Cek, Cara Daftar BLT BBM 2022 Lewat HP Secara Online Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Daftar BLT BBM 2022 Lewat HP Secara Online disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Daftar BLT BBM 2022 Lewat HP Secara Online.

Imigrasilampung.co.id – BLT BBM Ketenagakerjaan merupakan salah satu program terbaru dari pihak pemerintah, dimana untuk program ini pemerintah berharap agar semua mesyarakat berpartisipas dalam memahami cara daftar BLT BBM. Karena dengan demikian, kamu bisa memiliki peluang yang cukup besar dalam menerima bantuan uang tunai yang diberikan pada program tersebut.

Melakukan cara pendaftaran terhadap program BLT BBM Ketenagakerjaan yang seperti ini, tentu bisa dilakukan oleh siapapun itu dengan sangat mudah. Terlebih untuk sekarang ini semuanya bisa dilakukan secara online, dan mimin juga sudah menyediakan semua cara pendaftaran BLT BBM tersebut dengan sangat lengkap melalui artikel yang mimin bagikan kali ini.

Apa itu BLT BBM?

Cara-Daftar-BLT-BBM

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama mungkin kamu perlu tahu terlebih dahulu, mengenai hal apa yang dimaksud dari BLT BBM Ketenagakerjaan. Pasalnya program bantuan sosial yang semacam ini masih sangat baru, sehingga mimin yakin bahwa banyak diantara kamu yang masih belum mengetahuinya.

BLT BBM adalah salah satu bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masalah pada krisis ekonomi yang dialami oleh setiap individu masyarakat. Untuk besaran BLT BBM yang diberikan yaitu 600.000 ribu rupiah untuk setiap orangnya dan diberikan secara bertahap dalam dua kali pembayaran.

Terdapat dua jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah, yakni BLT Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan BLT untuk warga kurang mampu.

Untuk BLT Bantuan Subsisi Upah (BSU) sendiri dibuat oleh Kemnaker, sedangkan untuk BLT kepada orang tidak mampu dibuat oleh Kemensos. Kedua BLT ini diberikan khusus dalam rangka kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sekarang ini sedang mengalami kenaikan.

Lantas dengan kamu memahami cara daftar BLT BBM, maka kamu memiliki peluang yang cukup besar dalam mendapatkan uang dari program BLT ini. Oleh sebab itu mimin akan menjelaskan kepada kamu, mengenai cara mendaftar sebagai calon penerima BLT BBM dengan mudah dan akurat.

Berikut Kriteria Masyarakat yang Berhak Menerima BLT BBM Subsidi

Bantuan-Sosial-Terbaru-600-Ribu-Begini-Cara-Mendapatkannya

Tujuan dari dibuatnya sebuah program bantuan sosial, tentu berguna agar masyarakat kalangan menengah dan kalangan kebawah dapat terbantu. Uang yang di dapat dari adanya program bantuan tersebut, tentu akan sangat berguna untuk membeli beberapa kebutuhan hidup yang kamu perlukan.

Sehingga dalam hal ini, ada beberapa kriteria masyarakat yang memang dapat perhatian khusus untuk menerima bantuan sosial seperti ini. Kamu dapat memanfaatkannya program ini sekarang juga, khususnya buat kamu yang terkena dampak dari kenaikan BBM yang kita rasakan seperti sekarang ini.

Dengan demikian pemerintah sudah membuat satu ketetapan, guna memilih masyarakat yang berhak menerima BLT BBM. Dan itu semua sudah ditulis, dalam ketetapan kriteria masyarakat yang semestinya menerima bantuan sosial dari pihak pemerintah yang ada di tahun 2022 ini.

Setidaknya ada beberapa kriteria masyarakat yang memang sudah ditetapkan kepada warga Indonesia untuk menerima bantuan sosial tersebut. Jadi langsung saja kamu simak semua jenis-jenis kriteria tersebut, melalui sebuah daftar lengkap yang sudah mimin sediakan dalam ulasan berikut :

  1. Harus menjadi warga negara Indonesia (WNI) yang sudah dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Bukan termasuk atau tergolong pada jajaran aparatur sipil negara (ASN), TNI, atau Polri.
  3. Peserta yang memang aktif mengikuti sebuah program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.
  4. Setidaknya peserta atau calon penerima selalu mendapatkan gaji paling banyak sebesar Rp3,5 juta.
  5. Jika sampai sekarang tidak memiliki pekerjaan tetap, peserta akan termasuk dalam kategori miskin dan harus tercatat datanya.

Dengan menyimak semua kriteria yang dibutuhkan tersebut, maka mulai sekarang juga kamu akan mengerti masalh dibuatnya daftar kriteria yang semacam ini. Oleh sebab itu kamu perlu memperhatikan semua kebijakan yang sudah ditentukan, agar kamu nanti bisa lebih paham lagi dengan adanya program bantuan sosial.

Begini Cara Daftar BLT BBM Secara Online

Simak-Dan-Ikuti-Cara-Daftar-BLT-BBM-Secara-Online

Cara daftar BLT BBM 2022 tanpa aplikasi, untuk sekarang ini memang menjadi sebuah tips yang sangat dicari oleh kebanyakan orang. Pasalnya dengan mendapatkan bantuan tersebut, tentu semua orang bisa memperbaiki masalah ekonomi yang mungkin terasa sulit semajak naikny harga BBM.

Walaupun anggaran yang akan diterima oleh masing-masing orang hanya sebesar 600 ribu, namun menurut mimin itu sudah termasuk cukup membantu. Terlebih kamu nanti masih bisa mengikuti beberapa program lainya yang sudah pasti akan lebih bermanfaat lagi buat kamu nantinya.

Nah, setelah kamu mengetahui tentang semua syarat-syarat atau kriteria yang dibutuhkan, maka kamu pun bisa segera melakukan proses pendaftaran. Untuk proses pendaftaran ini bertujuan, agar data diri kamu sebagai masyarakat Indonesia yang berkat mendapat bantuan bisa langsung terdata.

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh pihak pemerintah sekarang ini adalah proses pendaftarannya yang nantinya bisa kamu lakukan secara online. Tapi supaya bisa lebih jelas lagi, kamu sekaran dapat mengikuti sebuah langkah-langkah daftar BLT BBM tersebut di dalam tutorial berikut.

Cara Daftar BLT BBM Secara Online:

  1. Tahap awal silahkan download aplikasi Cek Bansos di HP.
  2. Setelahnya lanjut untuk Masuk ke dalam Akun yang sudah dimiliki.
  3. Jika belum kamu bisa daftar dengan memasukkan data-data pribadi semacam nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, nama lengkap sesuai KTP, alamat sesuai di KTP nomor ponsel, email, username, password, foto KtP dan swafoto bersama KTP
  4. Silahkan lanjut dengan mengklik ‘Buat Akun Baru’ kemudian aktivasi akun melalui email.
  5. Apabila akun sudah terdaftar, kamu bisa memasukkan username dan password yang sudah dibuat, dan klik ‘Login
  6. Berikutnya kamu klik pada bagian simbol orang atau ‘Daftar Usulan, lalu ‘Tambah Usulan
  7. Masukkan data seperti nomor KK, nama lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan foto KTP beserta foto rumah tampak depan. Untuk lebih mudahnya kamu bisa mengisi semua form yang sudah disediakan di tampilan layar aplikasi.
  8. Lanjutkan dengan mengklik opsi ‘Tambah Usulan
  9. Dan nantinya Kemensos akan memverifikasi dan ketika kamu sudah memenuhi syarat akan dihubungi lebih lanjut.

Sebelum melakukan proses pendaftaran, disini mimin menyarankan kepada kamu untuk membuat akun terlebih dahulu ke dalam aplikasi yang mimin rekomendasikan. Karena disaat kamu sudah memiliki akun, maka proses daftar BLT BBM yang kamu lakukan akan menjadi lebih mudah.

Begini Cara Mudah Untuk Mengecek Bansos BLT BBM

Begini-Cara-Mudah-Untuk-Mengecek-Bansos-BLT-BBM

Kamu yang memang sudah masuk dalam kriteria calon penerima bansos dan sudah berhasil melakukan proses pendaftaran, maka bisa langsung mencetak hasil dari penerima Bansos tersebut. Untuk prosesnya tersebut mungkin akan berlangsung sampai beberapa hari, dan untuk hasilnya perlu kamu tak sendiri.

Buat kamu yang ingin mengecek apakah kamu terpilih menjadi penerima bantuan Bansos, maka kamu dapat mencari tahunya secara online. Kamu dapat mengeceknya tanpa perlu menggunakan aplikasi, dimana hal tersebut akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk menerimanya.

Pemerintah sudah menyediakan sebuah layanan untuk mencari tahu tentang hasil penerima Bansos BLT BBM yang nantinya bisa diakses melalui HP yang kamu punya. Tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam mengeceknya, karena tampilan dari situs yang disediakan oleh pihak pemerintah sangat sederhana.

  1. Langkah awal kamu buka dulu sebuah layanan browser dengan masuk ke dalam laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Berikutnya kamu masukan data wilayah penerima yang biasanya terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan serta desa.
  3. Jika sudah, silahkan kamu masukkan nama sesuai KTP.
  4. Masukkan juga kode Captcha yang biasanya ada 8 digit huruf.
  5. Setelah data yang dimasukkan sudah benar, kamu dapat mengklik tombol Cari Data dan klik.
  6. Ketika nama kamu muncul, maka nantinya kamu sudah terdaftar sebagai keluarga atau seseorang yang berhak penerima manfaat dalam DTKS dan juga berhak untuk mendapatkan BLT BBM sebesar Rp 600 ribu.

Semua proses dalam melakukan pengecekan tersebut pasti bisa kamu lakukan dengan mudah, dan tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Nantinya kamu hanya perlu menunggu beberapa saat, sampai nantinya data diri yang ingin kamu harapkan keluar dari informasi pemerintah.

Simak Juga :