Cek, atp ppkn kelas 8 kurikulum merdeka 2022/2023 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang atp ppkn kelas 8 kurikulum merdeka 2022/2023 disini tempatnya . Baca artikel tentang atp ppkn kelas 8 kurikulum merdeka 2022/2023 .

Atas nama Tuhan Diposting oleh Adzcentral.com. Halo Teman-teman Guru Pendidikan Pancasila tingkat SMP/MTs, mari tetap semangat dalam menyusun Perangkat Pembelajaran Kurikulum Mandiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk postingan kali ini, Adzcentral.com kembali membagikan jurusan yang membantu para guru menyusun satuan pengajaran yang disebut Alur Tujuan Pembelajaran atau disingkat atp PPKN Kelas 8. Jadi apa itu ATP? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kurikulum Mandiri Kelas 8 ATP PKN

Rekan-rekan pembelajar yang terhormat, Alur pembelajaran merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir tahapan. Alur ini tersusun secara linier sebagai urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari

Seperti RPP, namun dilengkapi dengan materi pembelajaran yang berbeda, lembar kegiatan siswa, penilaian untuk mengecek apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran, perangkat pengajaran diharapkan dapat membantu guru mengajar dengan menggunakan metode yang berbeda.

Catatan penting!

• Guru berhak mengatur alur pembelajarannya sendiri, yang terdiri dari serangkaian tujuan pembelajaran.

• Pemerintah menyediakan beberapa perangkat cetak biru untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan oleh satuan pendidikan, dan sebagai pedoman untuk mempersiapkan perangkat pengajaran.

Contoh PPKN atp dari kelas 8

Sesuai judul postingan, Teacher ID membagikan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 8 SMP, Kurikulum Mandiri Revisi 2022 Bab 1 sd Kelas 6. Untuk lebih jelasnya file dapat diunduh pada tautan di akhir dari pos.

Alur dan tujuan pembelajaran dalam konteks pengembangan perangkat pengajaran

Hasil pembelajaran

Pada tahap ini mahasiswa mampu: Menganalisis kronologi lahirnya Pancasila. menelaah fungsi dan kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, mengakui pancasila sebagai ideologi negara; Memahami penerapan Pancasila dalam kehidupan bernegara dari waktu ke waktu; penegasan hubungan antara Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan negara kesatuan Republik Indonesia; dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan menentukan kontribusi Pancasila sebagai way of life untuk memecahkan masalah lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. Memahami periode pelaksanaan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi; Memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia; Memahami dan menyusun peraturan perundang-undangan; Komitmen terhadap pentingnya norma dan aturan, serta menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara. Identifikasi keragaman ras, agama, suku, dan antar golongan dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, kemampuan menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai realitas yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, dan merespon secara proporsional terhadap kondisi lingkungan sesuai dengan yang ada peran dan kebutuhan dalam masyarakat. Memahami kebutuhan mendesak untuk melestarikan nilai-nilai tradisional, kearifan dan budaya lokal; Tunjukkan contoh melestarikan nilai-nilai tradisional, kearifan lokal dan budaya; Menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam melestarikan dan memelihara pengamalan nilai-nilai tradisional, kearifan dan budaya lokal dalam masyarakat global. menetapkan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan yang berwawasan nusantara dalam rangka negara kesatuan Republik Indonesia; Terpeliharanya keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; Mendemonstrasikan perwujudan demokrasi berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh dan praktik kebebasan berekspresi bagi warga negara di era keterbukaan informasi; menetapkan sistem pemerintahan Indonesia, letak, tugas dan wewenangnya, hubungan antar lembaga negara dan hubungan negara dengan warga negara di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan; Penyusunan laporan rangkuman tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas dan wewenang, hubungan antar lembaga negara dan hubungan antara negara dan warga negara.

Pancasila

Mahasiswa mampu menganalisis kronologi lahirnya Pancasila; Mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengakui Pancasila sebagai ideologi negara. Mahasiswa memahami penerapan Pancasila dalam kehidupan bernegara dari waktu ke waktu. Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; Serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai cara hidup untuk memecahkan masalah lokal dan global menggunakan sudut pandang Pancasila.

[Undang-UndangDasarNegaraRepublikIndonesiaTahun1945

Mahasiswa memahami masa berlakunya dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi. Mahasiswa memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Mahasiswa memahami peraturan perundang-undangan dan pengaturannya; Kepatuhan terhadap pentingnya aturan dan norma, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara.

Bersatu dalam perbedaan

Siswa mampu mengidentifikasi keragaman ras, agama, suku, dan antargolongan dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika, serta mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai kenyataan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, dan merespon secara proporsional dengan kondisi di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan mereka yang ada di masyarakat. Siswa memahami kebutuhan mendesak untuk melestarikan nilai-nilai tradisional, kearifan lokal dan budaya; Menunjukkan contoh melestarikan nilai-nilai tradisional, kearifan lokal dan budaya. Mahasiswa menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam melestarikan dan memelihara pengamalan nilai, kearifan, dan budaya tradisional lokal dalam masyarakat global.

negara kesatuan republik indonesia

Mahasiswa mampu mengidentifikasi wilayah negara kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh dan memiliki wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan Republik Indonesia; Mahasiswa turut serta menjaga keutuhan wilayah NKRI. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan perwujudan demokrasi berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta mendemonstrasikan contoh dan praktik kebebasan berekspresi bagi warga negara di era keterbukaan informasi. Mahasiswa mampu mendefinisikan sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, hubungan antar lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya serta pertahanan keamanan. Siswa menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, kekuasaan, hubungan antar lembaga negara, dan hubungan antara negara dan warga negara.