Cek, Cara Menghilang di WhatsApp Tanpa Harus Hapus Aplikasi Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Menghilang di WhatsApp Tanpa Harus Hapus Aplikasi disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Menghilang di WhatsApp Tanpa Harus Hapus Aplikasi.

Koranpangkep.co.id – Cara menghilang di WhatsApp kerap kali dicaritahu oleh sebagian orang karena merasa terganggu dengan notifikasi yang ada. Sehingga mereka pun ingin sekali untuk menghilangkan keberadaannya untuk sementara. Biasanya hal ini terjadi saat sedang melakukan aktivitas yang penting dan tidak bisa diganggu dengan suara notifikasi yang muncul dari Whatsapp.

Hal yang dapat kamu lakukan jika mengalami hal seperti itu adalah menonaktifkan aplikasi WhatsApp dalam sementara waktu. Mematikan WhatsApp dapat kamu lakukan untuk sementara dan tidak harus menghapus atau menguninstall aplikasinya dari ponsel kamu. Sehingga kamu dapat dengan tenang dan tidak usah khawatir kehilangan riwayat pesan karena aplikasinya dihapus.

Lalu bagaimana caranya untuk menghilang di WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan dan tidak harus menghapus aplikasinya? Berikut terdapat beberapa metode yang dapat kamu pakai untuk menghilang sementara di WhatsApp. Simak ya penjelasannya di artikel yang sudah kami tulis di bawah ini.

Sekilas Tentang WhatsApp

Sekilas Tentang WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan singkat pada smartphone saat ini. Tetapi untuk dapat menggunaannya memerlukan koneksi jaringan internet. Kamu akan bisa mengirim pesan melalui WhatsApp apabila kontak tujuan juga sudah terdaftar di aplikasi tersebut. Karena sistem pada pengenalan kontak dan verifikasinya dilakukan melalui nomor telepon yang terdaftar.

Beberapa fitur yang ada di WhatsApp seperti mengirim pesan singkat berupa text, dapat mengirim dokumen dan foto langsung dari kamera ataupun galeri, dan melakukan panggilan suara atau video secara langsung. Selain itu kamu juga bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat profil, status, hingga kapan kamu terakhir dilihat.

Sehingga WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan yang paling diminati oleh seluruh masyarakat di dunia karena kemudahannya. WhatsApp juga telah diunduh lebih dari 5 miliar kali oleh seluruh orang di dunia. Langsung saja simak penjelasan ini jika kamu ingin menghilang di WhtasApp sementara waktu.

Beberapa Cara Untuk Menghilang Di WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi

Beberapa Cara Untuk Menghilang Di WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi

Whatsapp adalah suatu aplikasi perpesanan yang dapat digunakan pada perangkat dengan Operating System Android ataupun IOS. Cara penggunaannya pun terbilang mudah karena hanya memerlukan sebuah nomor telepon dan koneksi jaringan internet agar terhubung satu sama lain. Karena WhatsApp bukan merupakan aplikasi bawaan dari ponselnya maka kamu dapat mengehentikan layanannya sementara.

Hal ini seringkali dilakukan oleh banyak orang karena mereka tidak ingin diganggu saat ada acara penting dan ingin memakainya kembali ketika dibutuhkan. Masih banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya untuk menghilang di WhatsApp sementara waktu dan mungkin kamu adalah salah satunya. Jangan khawatir, di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Mematikan Jaringan Internet (Data Seluler)

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilang di WhatsApp adalah mematikan jaringan internet kamu. Untuk kamu pengguna ponsel Android dapat mengikuti cara di bawah ini.

  1. Pertama buka ponsel Android kamu dan masuk ke pengaturan.
  2. Lalu pilih menu Sim Card & Data Selular.
  3. Kemudian tekan pada pilihan data selular.
  4. Setelah itu jaringan internet yang terhubung akan otomatis mati dan tidak akan ada notifikasi dari WhatsApp yang masuk.
  5. Selesai.

Cara ini dapat kamu lakukan berulang kali karena sifatnya hanya sementara. Jika kamu mengaktifkan jaringan internetnya kembali maka semuanya akan kembali seperti sedia kala. Tidak hanya WhatsApp yang berhenti beroperasi ketika kamu mematikan jaringan internet. Namun seluruh aplikasi yang memerlukan jaringan internet akan berhenti juga.

2. Dengan Cara Berhenti Paksa (Force Stop)

Tutor yang kedua untuk menghilang di WhatsApp yaitu memberhentikan paksa aplikasi atau Force Stop. Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah berikut.

  1. Pertama buka hp Android kamu dan masuk ke menu pengaturan.
  2. Kemudian cari pengaturan aplikasi dan pilih Manage Apps.
  3. Setelah itu kamu scroll ke bawah dan klik pada aplikasi WhatsApp.
  4. Lalu kamu tekan tombol Paksa Berhenti atau Force Stop yang ada di bawah.
  5. Tekan OK maka aplikasi Whatsapp akan berhenti.
  6. Selesai.

Cara ini dilakukan apabila kamu hanya ingin menghentikan satu aplikasi saja yaitu WhatsApp. Mulai dari notifikasi pesan, panggilan suara, hingga panggilan video tidak akan ada yang diterima. Sehingga kamu dapat tetap menyalakan jaringan internet untuk digunakan pada aplikasi yang lain.

Ketika kamu merasa sudah cukup untuk menghilang dan ingin muncul kembali, kamu hanya perlu membuka kembali aplikasi WhatsApp. Otomatis WhatsApp akan berjalan seperti sedia kala tanpa harus melakukan apa apa.

3. Mematikan Penggunaan Data Di Latar Belakang

Cara yang ketiga untuk menghilang di WhatsApp adalah mematikan penggunaan data di latar belakang aplikasi. Cara ini banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk menghentikan aplikasi WhatsApp agar terlihat menghilang. Langkah langkah yang dilakukan juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Pertama buka menu setting atau pengaturan di ponsel Android kamu.
  2. Lalu pilih menu Pengaturan Aplikasi.
  3. Kemudian cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Berikutnya klik pada pilihan data selular.
  5. Lalu klik matikan data latar belakang.
  6. Selesai dan aplikasi Whatsapp sudah berhenti.

Perlu kamu tahu bahwasanya posisi pengaturan di atas dapat berbeda pada setiap jenis ponsel Android. Tetapi yang kami jabarkan di atas merupakan langkah umum pada setiap ponsel Android.

4. Mematikan Sementara WhatsApp Di Ponsel iPhone

Cara yang telah dijabarkan untuk menghilang di WhatsApp sebelumnya adalah untuk ponsel dengan sistem operasi Android. Tetapi jika kamu merupakan pengguna IOS atau iPhone, kamu bisa melakukan cara di bawah ini. Tahap yang dilakukan berbeda dengan ponsel Android karena pada iPhone lebih singkat dan sederhana.

  1. Pertama buka menu pengaturan pada iPhone.
  2. Kemudian cari menu notifikasi.
  3. Setelah itu pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Lalu kamu akan melihat slide bar di sebelah kanan dan klik allow notification agar notifikasi di WhatsApp mati.
  5. Selesai.

Apakah Aman Untuk Mematikan WhatsApp Sementara?

Apakah Aman Untuk Mematikan WhatsApp Sementara

Mungkin kamu penasaran apa yang akan terjadi jika kamu mematikan notifikasi atau menghentikan aplikasi WhatsApp untuk sementara. Tenang saja, kamu tidak akan menemukan keanehan apa pun setelah mematikan WhatsApp untuk waktu yang sebentar. Tetapi terdapat beberapa konsekuensi atas berhentinya aplikasi WhatsApp sebagai berikut.

  1. WhatsApp tidak dapat kamu gunakan untuk sementara waktu.
  2. Tidak dapat melakukan berbagai aktifitas menggunakan aplikasi WhatsApp selama dimatikan seperti mengirim pesan, telpon suara, video call, dan lainnya.
  3. Orang yang sedang butuh bantuanmu tidak dapat menghubungi kamu selama aplikasinya belum dibuka.
  4. Komunikasi menjadi lebih sulit karena harus melalui platform lain.

Sejatinya, mematikan WhatsApp untuk sebentar tidak masalah karena sifatnya sementara sehingga kamu tidak usah khawatir. Aplikasinya juga dapat kamu aktifkan kembali kapan saja untuk dapat digunakan lagi.

Tetapi apabila kamu ragu untuk melakukan berbagai cara di atas kamu dapat melakukan cara yang sederhana yaitu mematikan jaringan internet. Hal tersebut terbukti lebih aman dan tidak menimbulkan keanehan apapun pada ponsel.

Rekomendasi Aplikasi Perpesanan Selain WhatsApp

1. Telegram

Telegram menjadi salah satu alternatif aplikasi perpesanan selain WhatsApp yang keamanannya sudah dijamin. Selain itu aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan tampilannya juga sederhana. Telegram juga dicap dengan salah satu aplikasi dengan keamanan yang terbaik dan termasuk privasi.

2. Line

Apliakasi Line ini berasal dari negara Jepang dan sudah diunduh dengan unduhan lebih dari 500 juta kali oleh seluruh pengguna di dunia. Fitur yang tersedia mirip seperti WhatsApp hanya saja terdapat stiker dan tema yang dapat digunakan untuk aplikasinya. Line juga memiliki Timeline seperti Twitter sehingga dapat melihat aktivitas teman yang lain pada satu aplikasi. Sehingga Line ini cocok untuk alternatif lain aplikasi perpesanan selain WhatsApp.

3. Discord

Pada awalnya discord digunakan khusus untuk para gamers dan dapat digunakan pada ponsel juga PC. Aplikasi ini bersifat open source dan kamu dapat menemukan berbagai komunitas game untuk berbicara dengan gamer lainnya. Fitur yang ada pada aplikasi ini adalah voice channel dan text channel. Discord sangat direkomendasikan untuk mengirim pesan karena history perpesanan akan tersimpan di cloud dan tidak akan hilang.

4. Signal

Signal ini merupakan salah satu aplikasi perpesanan buatan Elon Musk yang merupakan CEO dari Tesla. Tampilan dan fitur yang tersedia juga mirip seperti aplikasi WhatsApp. Saat ini signal tersedia untuk versi mobile dan juga versi PC. Kamu dapat menggunakannya dengan gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.

5. Facebook Messenger

Aplikasi ini berasal dari satu perusahaan dengan WhatsApp dan memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Meskipun terlihat mirip, namun Facebook Messenger ini tidak memerlukan nomor telepon untuk dapat mengobrol.

Melainkan menggunakan nama pengguna akun Facebook orang yang ingin dituju. Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Akhir Kata

Demikian ulasan kami mengenai bagaimana cara mengilang di WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasinya. Semoga dapat menambah wawasan bagi kamu yang membacanya. Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami. Mohon maaf apabila ada kesalahan baik  dari penulisan maupun informasi yang disampaikan. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.