Cek, Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL disini tempatnya . Baca artikel tentang Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL .

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan Camera 2 API pada Zenfone MaxPro M2 anda tanpa harus melakukan UBL (Unlock Boot Loader). Apa fungsinya? Camera 2 API adalah modul yang diperlukan jika kita berniat untuk menginstal aplikasi kamera ketiga, contoh umum adalah Google Camera.

Pada dasarnya, Camera 2 API sudah disertakan di hampir semua perangkat Android tingkat menengah ke atas, fungsionalitasnya tidak digunakan lagi oleh setiap vendor. Melalui tutorial ini kita akan mencoba mengaktifkan Camera 2 API pada MaxPro M2, silahkan simak langkah-langkahnya.

bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. PC/Laptop.
  2. Kabel USB (coba yang asli / setidaknya mendukung pengisian 2.0A).
  3. adb.exe.
  4. Uji kompatibilitas kamera manual (dapat diunduh di playstore).
  5. MaxPro M2.

Sebelum Anda mulai ingat, Lakukan dengan risiko Anda sendiri!!

Langkah 1: Unduh ADB.exe lalu ekstrak, instal, dan modifikasi PC dan perangkat Anda.

Langkah 2: Aktifkan USB debugging Maks Pro M2 Omong-omong, masuk ke menu Pengaturan → Tentang → Nomor pembuatan (Klik beberapa kali hingga muncul pesan Mode pengembang aktif).

Langkah 3: Masuk ke menu Developer Options (pada menu Setting), lalu pilih kolom USB Debugging.

Langkah keempat: Matikan MaxPro M2 Anda lalu masuk ke Fastboot Mode (Tahan naikkan volumenya + Energi). tunggu sampai kamu bilangFastboot CSC” hijau di layar.

Langkah kelima: Hubungkan MaxPro M2 ke PC/Laptop Anda, lalu masuk ke folder ADB yang Anda download tadi. Masuk ke Command Prompt (CMD) dengan menekan kontrol + Transformasi + Klik kanan bersama-sama dan pilih Buka jendela perintah di sini.

Langkah keenam: Setelah di jendela Command Prompt, ketik:

Perangkat fastboot

Kemudian tekan Enter, dan tunggu hingga MaxPro M2 terdeteksi dengan muncul tulisan Fastboot 89767XXX di jendela Command Prompt (CMD). Kemudian ketik lagi:

Fastboot oem enable_camera_hal3 Benar

Kemudian tekan enter lagi, jika tertulis ok dan selesai, maka perangkat Anda telah berhasil mengaktifkan Camera 2 API. Kemudian restart perangkat Anda.

Langkah ketujuh: Yang pasti silahkan download aplikasi uji kompatibilitas kamera manual di Play Store, jika muncul centang hijau pada aplikasi, berarti anda telah berhasil mengaktifkan Camera 2 API.

Langkah kedelapan: Silakan instal aplikasi kamera ketiga yang Anda inginkan, misalnya Google Camera atau lainnya.

Sekian tutorial yang dapat kami bagikan kali ini, jika anda menemukan kesulitan dalam proses implementasinya, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Ingatlah untuk berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.