Cek, Apa itu Ngabuburit ? Simak Penjelasanya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Apa itu Ngabuburit ? Simak Penjelasanya disini tempatnya . Baca artikel tentang Apa itu Ngabuburit ? Simak Penjelasanya .

samudranesia.id – Apa itu Ngabuburit ? Yuk simak penjelasannya darimana dan apa arti dari ngabuburit itu sendiri serta budaya ngabuburit kita

Marhaban ya ramadhan, gimana puasa hari pertamanya ? Mudah mudahan tetap lancar dan jangan bolong yah. Setiap Bulan Suci ramadhan datang pasti akan ada selalu ada kebiasaan kebiasaan yang kita lakukan salah satunya adalah Ngabuburit. Kalian pasti sudah sering dengar istilah ngabuburit kan, tapi Kalian tau gak sih apa arti dari ngabuburit itu sendiri ?

Nah biar kamu lebih tau kami akan coba bahas tentang apa itu Ngabuburit yah. Istilah ngabuburit sangat kental di telinga kita setiap bulan puasa datang tapi ternyata masih banyak yang belum tahu apa itu ngabuburit ternyata.

Apa Itu Ngabuburit ?

Ngabuburit adalah salah satu kegiatan yang dilakukan ketika menjelang adzan magrib menandakan berbuka puasa. Waktu Ngabuburit sendiri diantara sore hari jam 4 sampai dengan berbuka puasa. Jadi gimana Ngabuburit sore ini mau ada rencana kemana ?

Tapi tungu dulu sebelum ngabuburit kamu harus tau dulu apa arti ngabuburit dan asal muasal kata ngabuburit itu seperti apa. Nah untuk itu silakan cek ulasan berikut ini biar kamu juga tau apa itu ngabuburit.

Asal Muasal Ngabuburit

Ngabuburit adalah istilah yang di ciptakan oleh suku sunda loh ternyata. Dalam kegiatan sehari hari teman teman saudara kita yang berbahaa sunda menyebut ngabuburit berasal ari kata dasar Burit dalam bahasa sunda, Kata Burit sendiri artinya Sore.

Kemudian dari kata dasar Burit di tambahkan kata imbuhan menjadi ngabuburit yang artinya melakukan kegiatan sore hari. Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) sendiri ngauburit dituliskan berasal dari kata kerja dalam bahasa sunda. Dan di sempurnakan artinya menjadi ‘Menunggu adzan Magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan ramadhan.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menisi waktu sore menjelang berbuka puasa atau ngabuburit. tentu setiap tahunnya ada banyak perubahan dalam mengisi kegiatan ngabuburit, Jika dalam 10 Tahun kebelakang kita mengisi ngabuburit dengan jalan jalan sekitaran rumah atau bersepeda maka di era modern ini ada banyak yang bisa di lakukan dan lebih Variatif.

Biasanya ngabuburit jaman sekarang banyak dilakukan di tempat tempat yang aestetic atau nongkrong di tempat rekreasi untuk foto foto atau bikin stories. JJS (Jalan jalan sore) Juga menjadi istilah baru anak anak jaman sekarang loh.

Sebetulnya tidak ada kewajiban khusus mau di isi dengan kegiatan apa dalam nabuburit. Kita boleh mengisi waktu luang sambil ngabuburit dengan hal hal yang positif namun juga jangan lupa selain beli tajil kita juga harus sudah menyelesaikan tugas di rumah seperti membantu orang tua.

Budaya Khas Ngabuburit Di Indonesia Selama Ramadhan Tiba

Ada banya kebiasaan masyarakat kita yang menjadi budaya ketika bulan ramadhan datang. Selain ada pawai obor dengan aneka cosplay yang dilakukan di desa desa ada juga bazar bazar kuliner yang meyediakan sekedar takjil untuk berbuka sampai dengan makanan berat.

Suasana hangat keluarga tentu salah satu yg tidak bisa dilupakan dong, rumah menjadi tempat paling nyaman apalagi ketika ramadhan. Shalat tarawih juga menjadi budaya kita yang berbondong bondong memenuhi masjid setiap malamnya.

Bukber Juga menjadi budaya kita, Bukber atau Buka Puasa Bersama biasanya menjadi ajang silaturahmi antar teman kerabat partner kerja atau komunitas kelompok lainya loh. Dan masih banyak lainya tentang hal hal yang menjadi budaya yang kita lakukan selama ramadhan.

Akhir Kata

Ada banyak hal yng menjadi budaya kita ketika ramadahan datang. Jadi sekarang sudah tahu yah apa itu ngabuburit. Semoga ulasan diatas bermanfaan bagi kita semua dan selamat nabuburit untuk kalian semua dimanapun berada. Penulis ingin mengucakan banyak terimakasih dan sampai jumpa di ulasan kami selanjutnya.