Cek, Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Gaming, Aplikasi Berat & Kerja Cepat Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Gaming, Aplikasi Berat & Kerja Cepat disini tempatnya . Baca artikel tentang Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Gaming, Aplikasi Berat & Kerja Cepat .

Banyak pekerjaan tapi komputer atau laptop Anda malas dan membuat Anda pemarah? Berhenti menyalahkan laptop Anda, coba baca dan ikuti cara penyelesaiannya agar laptop Anda tidak lemot di Windows 10 dari arena selanjutnya.

Terkadang kita menjadi sangat kesal dan emosional ketika kita membutuhkan laptop untuk melakukan sesuatu tetapi laptop kita lemot dan sering error.

Tentunya jangan sampai itu terjadi jika kita sudah dikejar jalan buntu. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengatasi hal ini sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Disini rena mengajak anda untuk menyiasatinya agar laptop atau komputer anda bisa digunakan dengan lancar tanpa masalah lemot dll. Inilah solusinya.

Kenali dulu spesifikasi laptopnya

Cara agar laptop tidak lemot

Agar laptop kita selalu basic dan mudah digunakan, ada banyak hal yang harus kita lakukan, agar laptop kita selalu bisa diandalkan.

Namun terlebih dahulu kita harus mengetahui spesifikasi laptop tersebut, karena jika kita memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi namun masih lemot, bisa jadi karena masalah software.

Dan jika laptop Anda memiliki spesifikasi rendah atau kentang goreng, maka masalah ini disebabkan oleh perangkat keras dan juga perangkat lunak.

Jadi ada situasi yang berbeda, dan kita perlu memahaminya, apalagi Anda adalah orang yang tidak terbiasa dengan masalah komputer.

Jadi perlu kalian ketahui bahwa spek standar memiliki RAM minimal 4GB karena RAM diperlukan untuk multitasking.

Disini kita akan membahas keduanya secara sederhana agar anda tidak pusing. Lalu apa saja cara-caranya? Lihat selengkapnya di bawah.

Artikel lainnya:

Tips dan cara agar laptop tidak lemot di Windows 7,8,10

Setelah kita mengetahui spesifikasinya, berarti Anda sekarang sudah paham apa sebenarnya masalah itu. Jadi mari kita terapkan saja laptop yang lambat.

1. Periksa dan matikan operasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek proses mana saja yang sedang berjalan pada sistem, biasanya ada proses yang membebani CPU dan RAM yang sangat tinggi.

Tentunya proses yang membebani CPU dan RAM sangat mempengaruhi kinerja laptop.

coba buka Pengelola tugas dengan cara Klik kanan pada bilah tugas lalu pilih Pengelola tugas

Kemudian Anda melihat proses yang sedang berjalan, apakah ada proses yang memakan kinerja CPU atau RAM.

Jika suatu proses sangat memengaruhi kinerja, Anda dapat menghentikannya secara paksa dengan: Klik kanan Dalam proses kemudian pilih Akhiri proses

Pengelola tugas

Namun Anda juga harus memperhatikan prosesnya, jangan sampai salah menghentikan proses sistem windows, hentikan saja proses aplikasi tambahannya.

2. Hapus cache

setelah itu kamu coba proses pembersihan cache laptop Anda terlebih dahulu, dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik Baru-baru ini Kemudian hapus semuanya dengan menekan tombol Ctrl + a Kemudian tekan tombol Shift + Hapus pada keyboard.

Kemudian lakukan cara di atas lagi dengan mengetik %sementara% Jika sudah, lakukan lagi seperti di atas dengan mengetik sementara.

Hapus cache

Mengapa 3 cara? Karena semua cache benar-benar terhapus dan akan mengurangi beban pada laptop.

Dan hapus juga file-file yang ada di recycle bin, karena merupakan sampah yang membebani laptop anda.

3. Hapus atau hapus instalan program

Selain itu, untuk cara agar laptop Anda tidak lemot di Windows 10, Anda juga bisa meng-uninstall program yang sangat besar dan juga aplikasi yang tidak terpakai.

Jadi ada baiknya untuk meninggalkan hanya aplikasi yang sering kita gunakan, agar tidak membebani laptop Anda.

Bagaimana Anda menekan tombol? jendela atau Klik Mulai Kemudian ketik dan klik papan kontrol dan pilih Instal programnya.

Setelah itu Anda akan melihat program yang diinstal, dan Anda juga dapat melihat ukuran totalnya. Sekarang Anda memilih mana yang ingin Anda hapus.

Coba hapus program ukuran besar, karena sangat merepotkan di laptop Anda.

4. Pemeriksaan dan penghapusan virus

Jika cara diatas tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah scan dan scan virus di laptop anda.

Karena virus adalah parasit yang selalu mengganggu pengguna laptop, tapi biasanya jendela antivirus bawaan sebenarnya sangat bagus.

Jadi Anda cukup memindai saja. Klik Mulai Memilih Pengaturan dan pilih Pembaruan dan keamanan dan pilih keamanan jendela dan pilih Menu Perlindungan virus dan utas.

Kemudian Anda dapat menjalankan pemindaian dengan Windows Defender. Tapi biasanya butuh waktu sedikit lebih lama.

Usahakan untuk tidak menggunakan program antivirus tambahan, karena terlalu memberatkan pengoperasian di laptop Anda.

Cukup gunakan Windows Defender sebagai antivirus bawaan Anda, karena sudah terpasang dan andal.

5. Restart laptopnya

Setelah menghapus cache, program, dan memindai virus, coba mulai ulang, untuk menormalkan proses sistem yang gagal saat startup.

Biasanya ini adalah kesalahan sistem yang membuat laptop Anda lambat.

6. Atur Ulang atau Instal Ulang

Cara selanjutnya agar laptop windows 10 kamu tidak lemot adalah dengan melakukan reset atau install ulang windows.

Untuk melakukan reset bisa melalui Setting, buka menu Setting, pilih Update & Security, lalu pilih Recovery, dan lakukan reset. Namun sebelum itu, Anda harus mem-backup data di direktori C terlebih dahulu.

Dengan mengatur ulang pengaturan berjamur ke keadaan semula, semua aplikasi dihapus.

Namun nyatanya, akan lebih baik Anda install ulang saja, karena dengan install ulang otomatis, semua setting dan aplikasi akan terhapus dan laptop akan kembali seperti baru lagi.

Sebelum install ulang, backup dulu datanya di disk lokal C ke direktori lain, sehingga data Anda tidak hilang saat instalasi.

Instal ulang

Jika masih tidak bisa, disarankan untuk melakukan upgrade kecil-kecilan pada laptop kita, apa yang harus saya upgrade? Periksa di bawah.

7. Tambahkan RAM

Tambahkan RAM

Menambahkan RAM adalah solusi yang sangat jelas dan masuk akal, karena semakin banyak RAM, semakin lancar laptop kita dapat digunakan.

RAM sangat dibutuhkan dalam hal multitasking, karena Anda dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa masalah atau perlambatan.

Dan sangat disarankan untuk menambah RAM, apalagi jika laptop anda memiliki RAM yang kecil,

8. Mengganti hard drive dengan SSD

penggantian SSD

Saat ini banyak sekali laptop baru di luar sana yang menggunakan SSD sebagai penyimpanan utamanya.

Mengapa harus SSD? Karena SSD sangat direkomendasikan untuk kebutuhan dunia komputasi dan game berat guna mempercepat proses pembacaan data.

Tidak seperti hardisk yang jauh lebih lambat dari SSD, dengan mengganti hardisk anda menjadi SSD, anda akan mendapatkan perubahan yang besar.

Tetapi SSD juga memiliki harga yang relatif tinggi, tetapi semuanya sepadan dengan apa yang ditawarkannya.

saran Bagi kami, beli SSD 120GB saja, untuk sistem operasi atau penyimpanan sistem, untuk mempercepat proses Windows.

Dan gunakan hard drive sebagai penyimpanan sekunder atau Anda dapat menggunakannya sebagai hard drive eksternal dengan membeli adaptor.

Artikel lainnya:

kesimpulan

Untuk mengatasi laptop yang lemot, kita tidak selalu harus menyalahkan software atau Windows atas masalahnya,

Karena bisa juga perangkat bermasalah juga yang membutuhkan upgrade untuk mempercepat dan membuatnya prima kembali.

Nah itulah tips dan saran dari saya agar laptop anda tidak lemot di windows 10 dengan mudah. Coba dan ikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi keluhan laptop lemot.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.