Cek, Cara Membuat Channel YouTube HP/PC Menghasilkan Uang Untuk Pemula Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Membuat Channel YouTube HP/PC Menghasilkan Uang Untuk Pemula disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Membuat Channel YouTube HP/PC Menghasilkan Uang Untuk Pemula.

MataramNews.co.id – Mudahnya akses ke internet mampu membuat banyak orang berminat untuk bisa cara membuat channel atau kanal Youtube. Pada tahun 2022 lalu, situs Tubics memberitakan bahwa ada 51 juta lebih kanal Youtube.

Dengan platform satu ini, kamu bisa membuat konten dengan mudah ke banyak orang. Disamping itu juga, channel Youtube bisa dipakai untuk memperoleh pundi-pundi uang.

Cara membuat Channel Youtube sendiri tidak memerlukan dana. Hanya bermodalkan akun Google saja, maka kamu secara otomatis akan mempunyai akun Youtube sendiri. Akan tetapi, agar bisa berkomentar, memposting konten, ataupun membuat daftar putar, kamu haru membuat kanal Youtube.

Selepas membuat kanal Youtube, kamu bisa subscribe atau berlangganan ke kanal Youtube lain. Tiap video baru yang diposting bakal muncul di area Subscriptions. Kamu bisa juga mendapatkan notifikasi ketika channel yang di subscribe mengunggah konten terbaru.

Seiring waktu berjalan, Youtube justru bertransformasi tidak hanya jadi media hiburan tetapi juga industri yang sangat menjanjikan. Banyak sekali konten kreator sukses yang menerima penghasilan dari Youtube.

Tawaran sukses yang ditawarkan oleh Youtube menjadi banyak orang mencari tau cara membuat channel Youtube. Seperti dikutip cnbcindonesia.com, nyaris sepertiga 3.000 anak berumur 8 hingga 12 tahun di Cina dan Amerika Serikat ingin menjadi Youtuber ketika sudah dewasa nanti.

Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube

Agar bisa menjadi konten kreator sukses, cara pertama yang perlu dilakukan ialah mempunyai kanal Youtube sebagai wadah untuk berkarya. Langkah membuat kanal Youtube sebetulnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa membaca ulasan di bawah ini secara seksama.

1. Cara Membuat Channel Youtube di PC atau Laptop

  1. Langkah pertama yang perlu diperhatikan lebih dulu ialah membuka situs Youtube di browser laptop.
  2. Selanjutnya login memakai akun Google yang kamu miliki.
  3. Pilih opsi akun.
  4. Langkah berikutnya silahkan kamu pilih menu ‘Create a New Channel’ atau ‘Buat Channel’.
  5. Kemudian kamu akan diperlihatkan menu pop up, dan dapat memilih nama kanal sesuai akun Google. Selain itu juga, kamu bisa mengedit nama channel yang akan dibuat.
  6. Ceklist di bagian ketentuan dan syarat, kemudian pilih ‘Buat’.
  7. Selepas channel dibuat, kamu dapat mengganti deskripsi channel, foto profil, serta tautan ke media sosial lainnya.
  8. Selesai, kini kamu sudah dapat memposting video di channel pribadi.

2. Membuat Channel Youtube Melalui Ponsel

  1. Buka aplikasi Youtube yang tersedia di ponsel.
  2. Selanjutnya masuk memakai akun Google yang kamu miliki. Untuk user Android tak perlu login lantaran telah teregistrasi, kamu hanya perlu memilih icon akun yang berada di kanan atas.
  3. Berikutnya klik menu ‘You Channel’. Selepas pop up tersedia, kamu dapat mengisi nama akun.
  4. Kemudian pilih ‘Create a Channel’.
  5. Ganti deskripsi channel, foto profil, serta beri informasi penting lain seperti tautan ke sosial media lainnya.
  6. Selesai.

Cara Membuat Channel Youtube Dengan Nama Usaha atau Nama Lainnya

Cara Membuat Channel Youtube Dengan Nama Usaha atau Nama Lainnya

Letak perbedaan antara channel Youtube bisnis dengan channel Youtube standar ialah di pengelolaan. Di channel bisnis, kamu punya opsi merubah pengelola dan pemilik. Sementara channel Youtube standar dimiliki oleh orang tertentu serta alamat email terdaftar.

Di bawah in iadalah langkah membuat kanal Youtube menggunakan nama usaha ataupun nama lain:

  • Masuk ke Youtube pada situs website atau laptop.
  • Buka channel yang kamu miliki.
  • Pilih opsi membuat channel baru ataupun memakai akun bisnis yang tersedia.
  • Agar bisa membuat channel baru, maka pilih ‘Buat Channel Baru’.
  • Sedangkan untuk membuat kanal Youtube di akun bisnis yang sudah dikelola, maka pilih Bisnis dalam daftar tersebut. Apabila akun tersebut sudah mempunyai channel, kamu tak bisa membuat channel baru. Ketika memilih akun dari daftar, kamu bakal dialihkan ke kanal.
  • Isi semua detail untuk bisa memberi nama di channel baru. Kemudian pilih ‘Buat’. Ini adalah langkah membuat akun bisnis yang baru.
  • Supaya dapat menambahkan pengelola, maka kamu bisa mengikuti petunjuk mengubah pengelola dan pemilik channel.

Tips Mendapatkan Uang Melalui Youtube

Tips Mendapatkan Uang Melalui Youtube

Selain cara membuat channel Youtube, kami juga akan membagikan beberapa tips supaya kamu menghasilkan uang melalui platform satu ini.

Youtube bisa dipakai untuk menghasilkan uang. Lihat saja sejumlah konten kreator kenamaan seperti Dude Perfect, Jimmy Donaldson, hingga Pewdiepie. Mereka bahkan mengawali karirnya di Youtube lalu mengembangkan bisnisnya. Contohnya seperti menjual minuman, makanan, dan juga merchandise.

Ada beberapa langkah bagaimana cara untuk mendapatkan uang melalui Youtube yang bisa kamu pilih.

Apabila kamu mendapatkan penawaran sebuah produk ke penonton yang besar serta konten yang kamu buat relevan dengan pasar sebuah merk. Kemungkinan kamu akan menerima sponsor yang akan membayar kamu agar bisa memasarkan produk lewat video Youtube.

Konten dengan sponsor wajib mencantumkan nama merk yang sudah mengajak kamu untuk bekerja sama. Penerimaan hadiah gratis atau penempatan produk wajib dicantumkan secara jelas kepada semua penonton di deskripsi.

Kalau mencapai kesepakatan, pastikan konten yang kamu buat itu tak melanggar kebijakan Youtube. Lihat ulang kerja sama dan pastikan juga keabsahannya. Dengan begitu, kamu bisa mendapat uang melalui Youtube.

2. Gabung ke Program Partner Youtube

Salah satu syarat untuk bisa gabung dengan program partner Youtube ialah kamu wajib mempunyai 1000 subscribers serta 4000 jam penayangan yang valid pada 12 bulan terakhir.

Apabila channel kamu belum sampai 1000 subscribers, maka kamu belum dapat menghasilkan uang melalui Youtube. Maka dari itu, konsisten membuat konten serta meningkatkan jangkauan channel jadi hal yang sangat penting.

Program ini akan membrikan kreator akses yang lebih luas kepada fitur monetisasi Youtube. Disamping itu juga, ada pembagian hasil melalui iklan yang ditunjukkan dalam konten. Sebelumnya, Youtube bakal meninjau suatu channel agar bisa memastikan konten yang diposting sudah memenuhi semua pedoman dan kebijakan.

3. Jadi Pemasar Afiliasi

Mungkin cara ini adalah cara yang paling mudah agar mendapat uang melalui Youtube, khususnya kalau kamu ingin membuat postingan ulasan produk. Langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Gabung dengan program afiliasi, contohnya Shopee Affiliates Program lalu melamar disana untuk bekerja sama.
  • Selepas diterima, kamu bisa mencantumkan link khusus ke sebuah produk yang bakal ditampilkan dalam video Youtube.
  • Jangan sampai lupa menyertakan produk dalam video kemudian paste tautan afiliasi di deskripsi.
  • Kamu akan mendapat komisi ketika ada orang yang membeli produk tersebut melalui tautan afiliasi.

Satu lagi, jangan lupa memberitahu kepada penonton mengenai afiliasi kamu dengan produk atau merk yang ditampilkan. Pastikan juga menyebut tautan pada deskripsi ketika kamu merekam video.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membuat channel Youtube beserta tips mendapatkan uang melalui platform tersebut. Seluruh proses diatas harus dijalankan sampai kamu menjadi Youtuber. Meski prosesnya tidak mudah, tapi kalau didasari dengan niat berkarya, hasilnya tidak akan membohongi proses. Selamat mencoba!