAM dengan mudah. Pengguna yang HP-nya sudah mengantongi OneUI 4.1dan sistem operasi Android 12. Jika masih menggunakan UI versi sebelumnya, fitur RAM Plus tak akan dapat digunakan.

Cara mengaktifkan fitur RAM Plus ini tidaklah sulit. Kami akan menjabarkannya untuk Anda. Sekadar informasi tambahan, kami menggunakan HP Samsung Galaxy A33 5G sebagai contohnya.

Namun, cara ini tidak terbatas pada Galaxy A33 5G saja. HP Samsung lain yang menawarkan OneUI 4.1 atau HP Samsung yang punya fitur RAM Plus bisa mengikuti langkah ini.

Tanpa berlama-lama, berikut cara menambah RAM di HP Samsung dengan RAM Plus:

Cara Menambah RAM Samsung 1 - Battery and Device Care_

Buka opsi “Pengaturan” atau “Settings”. Pilih menu “Perawatan perangkat dan Baterai” atau “Battery and device care”.

Cara Menambah RAM Samsung 2 - RAM Plus_

Dari sini, pilih “Memori” atau “Memory”. Selanjutnya, pilih opsi “RAM Plus”.

Cara Menambah RAM Samsung 3 ram plus __

Silakan pilih kapasitas RAM Anda sesuai kebutuhan. Kapasitas yang tersedia mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Makin besar kapasitas RAM yang dipilih, makin banyak pula kapasitas memori internal yang akan digunakan. Sebagai contoh, kami pilih upgrade RAM ke kapasitas 8 GB.

Cara menambah RAM Samsung ram plus 4_1_

Terakhir, HP akan di-restart otomatis. Silakan pilih “Restart Now” untuk melanjutkan, dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cara menambah RAM Samsung 5 - Clear RAM_1_

Selain mengaktifkan RAM Plus, di menu Memori atau Memory ini ada juga opsi untuk ‘membersihkan’ RAM dari aplikasi yang berjalan di latar belakang agar performa ponsel semakin kencang. Dari menu Memory ini, silakan tekan tombol dengan tulisan “Clear Now” untuk ‘membersihkan’ RAM.

Bagaimana, sangat mudah sekali, bukan? Dengan begini, Anda bisa meningkatkan kinerja HP tanpa ribet. Selain RAM Plus, masih ada cara lain untuk menambah RAM di HP Samsung. Simak terus ulasannya.

Menambah RAM dengan Opsi Pengembang

Selain memakai RAM Plus tadi, Anda pun dapat memanfaatkan opsi pengembang untuk menambah kapasitas RAM di HP Samsung. Caranya pun tak kalah mudah dari RAM Plus. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya:

Cara Menambah RAM Samsung 1 _ Opsi pengembang_1_

Masuk ke menu “Pengaturan” atau “Settings”. Gulir layar hingga sampai di menu terakhir, yakni “Tentang ponsel” atau “About phone”.

Cara menambah RAM Samsung 6_Opsi pengembang_2_

Masuk ke menu “Informasi perangkat lunak” atau “Software information”.

Cara Menambah RAM Samsung 8_ Opsi pengembang 3_3_

Selanjutnya, tekan opsi “Nomor versi” atau “Build number” sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan opsi pengembang. Jangan lupa masukkan pola atau password HP Anda. Setelah opsi pengembang aktif, akan ada pemberitahuan dari HP, yakni “Developer mode has been turned on” atau “Mode pengembang sudah aktif”.

Cara MENAMBAH ram samsung_ Opsi pengembang 3_4_

Silakan kembali ke menu “Pengaturan”, lalu masuk ke menu “Opsi pengembang” atau “Developer mode”.

Cara Menambah RAM Samsung__Opsi pengembang 3_5_

Cari menu “Batasi proses latar belakang” atau “Background process limits”

Cara Menambah RAM Samsung_Opsi pengembang_3_6_

Terakhir, silakan pilih “Tanpa proses latar belakang” atau “No background process”.

Membatasi proses latar belakang ketika HP berjalan dapat mengurangi kapasitas RAM yang penuh akibat banyaknya aplikasi yang berjalan. Cara ini dinilai mampu meningkatkan kinerja HP, sehingga masalah seperti HP lemot atau lag bisa diminimalisir.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

RAM Booster-side_

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menambah kapasitas RAM HP Samsung adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama RAM Booster. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak pembahasan berikut ini:

  • Unduh aplikasi RAM Booster di Google PlayStore.
  • Setelah terpasang di HP, buka RAM Booster lalu pilih opsi bahasa. Silakan pilih sesuai selera. Sebagai contoh, kami pilih bahasa Indonesia, ya.
  • Setelahnya, Anda akan dibawa ke laman berisi berbagai fitur dari RAM Booster. Untuk mengoptimalisasi kinerja RAM, silakan tekan menu dengan logo robot Android bertuliskan “Mendorong”.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah, aplikasi akan secara otomatis menampilkan gambar berlogo robot Android tadi, namun logo robotnya diganti dengan tanda centang. Secara otomatis, kapasitas RAM akan di-boost oleh aplikasi ini.

Selain aplikasi RAM Booster, masih ada aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk menambah RAM. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Namun, RAM Booster jadi salah satu yang paling praktis dan juga terpercaya.

Nah, itulah pembahasan kami tentang cara menambah RAM di HP Samsung untuk meningkatkan performa HP. Selain HP Samsung, Anda juga dapat menyimak artikel Cara Menambah RAM HP OPPO dan Cara Menambah RAM HP realme yang sudah kami bahas sebelumnya. Caranya tak jauh berbeda, kok. Selamat mencoba, ya.