Cek, Cara Buat Grup Whatsapp – Pinhome Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Buat Grup Whatsapp – Pinhome disini tempatnya. Baca artikel tentang Cara Buat Grup Whatsapp – Pinhome.

Whatsapp atau Wa merupakan salah satu aplikasi sosial media terpopuler saat ini. Banyak fitur keren yang tersedia di dalamnya, salah satunya yakni grup. Meski menjadi aplikasi populer, ternyata masih banyak penggunanya belum tau cara buat grup whatsapp.

Padahal jika pengguna tau, cara buat grup whatsapp bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi langsung. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari fitur grup, seperti untuk membuat komunikasi lebih mudah dengan beberapa orang sekaligus dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur grup whatsapp, anda bisa mengumpulkan beberapa orang baik yang ada di kontak atau luar kontak dalam satu room dengan tujuan, kepetingan dan urusan yang sama. Seperti misalnya grup sharing, grup belajar online, dan masih banyak lagi.

Di dalam grup whatsapp juga terdapat banyak fitur keren, seperti fitur untuk mengganti foto profil grup, deskripsi grup, nama grup, menjadikan anggota lain sebagai admin bahkan mengeluarkan anggota grup. Bahkan yang paling keren, anda bisa saling video call bareng.

Di whatsapp juga anda bisa menambahkan banyak anggota grup, yakni sekitar 256 orang. Meski terbatas dengan jumlah, grup whatsapp sudah cukup digunakan untuk berbagai hal. Nah jika anda bingung bagaimana cara buat grup whatsapp baru, simak langkahnya dibawah ini.

Syarat Membuat Grup Whatsapp

Meski cara buat grup whatsapp sangatlah mudah, namun ada beberapa syarat yang perlu anda perhatikan saat ingin membuat grup wa baru. Meski agak sedikit terbatas, namun syarat tersebut perlu anda semua ikuti. Adapun syaratnya yakni sebagai berikut:

  • Dilarang membuat grup yang menyangkut hal2 ilegal
  • Grup maksimal hanya 256 orang
  • Maks 25 karakter untuk judul
  • Bisa video call ke sesama grup, namun hanya 5-6 anggota saja
  • Dan lain sebagainya

Itulah beberapa syarat sebelum anda bmembuat grup whatsapp. Setelah anda mengetahui beberapa hal diatas, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut simak cara buat grup whatsapp dibawah ini untuk perangkat Android dan juga iPhone.

Cara Buat Grup Whatsapp Baru

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, cara membuat grup whatsapp baru sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa step saja dan grup wa sudah bisa langsung dibuat dan digunakan sebagaimana mestinya. Berikut langkah-langkahnya:

Di Android

Bagi pengguna Android, cara buat grup whatsapp baru tergolong lebih mudah dan juga simpel. Karna memang kebanyakan pengguna whatsapp sendiri ialah pengguna Android. Namun tidak sedikit juga pengguna Android yang tidak tau hal tersebut.

Baca Juga: Cara Broadcast Whatsapp

Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  1. Pertama buka aplikasi Whatsapp
  2. Setelah itu, klik Titik Tiga pada bagian pojok kanan atas
  3. Kemudian klik Grub Baru cara buat grup whatsapp baru
  4. Lanjut dengan memilih siapa saja yang ingin anda masukan ke grup
  5. Pada tahap selanjutnya, silahkan beri nama dan juga foto grup yang di inginkan cara buat grup whatsapp baru di android
  6. Terakhir, klik centang yang berwarna hijau
  7. Selesai

Di iPhone

cara buat grup whatsapp baru di iphone

Secara teknis, cara buat grup whatsapp di iPhone sama seperti pada Android. Hanya saja ada sedikit perbedaan terutama dari segi menu dan juga menu pengaturannya. Bagi pengguna iPhone, membuat grup whatsapp bisa anda lakukan dengan mudah pada langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Kemudian masuk ke tap Chat
  3. Lanjut dengan klik Create New Grup
  4. Setelah itu, pilih siapa saja yang ingin anda masukan ke grup lalu klik Next
  5. Tahap selanjutnya, silahkan beri nama grup dan juga foto nya
  6. Jika sudah, klik Create pada bagian pojok kanan atas
  7. Pada tahap ini anda telah berhasil membuat grup wa
  8. Selesai

Cara Invite Grup Melalui Link

Banyak fitur keren yang ada di grup wa, salah satunya yakni dapat menginvite anggota lain melalui link. Dengan metode ini, anda bisa memasukan anggota lain tanpa perlu menyimpan nomor hp nya terlebih dahulu. Jadi pengguna lain secara otomatis bisa masuk langsung.

Baca Juga: Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Untuk langkahnya pun tergolong sangatlah mudah, yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Lalu masuk ke grup yang udah anda buat tadi
  3. Klik Undang via tautan / link
  4. Pilih Kirim tautan via WhatsApp, Salin tautan lalu Bagikan link tersebut ke media sosial lain
  5. Selesai

Fitur invite melalui link grup ini sangat penting sekali untuk mengundang para anggota lain. Bahkan dengan ada nya fitur ini, merekrut anggota lain jauh lebih mudah dan juga simpel. Dengan invite melalui link juga jauh lebih cepat saat merekrut member anggota lain.

Cara Mengganti Nama Dan Foto Grup Wa

Jika suatu kondisi anda ingin menganti nama ataupun foto pada grup wa, pihak whatsapp sendiri sudah menyidakn menunya untuk para penggunanya lakukan. Meski langkahnya tergolong simpel, tapi masih banyak penggunanya yang belum mengetahui hal ini.

Bagi anda yang juga belum mengetahui bagaimana langkahnya, simak caranya berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Whatsapp
  2. Kemudian klik grup yang telah dibuat
  3. Lanjut dengan tap menu tiga titik pada bagian atas
  4. Setelah itu pilih opsi Info Grup
  5. Lalu tap menu berbentuk logo pensil untuk mengganti nama pada grup
  6. Untuk mengubah foto, tap pada ikon foto
  7. Selesai

Pada tahap ini, foto dan juga nama pada grup anda akan secara otomatis terganti sesuai dengan yang ingin anda ganti. Perubahan tersebut juga akan terlihat oleh semua anggota grup secara langsung, bahkan notif perubahannya juga akan tampil di chat grup.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara buat grup whatsapp, bagaimana sangat mudah bukan? Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi jika dilain waktu ingin membuat grup wa baru. Karna anda bisa melakukannya dengan mudah melalui langkah diatas.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna aplikasi whatsapp lainnya dapat mengetahui beberapa hal diatas dengan sangat mudah. Terimakasih