Cek, Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 Terbaru 2022 & Persyaratanya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 Terbaru 2022 & Persyaratanya disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 Terbaru 2022 & Persyaratanya.

pdamtirtasukapura.co.id – Salah satu program pemerintah yang banyak diminati oleh masyarakat di negeri ini adalah Kartu Prakerja. Tujuan dari dibuatnya kartu prakerja ini untuk mengembangkan skill atau kemampuan seseorang khususnya kalian yang ingin mencari pekerjaan. Tentu saja banyak kelebihan jika kalian mendaftarkan diri ke program pemerintah tersebut.

Seperti memberikan pelatihan khusus, meningkatkan kualitas SDM di indonesia, membantu perekonomian rakyat, hingga mendapatkan peluang kerja lebih mudah dari sebelumnya. Namun, masih banyak kalangan pengguna yang masih belum paham bagaimana cara daftar kartu prakerja tersebut. Sebelum masuk ke pembahasan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan didalamnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja sangat mudah, dan semua orang bisa mengikutinya. Namun, untuk beberapa tokoh penting seperti polisi, TNI, DPR hingga orang yang menerima bantuan dari pemerintah tidak bisa mengikuti program tersebut. Oleh karena itu, untuk kalian yang penasaran dan ingin mengetahui Cara Daftar Kartu Prakerja tersebut. Silahkan simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Kartu Prakerja

Apa itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah program pemerintah yang dibuat untuk masyarakat di negeri ini dimulai dari tahun 2020. Sampai saat ini, hampir dua tahun berjalan banyak dari kalangan pengguna yang sudah lulus dari program tersebut. Banyak dari mereka yang merasakan dampak dari kartu prakerja tersebut dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Setelah para anggota berhasil mengikuti program tersebut maka akan dibagikan kartu prakerja.

Seperti yang sudah dijelaskan jika kartu prakerja ini merupakan program pemertintah yang bertujuan untuk bisa mengembangkan bakat generasi bangsa di usia mudah. Tentu saja agar bisa memiliki kemampuan serta ketrampilan yang lebih baik lagi. Dengan begitu, maka mampu bersaing di dunia kerja karena telah mengantongi skill yang didapatkan dari program tersebut.

Dan di akhir tahun 2019 kemarin, dunia telah di hebohkan dengan adanya Covid-19 yang membuat ekonomi dunia menjadi lumpuh termasuk Indonesia. Akhirnya, program ini dijalankan lebih cepat dari rencana yang telah di bangun, agar bisa memperbaiki perekonomian di negeri ini. Dengan adanya kartu kerja tersebut juga bisa membantuk para pekerja yang di PHK.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Banyak dari masyarakat indonesia yang mencoba untuk bergabung dengan mengikuti program pemerintah tersebut. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan kalian untuk mengembangkan skill yang di miliki. Sehingga persaingan di dunia kerja pun bisa di atas jika kalian memiliki skill serta kartu prakerja tersebut. Namun, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat daftar kartu prakerja tersebut. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Warga Negara Indinesia atau WNI
  • Memiliki KTP dan wajib berusia 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan misalnya sekolah atau kuliah
  • Berusia produktif serta prakerja yang ingin mencari pekerjaan khususnya untuk korban PHK
  • Wirausaha
  • Bukan seorang Aparatur Sipil (ASN), TNI, Polri, DPR, DPRD, BUMN, atau BUMD
  • Tidak menerima bantuan pemerintah lainnya, misalnya BPUM, BLT, dan sebagainya
  • Dalam satu KK (kartu keluarga) hanya boleh mendaftar 2 NIK saja

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan untuk mendaftar kartu prakerja tersebut. Maka kalian bisa melakukan pendaftaran secara langsung. Oleh karena itu, silahkan simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Perlu kalian ketahui, bahwa program pemerintah ini tidak selalu ada setiap minggu atau setiap bulannya. Karena, program prakerja dibuka secara berkala, dan kalian wajib update dan memantau berita mengenai kabar dari program tersebut. Melalui situs resminya atau dari akun Instagram prakerja.

Dan jika gelombang pendaftaran baru dibuka, kalian sudah bisa mengikuti nya secara langsung dan mendaftarkan diri sebagai penerima kartu prakerja. Lantas bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Membuat Akun

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu ke situs resmi prakerja tersebut. Kalian bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke situs resmi program prakerja.go.id
  2. Dan masukkan data diri kalian seperti nama lengkap, email dan password di kolom yang telah disediakan
  3. Setelah itu, klik Daftar untuk melanjutkan proses
  4. Tunggu beberapa saat dan kalian sudah berhasil membuat akun prakerja tersebut dan nantinya bisa dibukan untuk mendaftar ke gelombang selanjutnya

Mendaftarkan Diri

Langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan diri ke program tersebut. Dan kesempatan ini hanya ada sekali saja oleh karena itu, kalian tidak boleh menyia-nyiakan nya begitu saja. Silahkan siapkan KTP terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri. Simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan isi kolom KTP serta nomor NIK
  2. Dan lakukan verifikasi NIK >> Klik Berikutnya
  3. Silahkan unggah KTP dan foto kalian dengan KTP tersebut
  4. Lalu, masukkan nomor hp serta lakukan verifikasi
  5. Jika sudah terisi, klik Kirim
  6. Langkah selanjutnya, akan ada beberapa pertanyaan misalnya Apakah Sudah Pernah Bekerja Sebelumnya? Serta beberapa pertanyaan lainnya seperti hal yang bersifat pribadi, hingga yang berhubungan dengan dunia pekerjaan
  7. Kalian bisa menjawab semua pertanyaan diatas dengan jujur

Lakukan Tes, seleksi, dan kelolosan

Cara Daftar Kartu Prakerja selanjutnya adalah dengan melakukan tes, seleksi, serta kelolosan. Jika kalian berhasil lolis dan akan ada sebuah tes minat serta bakat yang dilakukan secara online. Setelah selesai, kalian bisa melakukan seleksi batch yang bisa dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan serta domisili.

Kalian bisa memeriksa keseluruhan data yang dikirimkan dengan baik dan benar. Kalian juga bisa melanjutkan langkah pendaftaran selanjutnya. Jika sudah, pastikan untuk tunggu prosesnya sampai pihak mereka memberikan keputusan nanti.

Dan jika berhasil lolos tes, kalian bisa mendapatkan pemberitahuan di akun prakerja serta periksa batch, periode serta area yang ditentukan apakah benar atau tidak. Dan setelah semuanya benar, kalian bisa klik Gabung. Kalian bisa menunggu untuk mengikuti program pelatihan yang telah disediakan.

Menerima Insentif

Dan jika kalian sudah menyelesaikan semua program pelatihan tersebut, dan masing-masing anggota bisa mendapatkan nilai tertentu yang nantinya diberikan untuk menilai kinerja. Serta insentif pun bisa kalian dapatkan jika pelatihan telah selesai. Selain itu, bisa memberikan nilai tentang pelatihan yang sudah di selesaikan untuk mendapatkan biaya survey.

Pasalnya, besar kecilnya insentif bisa kalian lihat didalam halama dashboard pada akun praketja serta insentif ini nantinya bisa kalian cairkan secara berkala. Dan insentif bisa dikirimkan melalui rekening bank atau E-wallet. Karena akan disesuaikan dengan nama atau NIK penerima program tersebut.

Sebenarnya proses pendaftaran kartu prakerja sendiri bisa kalian lakukan dengan mudah, namun pastikan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan oleh program tersebut. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah untuk lolos ketika mendaftarkan diri secara langsung.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa kami share mengenai Cara Daftar Kartu Prakerja yang bisa kalian terapkan sekarang juga, patuhi syarat dan ketentuan untuk mendaftarkan diri ke program prakerja tersebut. Jika berhasil, maka kalian bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Semoga apa yang kami share bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.