Cek, Cara Mengirim Folder Lewat Email Menggunakan Hp Dan Laptop Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Mengirim Folder Lewat Email Menggunakan Hp Dan Laptop disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Mengirim Folder Lewat Email Menggunakan Hp Dan Laptop.

MataramNews.co.id – Pada era ini, email memiliki banyak peran penting. Melalui email, kamu bisa mengirim berbagai hal mulai dari pesan, dokumen, bahkan folder. Khusus untuk pengiriman folder, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Nah, artikel ini akan memberitahu kamu bagaimana cara mengirim folder lewat email dengan mudah.

Email memang cukup banyak membantu orang. Mulai dari pelajar sampai para pekerja. Ada banyak tugas yang bisa diselesaikan hanya dengan mengirim email saja. Dulu mungkin kerepotan karena harus kirim file dan pesan lewat cara manual. Tapi sekarang, berbekal surel saja pesan dan dokumen sudah bisa disampaikan.

Sekadar informasi, kamu akan lebih mudah mengirim folder melalui email jika menggunakan laptop atau PC. Pasalnya, penggunaan ponsel pintar mungkin cukup rumit karena ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan laptop atau PC saja.

Sudah cukup penasaran dengan caranya? Jika iya, maka baiknya langsung simak beberapa ulasan caranya di bagian ini.

Berikut Cara Mengirim Folder Lewat Email

Cara mengirim folder lewat email

Menurut sejumlah referensi yang kami temukan, ada paling tidak dua cara utama yang bisa dilakukan untuk mengirim folder lewat email. Cara ini pun terbilang paling mudah dilakukan. Berikut penjelasannya:

1. Mengirim Folder Menggunakan RAR

Cara mengirim folder lewat email pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengirim folder menggunakan fitur RAR. Pada setiap PC ataupun laptop sudah pasti ada fitur yang bisa digunakan untuk mengubah folder biasa menjadi RAR.

Penggunaan di Android atau ponsel pintar cukup memakan waktu karena harus download aplikasi pembuat RAR dulu. Maka dari itu sangat kami sarankan untuk menggunakan laptop atau PC saja.

Nah, untuk mengirim folder lewat email, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, silakan cari dulu folder yang ingin kamu kirim melalui email. Kamu tidak perlu sampai membuka foldernya. Melainkan cukup temukan dulu folder yang ingin dikirim.
  2. Tahap selanjutnya adalah dengan mengubah folder tersebut menjadi berbentuk file RAR.
  3. Cara untuk mengubah folder jadi RAR bisa dengan arahkan kursor pada folder. Kemudian klik kanan pada mouse. Akan ada sejumlah opsi yang tampil.
  4. Nah, jika ingin mengubahnya klik opsi ‘Add to rar’.
  5. Biasanya, titik-titik tersebut akan terisi oleh nama dari folder yang bersangkutan. Setelah itu, file memiliki format .RAR.

Setelah mengubah folder yang akan kamu kirimkan menjadi format RAR, kamu baru bisa mengirimkan folder tersebut dengan beberapa langkah ini:

  1. Pertama, silakan buka alamat email yang kamu miliki. Kamu pun bebas memilih untuk menggunakan Yahoo Mail ataupun Gmail. Kedua platform tersebut memiliki cara pengiriman folder yang hampir sama.
  2. Setelah login ke dalam email yang akan digunakan untuk mengirim folder, pilih opsi Tulis atau Kirim Pesan sebelah kiri atas.
  3. Kamu akan ditampilkan jendela yang berisikan kolom kosong. Di sana ada Recipients, Subjects, dan kolom isi pesan.
  4. Namun, kamu harus melihat ke arah paling bawah. Di sana ada logo Klip yang biasanya digunakan untuk mencantumkan atau mengirimkan file.
  5. Biasa dikenal dengan ikon untuk attach file.
  6. Klik ikon Klip untuk attach file tersebut.
  7. Windows Explore biasanya terbuka secara otomatis.
  8. Setelah itu, carilah tempat file .RAR yang sebelumnya telah kamu buat.
  9. Jika sudah ditemukan, klik file tersebut kemudian klik perintah Open.
  10. Setelahnya, kamu masih harus menunggu sampai folder yang akan dikirimkan selesai diunggah ke email.
  11. Lalu, kamu sudah bisa mengisi siapa penerima pesan atau tujuan folder tersebut dikirimkan. Jangan lupa beri Subject agar penerima tahu maksud dan tujuan email dikirimkan.
  12. Klik Send jika sudah ingin mengirimkan file-nya secara langsung.

Jika kamu sudah klik Send, maka sudah bisa dipastikan file atau folder yang kamu kirimkan berhasil. Namun, untuk berjaga-jaga silakan cek kotak keluar atau folder email terkirim. Jika belum terkirim, kamu bisa mencoba mengirimkannya dengan cara yang sama sekali lagi.

2. Mengirim Folder dengan Google Drive

Ada cara mengirim folder lewat email lain yang dapat kamu manfaatkan. Google sudah menyediakannya untukmu. Google Drive bisa dimanfaatkan guna pengiriman file ataupun folder.

Google Drive merupakan salah satu layanan yang terdapat dalam Google Workspace selain Google Doc, Google Sheet, dan lainnya. Penggunaan Google Drive untuk mengirim folder juga nampaknya lebih mudah.

Bahkan cara ini terbilang lebih mudah dibandingkan mengirim folder setelah mengubahnya jadi format .RAR terlebih dahulu. Jadi prosesnya memang bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan cara yang pertama tadi.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan pengiriman email melalui Google Drive bisa menggunakan beberapa langkah ini:

  1. Pada langkah pertama, kamu harus memastikan dulu kalau sudah punya akun Gmail.
  2. Setelah memastikannya, jangan lupa pastikan juga sudah punya akun Google Drive.
  3. Ketika dua hal di atas sudah kamu miliki, baru masuk atau Login ke akun Gmail yang dimiliki.
  4. Setelah itu, kamu juga harus login ke dalam akun Google Drive.
  5. Masuk ke dalam tampilan akun Gmail terlebih dahulu.
  6. Lalu temukan opsi Compose atau Kirim.
  7. Kalau sudah mengklik Compose, biasanya akan muncul jendela sama seperti saat kamu ingin mengirim file biasa.
  8. Jika sebelumnya kamu menggunakan ikon Klip untuk attachment file, kali ini berbeda.
  9. Kamu harus klik ikon Google Drive/Insert file using Google Drive. Silakan cek di internet bagaimana ikon Google Drive.
  10. Biasanya ikon tersebut terletak di bagian paling bawah.
  11. Setelah klik ikon Google Drive, kamu akan ditampilkan jendela yang berisikan file maupun folder yang terdapat dalam Google Drive.
  12. Nah, jika ingin mengirimkannya, kamu bisa langsung memilih file mana yang akan dikirimkan.
  13. Setelah itu, langsung klik Insert dengan tombol berwarna biru yang ada di kiri-bawah.
  14. Secara otomatis, folder yang awalnya tersimpan di Google Drive akan langsung diunggah menuju Gmail. Kamu juga bisa memilih lebih dari satu folder. Kamu harus melakukan cara di atas satu kali lagi.
  15. Jika sudah diunggah ke jendela pengiriman Gmail, sekarang kamu bisa menambahkan penerima Gmail dan memberikan Subjects terhadapnya. Klik Send, dan folder yang ada akan langsung berhasil terkirim.

Pada langkah ini, ada satu hal yang jangan sampai dilupakan. Di awal, kamu harus memiliki folder terlebih dahulu di Google Drive.

Kamu bisa membuat folder sendiri atau bahkan mengunggah satu folder langsung dari penyimpanan laptop atau PC milikmu. Jika belum tahu caranya, gunakan metode ini:

  1. Pertama, buka Google Drive. Login dengan Gmail yang biasanya digunakan.
  2. Setelah itu kamu akan ditampilkan laman utama Google Drive.
  3. Di sebelah kiri-atas terdapat simbol +.
  4. Klik simbol tersebut.
  5. Nah, di sana ada beberapa pilihan. Kamu bisa upload file, folder, dan banyak lagi.
  6. Silakan pilih Upload Folder terlebih dahulu.
  7. Pilih foldernya, dan unggah ke dalam Google Drive.

Penutup

Itulah dua cara mengirim folder lewat email yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa, gunakan cara di atas secara berurutan. Jika tidak, mungkin folder yang diinginkan tidak bisa kamu kirimkan.