Cek, Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF disini tempatnya . Baca artikel tentang Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF .

Menggabungkan beberapa file PDF sudah bukan suatu pekerjaan yang menyulitkan. Jadi tidak ada lagi yang namanya edit manual, membuat file satu per satu kemudian menggabungkannya dengan metode copas.

Hal diatas tentu hanya akan memakan waktu saja, sebab masih ada cara yang jauh lebih praktis bahkan cukup dengan menggabungkan dua file menjadi satu, maka setelah itu sistem akan otomatis mengkonversinya dalam bentuk file utuh.

Semua pembahasan tersebut sudah tim kompiwin rangkum dalam cara menggabungkan file beda format menjadi satu PDF dibawah ini. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini hingga selesai.

Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF

Tidak bisa dipungkiri bahwa format PDF melebihi eksistensi jenis format file lain. Banyak instansi atau perintah tugas yang memilih menggunakan PDF karena alasan lebih fleksibel.

Yang pertama, saat ini PDF dapat di baca hampir di setiap perangkat, berbeda kalau jaman dulu dimana PDF hanya bisa dilihat melalui komputer bahkan perlu menggunakan bantuan aplikasi khusus.

Kemudian file PDF bisa dikunci, teruntuk para pengguna yang menginginkan sistem proteksi pada file yang mereka kirimkan, tinggal atur password setelah menyelesaikan file PDF tersebut.

Dan PDF ini sendiri tidak dapat diedit, sehingga cocok buat digunakan seperti dokumen laporan, dokumen announcer dan sebagainya.

Karena peran permintaan file PDF ini semakin meningkat, alhasil banyak fasilitas yang dikembangkan seputar integrasi ekstensi PDF. Termasuk dalam menggabungkan file menjadi PDF adalah bentuk dari perkembangan sistem baru ini.

1. Adobe Acrobat Pro

Salah satu cara yang dapat mendukung proses menggabungkan beda file menjadi satu PDF yaitu menggunakan Adobe Acrobat Pro.

Aplikasi ini merupakan bagian dari pengembang PDF, sehingga sudah tidak diragukan lagi kemampuan fungsi dalam menggabungkan file.

Jika di komputer atau laptop belum terinstall aplikasi ini, silahkan ikuti cara install aplikasi Acrobat Reader secara lengkap.

  1. Download dan install Adobe Acrobat Pro di PC kalian.
  2. Setelah itu buka aplikasinya.
  3. Pada tampilan utama, kalian bisa klik tombol Create.1 Pencet Create - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  4. Kemudian pencet Merge File into a Single PDF.2 Klik Manage Files - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  5. Nanti akan muncul dialog Combine File, lalu pilih saja tombol Add Files.
  6. Tap pada bagian Add Files.
  7. Baru setelah itu masukkan file yang ingin digabungkan melalui Browse Windows Explorer.
  8. Pencet lagi Add File untuk menambahkan format file lain.
  9. Urutkan file menggunakan tombol Move UpMove DownChoose Page dan Remove
  10. Sampai semuanya sudah, centang dulu mode Single PDF.
  11. Dan terakhir klik Combine Files.
  12. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil tergabung menjadi satu.

2. Converter Online

Lanjut cara yang kedua, gunakan situs converter online seperti contoh I Love PDF untuk mengubah semua format tersebut menjadi PDF terlebih dahulu.

Misalnya file format lain yang akan kita gabungkan terdiri dari Word, Excel, atau PowerPoint. Tugas kita pertama ubah semua format tersebut menjadi PDF dulu, baru setelahnya jadikan satu menjadi format utuh.

  1. Silahkan kalian buka situs iLovePDF.
  2. Kalau sudah terbuka, pencet bagian All PDF Tools.3 All PDF Tools - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  3. Silahkan kamu pilih menu tools untuk mengubah format filenya, contoh kita ingin ubah Word ke PDF dulu, jadi tekan saja menu pada bagian Word to PDF.4 Pilih Salah Satu - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  4. Masukkan file Word ke dalam situs lewat tombol Choose File.5 Pilih Select Word Files - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  5. Setelah file terpilih langsung saja kalian compress.6 Pencet Convert PDF - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  6. Ulangi cara diatas bila masih ada format lain yang ingin kita ubah menjadi PDF.
  7. Bila semua format sudah menjadi PDF. kita masuk lagi ke situs iLovePDF.
  8. Klik lagi menu All PDF Tools.3 All PDF Tools - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  9. Disana kamu bisa pilih Merge PDF.7 Pilih Merge PDF - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  10. Ketuk Choose File untuk memasukan file PDF yang sudah kamu ubah di awal.8 Pencet Select PDF - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  11. Pencet tombol Plus untuk menambahkan file PDF lainnya.9 Ketuk Tombol Plus - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  12. Masukkan secara urut, dan pastikan semuanya sudah kamu unggah disini.
  13. Kalau sudah tinggal kita Convert.10 Pilih Tombol Merge - Cara Menggabungkan File Beda Format Menjadi Satu PDF
  14. Tunggu prosesnya berlangsung maka secara otomatis file akan terunduh.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai cara menggabungkan file beda format menjadi satu PDF kali ini. Silahkan ikuti langkah-langkah diatas, jika ingin memakai bantuan aplikasi pilih saja opsi yang pertama, sedangkan kalau ingin pakai cara online, ikuti tutorial yang kedua. Semoga bermanfaat.