Cek, Apa Itu On Delivery di Shopee dan Apa Keuntungannya? Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Apa Itu On Delivery di Shopee dan Apa Keuntungannya? disini tempatnya . Baca artikel tentang Apa Itu On Delivery di Shopee dan Apa Keuntungannya? .

Samudranesia.id – Selain istilah Pre Order di Shopee, terdapat istilah lainnya yaitu On Delivery di Shopee. Istilah ini merupakan sistem pengiriman di marketplace.

Proses pengiriman On Delivery dilakukan dengan menggunakan jasa ekspedisi antar dalam kota dan luar kota. Untuk biaya pengiriman diluar dari biaya barang yang dipesan, tapi cara bayar nya bisa dijadikan satu saat membayar pesanan.

Pembahasan kali ini, seputar sistem pengiriman yang ada di Shopee, bagaimana cara penggunaannya dan apa saja keuntungan dari On Delivery di Shopee.

Arti On Delivery Di Shopee

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, On Delivery maksudnya dalam pengiriman. Jadi, On Delivery adalah status pengiriman produk yang menandakan kalau pesanan sedang diantar oleh jasa ekspedisi ke rumah pembeli.

Istilah On Delivery di Shopee berguna untuk pembeli mengetahui kondisi pesanannya, apakah pesanannya masih dikemas, sudah di pick up oleh jasa ekspedisi, atau lagi di perjalanan ke rumah pembeli.

Ada dua cara untuk melacak pesanan :

1. Lacak pesanan lewat website jasa ekspedisi

Lacak pesanan lewat website jasa ekspedisi

Anda bisa minta ke penjual atau lihat di rincian pesanan untuk mengetahui berapa nomor resi pesanan dan jasa ekspedisi yang digunakan penjual.

Setelah mengetahui nomor resi pesanan, buka website jasa ekspedisi, Anda bisa buka websitenya dari smartphone atau laptop.

Contoh, penjual memakai jasa ekspedisi J&T Ekspress, tinggal ketik alamat website https://jet.co.id/track atau ketik “cek resi J&T Ekspress”. Nantinya tampilan websitenya seperti berikut :

Contoh, penjual memakai jasa ekspedisi J&T Ekspress, tinggal ketik alamat website

Perhatikan tanda panah merah, kotak tersebut adalah tempat untuk memasukkan nomor resi pesanan, lalu klik kotak SEARCH warna merah.

Setelah itu, akan muncul pop up kode verifikasi, masukkan sesuai kode yang muncul, lalu klik tombol Verification warna merah

Setelah itu, akan muncul pop up kode verifikasi, masukkan sesuai kode yang muncul

Tunggu beberapa menit lalu scroll ke bawah, maka Anda akan menemukan detail posisi pesanan sudah sampai mana. Gambar dibawah adalah contoh detail pengiriman barang yang sudah selesai.

Tunggu beberapa menit lalu scroll ke bawah, maka Anda akan menemukan detail posisi pesanan sudah sampai mana

2. Lacak pesanan lewat Shopee

Lacak pesanan lewat Shopee

Sebelum itu, Anda harus tahu kalau di Shopee ada 4 jenis status pesanan, yaitu belum dibayar, dikemas, dikirim dan diberi penilaian.

Kalau pesanan belum dibayar, maka status pesanan menjadi “belum dibayar”. Jadi Anda harus selesaikan pembayaran (kalau via transfer), kalau beli barang yang COD (cash on delivery) berarti bayar setelah barang sampai.

Setelah menyelesaikan pembayaran, maka status pesanan akan berubah menjadi “dikemas”. Ini berarti, penjual sedang menyiapkan barang pesanan Anda.

Kalau barang sudah dikemas dan penjual sedang proses untuk pengiriman barang, maka status pesanan akan berubah menjadi “dikirim”.

Setelah pesanan sudah sampai, status pesanan akan berubah kembali menjadi “diberi penilaian”, artinya Anda diharuskan memberikan ulasan berupa tulisan, foto, dan video.

Lalu, cara melacak pesanan Anda lewat Shopee sebagai berikut :

  • Masuk ke akun Shopee Anda, lalu buka profil akun. Klik Pesanan Saya
  • Kalau Anda sudah belanja, maka status pesanan akan berada di salah satu dari 4 jenis status pesanan diatas.
  • Klik satu jenis status pesanan, contohnya “Dikirim”, lalu pilih pesanan mana yang mau dilacak.
  • Nanti akan muncul rincian pesanan, lalu klik informasi pengiriman untuk mencari tahu barang pesanan Anda sudah sampai mana.
  • Kalau barang pesanan sudah sampai, status pesanan akan berubah menjadi “Selesai” atau “Beri Penilaian”. Jangan lupa untuk memberikan ulasan, tentang seberapa puasnya Anda dengan barang atau pelayanan dari toko online tersebut.

Ternyata ada satu alasan kenapa sistem On Delivery di Shopee banyak disukai oleh pembeli, yaitu :

  • Bisa pakai voucher gratis ongkos kirim (ongkir)
    Voucher ini berguna agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.
    Karena biasanya pembeli tidak jadi pesan karena biaya pengiriman yang lumayan mahal.
    Bahkan, di beberapa toko online, biaya pengiriman lebih mahal dari biaya barangnya.
    Perlu Anda ketahui, di beberapa kota seperti Kalimantan, walaupun sudah pakai voucher gratis ongkir tetap ada biaya pengiriman yang harus dibayar, mungkin sekitar setengah dari biaya normalnya.
    Tapi kalau berada di satu pulau yang sama dengan penjual, Anda akan benar-benar menikmati yang namanya gratis ongkir.

Perbedaan Antara Cash On Delivery Dan On Delivery Di Shopee

Perbedaan Antara Cash On Delivery Dan On Delivery Di Shopee

Selain On Delivery di Shopee, ada juga istilah Cash On Delivery di Shopee, disingkat COD. Cash On Delivery artinya bayar ditempat.

Maksudnya, Anda bisa membeli barang lebih dahulu, tapi bayarnya setelah barang sampai ke rumah dan uangnya kasih ke kurir atau bertemu pembelinya langsung. Biaya ini termasuk biaya barang dan biaya jasa pengiriman.

Dan perlu diketahui, kalau biaya jasa pengiriman di ekspedisi selalu berbeda. Tergantung berapa jauh jarak antara lokasi pembeli, berapa hari pengiriman dan berat barang.

Bedanya, Cash On Delivery dan On Delivery di Shopee adalah sistem pembayaran dan pengiriman barang yang dilakukan secara langsung antara pembeli dengan penjual, atau pembeli dengan kurir.

Biar lebih paham sistem Cash On Delivery lihat gambar dibawah ini :

Biar lebih paham sistem Cash On Delivery lihat gambar dibawah ini

Beberapa keuntungan dari metode pembayaran COD yang dirasakan oleh pembeli :

  • Pembeli bisa mengetahui dan memastikan lebih dahulu, apakah barang pesanan dalam baik atau buruk.
    Kalau dalam baik maka pembeli bisa langsung bayar. Tapi kalau kondisi pesanannya buruk, pembeli dapat mengajukan pengembalian sebelum di bayar sampai ditukar oleh barang baru yang kondisinya baik.
  • Proses pembayaran yang aman, nyaman dan cukup mudah untuk pembeli yang tidak mengerti cara transfer, tidak sempat transfer, atau tidak punya saldo di bank.
  • Tidak perlu transfer diawal. Ini biasanya dilakukan sama pembeli yang takut dan pengen memastikan kondisi barang dulu, agar uangnya tidak terbang melayang secara cuma-cuma.

Sampai saat ini, metode pengiriman Cash On Delivery atau On Delivery di Shopee masih aman untuk Anda gunakan, asalkan sebagai pembeli harus bijak.

Kalau memang barang yang sampai dalam kondisi buruk, wajib sertakan bukti berupa foto dan video unboxing saat ingin mengajukan refund, jangan langsung komplain sambil marah-marah dan minta barang ditukar cepat atau batalkan pesanan secara sepihak.

Tapi selain keuntungan diatas, ada juga kerugian dari metode pembayaran Cash On Delivery untuk penjual, yaitu :

  • Masih banyak pembeli yang suka tiba-tiba membatalkan pesanan dengan berbagai macam alasan.
    Alasan yang sering dipakai pembeli adalah : pembeli lagi diluar rumah jadinya tidak bisa bayar, ada pembeli yang bohong kalau barang rusak, barang tidak sesuai pesanan, dan lainnya.

Kalau kasusnya sudah seperti ini, penjual akan mengalami kerugian dari biaya produksi, packing, waktu, tenaga, barang tidak laku, tidak balik modal dan lainnya.

Kesimpulan On Delivery Di Shopee

Kesimpulan On Delivery Di Shopee

Dari penjelasan tentang sistem pengiriman On Delivery Di Shopee dan apa saja keuntungannya, bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memutuskan memakai sistem pengiriman yang seperti apa.

Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan simak juga ulasan cara kredit HP di shopee bagi yang belum mengetahuinya. Terimakasih semoga bermanfaat.