Cek, Cara Meminta Izin Hak Cipta YouTube Dari Pemilik Karya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Meminta Izin Hak Cipta YouTube Dari Pemilik Karya disini tempatnya . Baca artikel tentang Cara Meminta Izin Hak Cipta YouTube Dari Pemilik Karya .

Samudranesia.id – Bagaimana cara meminta izin hak cipta youtube dari pemilik karya? Karena sangat bahaya jika kita mainnya reupload namun penciptan lagu, konten video dan lainnya komplain kepada kita. Maka dari itu, buat yang tidak tahu baca ulasan ini hingga selesai.

Hak cipta adalah suatu hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta sekaligus penerima hak. Semua itu untuk  melindungi suatu karya orang dan tentu orang tersebut bisa memperbanyak atau mengumumkan ciptaannya dan bias memberikan izin atau tidak terhadap orang yang ingin menggunakan karyanyanya.

Maka disinilah pentingnya kalian melakukan untuk mendaftarkan karya anda, semua itu demi melindungi dan memilik hak cipta yang khusus untuk anda gunakan.

Takutnya apabila konten kalian yang ciptakan dan ternyata di dublikat oleh seseorang kemudian orang itu yang mendaftarkan untuk memiliki lisensi resmi atau hak cipta maka anda tidak dapat melakukan langkah hokum.

Namun sebaliknya jika kalian sudah mendaftarkan hak cipta karya kalian pasti bias menumpuh jalur hukum bagi mereka yang menggunakan karya anda tanpa ijin.

Lalu bagaimanakah cara meminta izin untuk menggunakan karya mereka yang telah memiliki hak cipta? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyyan tersebut, silakan simak ulasan artikel ini hingga selesai.

Cara Meminta Izin Hak Cipta Youtube dari Pemilik Karya dengan Benar

Apabila Kamu ingin melakukan mengupload ulang seperti video, musik, maupun sejenisnya di platform Youtube bisa dianggap melakukan pelanggaran hak cipta. Oleh sebab itu, untuk solusinya Kalian harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemegang hak cipta Youtube secara formal.

Jika Kalian mendaftarkan diri sebagai pengguna akun Youtube, dan kalian setuju hanya untuk membagikan konten sesuai hak publikasi yang Kamu miliki. Namun jika Kalian memposting materi yang memiliki hak cipta dari pihak ketiga, atau video orang lain, maka kalian bisa membagikan dengan catatan kalian harus meminta izin pemiliknya.

Semua itu demi menghindari terjadinya pelanggaran persyaratan layanan YouTube, sekaligus menghindari terjadinya potensi pelangaran hukum, sehingga kalian harus meminta perizinan hak cipta sebelum membagikan video tersebut.

Lalu bagaiamanakah cara untuk meminta izin kepada orang yang memiliki hakcipta atas karnya? Berikut ini caranya?

1. Silakan Hubungi Pemilik Konten Youtube

Silakan Hubungi Pemilik Konten Youtube

Langkah pertama kalian harus mencari hingga menemukan akun email atau kontak pemilik dari hak cipta Youtube tersebut. Biasanya terdapat pada situs web, pada web terdapat menu “Hubungi Kami”. Namun jika kalian menemukan video/musik tersebut di web lain, mungkin Kamu bisa mengirimkan komentar pribadi atau chat secara personal ke pemiliknya.

2. Kemudian Silakan Melacak Pemilik Asli Konten

Kemudian Silakan Melacak Pemilik Asli Konten

Kemudian Cara izin hak cipta Youtube berikutnya, apabila konten yang Kamu peroleh bukan dari pemilik kontennya langsung, alangkah baiknya kalian melacak pemilik konten aslinya lebih dulu. Apabila berasal dari acara TV, band atau film. Intinya kalian harus mencari suatu informasi sedetail mungkin mengenai label atau kontak pemegang hak cipta atas karnya.

3. Beremail Dengan Bahasa Penuh ke Sopanan

Beremail Dengan Bahasa Penuh ke Sopanan

Langkah berikutnya untuk meminta izin hak cipta Youtube ialah, silahkan melakukan ber email, silakan kalian menjelaskan secara rinci bahwa kalian ingin mengunggah video ke channel Youtube milikmu beserta alasannya.

Intinya jangan sampai ada yang ditutupi demi meraup keuntungan secara pribadi. Apabila kalian tidak mendapatkan penghasilan dari channel Youtube milikmu walaupun itu menggunakan lagu atau video dari mereka sebab jumlah subscribe sedikit dan belum ada iklan.

Catatan yang perlu kalian lakukan ialah apabila kalian di izinkan menggunakan karya orang yang telah memiliki lisensi hak karya gunkan sebaik-baiknya dan jika kalian tidak mendapat izin jangan sekali-kali memaksakan diri untuk tetap menggunakan karya orang tersebut.

4. Silakan Menyimpan Hasil Percakapan

Silakan Menyimpan Hasil Percakapan

Kemudian Simpan apapun tanggapan yang kalian terima, sebab suatu saat kemungkinan kalian harus menunjukkannya di waktu yang akan dating. Semua itu agar dapat membuktikan jika pemilik hak cipta telah memberimu izin dan telah memberi ijin untuk mempublikasikan video yang Kamu unggah tersebut.

5. Jangan Lupa Cantumkan sumber Konten

Kemudian langkah yang juga tak kalah penting ialah mencantumkan watermark nama channel YouTube dari konten kalian. Jika ada yang menggunakan sumber dari pemilik asli.

Semua itu bertujuan, apabila ada orang yang ingin membuat konten mereka dari video kalian. Maka mereka akan langsung mengkontak siapa pemilik aslinya dan mereka dapat meminta izin secara pribadi maupun kelompok.