Cek, Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat disini tempatnya . Baca artikel tentang Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat .

cara membuka hp yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat

Apakah Anda pernah secara tidak sengaja lupa password yang Anda gunakan di ponsel? Hal ini cukup sering terjadi, umumnya karena pengguna baru mengubah password dan lupa bahwa mereka baru saja menggantinya.

Anda tidak perlu panik bila hal ini terjadi kepada Anda, sebab Anda bisa membuka ponsel yang lupa password hanya melalui panggilan darurat saja. Bagaimana cara melakukannya dan apa alternatif lain yang dapat digunakan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Anda tidak perlu panik apabila Anda lupa password ponsel yang Anda gunakan, sebab Anda bisa membuka kuncinya dengan menggunakan panggilan darurat.

Anda tentu tahu bahwa setiap ponsel memiliki pintasan panggilan darurat yang bisa dibuka tanpa perlu menggunakan password. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk hal ini, yakni dengan kode khusus dan dengan metode crash lock screen.

Metode Kode Dial Khusus

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk unlock ponsel yang lupa password melalui panggilan darurat adalah dengan metode dial khusus. Untuk membuka ponsel lupa password dengan panggilan darurat, ini dia langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan ponsel lalu pilih menu panggilan darurat di bagian bawah layar kunci.
  2. Masukkan nomor panggilan darurat sesuai dengan tipe ponsel yang Anda gunakan. Pengguna ponsel Samsung, Oppo dan Xiaomi dapat klik nomor 112 atau 911 sementara pengguna Vivo bisa memasukkan #000009#0##0.
  3. Anda akan terhubung dengan menu pengaturan.
  4. Ganti password Anda yang lama dengan yang baru.

Bila langkah ini sudah selesai dilakukan, maka ponsel akan langsung memperbarui password sesuai dengan password yang baru saja Anda masukkan.

Menggunakan Metode Crash Lock Screen

Apabila ponsel Anda masih tetap terkunci setelah mencoba cara pertama, maka Anda bisa melakukan cara kedua yakni dengan menggunakan metode crash lock screen. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukannya:

  1. Nyalakan ponsel Anda dan klik menu emergency call atau panggilan darurat di bagian bawah layar.
  2. Ketik tanda bintang 10 kali dan copy paste semua tanda hingga jumlahnya maksimal.
  3. Buka shortcut kamera lalu tarik notifikasi bar dan klik menu setting.
  4. Ulangi proses ini hingga lockscreen Anda mengalami crash.
  5. Cobalah untuk membuka ponsel dengan cara pertama atau bisa saja ponsel Anda terbuka dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk segera ubah password setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas agar tidak sampai lupa lagi.

Cara Membuka Handphone Lupa Password

Ada beberapa jenis ponsel yang tidak mendukung dengan membuka password melalui panggilan darurat, sehingga Anda harus berpikir solusi lain untuk membukanya. Terdapat setidaknya 4 cara untuk membuka hanpdhone selain dengan panggilan darurat, berikut ini daftar cara alternatifnya:

Menggunakan Find My Device

Find My Device merupakan sebuah layanan resmi yang dimiliki oleh Google. Anda bisa mengakses fitur Find My Device ini melalui ponsel maupun laptop, sehingga bila ponsel Anda terkunci maka Anda bisa menggunakan laptop untuk membuka kuncinya. Cara membuka password ponsel dengan Find My Device cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka browser lalu kunjungi website Find My Device.
  2. Pastikan Anda menggunakan akun Google yang sama dalam kedua device.
  3. Pilih menu lock atau kunci.
  4. Refresh beberapa kali ketika Android Device Manager tidak bisa menemukan perangkat.
  5. Setelah ditemukan, masukkan kata sandi sebanyak dua kali.
  6. Klik konfirmasi untuk melanjutkan.

Setelah semua langkah diatas dilakukan, Anda bisa membuka ponsel dengan pin yang baru.

Menggunakan Panggilan Sementara

Cara alternatif kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan panggilan. Anda perlu meminjam ponsel milik teman Anda apabila Anda ingin menggunakan cara ini.

Caranya mudah saja, telepon nomor Anda di ponsel yang akan dibuka dan angkat teleponnya. Setelah itu, matikan telepon dan cepat-cepatlah klik tombol home.

Anda bisa klik menu pengaturan dan mengatur password ponsel yang baru. Sebelum Anda menggunakan cara ini, penting untuk diingat bahwa hanya sebagian ponsel saja yang dapat menyambungkan Anda ke home apabila ada panggilan sehingga Anda harus cek jenis ponsel Anda terlebih dahulu.

Menggunakan Samsung Find My Mobile

Khusus Anda pengguna ponsel Samsung yang ingin membuka ponsel lupa password, Anda bisa menggunakan fitur Samsung Find My Mobile.

Sama seperti fitur Find My Device, Samsung Find My Mobile juga bisa membantu Anda membuka password ponsel. Anda tidak perlu melakukan instalasi apapun sebelum menggunakan fitur Samsung Find My Mobile, sebab Samsung Find My Mobile tersedia dalam versi website. Berikut ini adalah langkah-langkah membuka ponsel lupa password dengan Samsung Find My Mobile:

  1. Buka laptop Anda lalu kunjungi browser seperti Google Chrome.
  2. Kunjungi website Samsung Find My Mobile.
  3. Masuklah ke perangkat menggunakan akun Samsung yang Anda gunakan dalam ponsel tersebut.
  4. Pilih tombol kunci screen atau lock my screen yang ada di bagian kiri layar.
  5. Masukkan password yang baru lalu klik tombol lock.
  6. Tunggu antara 1 hingga 2 menit lalu coba buka ponsel Anda dengan password yang baru saja diubah.

Menggunakan Forgot Pattern

Cara terakhir yang tentu sudah tidak asing lagi untuk Anda adalah Forgot Pattern. Forgot Pattern merupakan sebuah fitur yang tersedia pada hampir semua perangkat Android, sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Untuk menggunakan cara Forgot Pattern, pertama Anda bisa masukkan pin secara acak di ponsel Anda. Setelah Anda memasukkan pin yang salah, ponsel akan memunculkan tulisan Forgot Pattern di bagian bawah samping panggilan darurat.

Selanjutnya, masuklah ke akun Google yang Anda gunakan dalam ponsel yang terkunci. Terakhir, reset password dan buatlah password baru. Anda mungkin perlu melakukan restart ponsel untuk memastikan bahwa password baru sudah diterapkan.

Baca juga: Download Snack Video Tanpa Watermark

Cara Menggunakan Panggilan Darurat

Untuk Anda yang tidak pernah menggunakan panggilan darurat, Anda tidak perlu bingung bagaimana cara menggunakannya sebab tampilan dari panggilan darurat sama persis dengan aplikasi dial.

Perbedaan antara dial biasa dengan panggilan darurat adalah Anda hanya bisa menelepon nomor darurat saja disana. Beberapa nomor panggilan darurat yang bisa Anda panggil adalah 110 untuk polisi, 123 untuk PLN, 113 untuk pemadam kebakaran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bila di ponsel Anda tidak terdapat menu panggilan darurat, Anda bisa melakukan panggilan darurat melalui shortcut. Contoh shortcut panggilan darurat yang bisa Anda gunakan adalah klik tombol power lima kali hingga hitungan mundur muncul di layar ponsel Anda.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana cara membuka handphone yang lupa password menggunakan panggilan darurat dan alternatif cara lain yang dapat Anda lakukan bila cara tersebut tidak berhasil. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.