Cek, Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya disini tempatnya . Baca artikel tentang Apa Itu Narasumber Definisi, Contoh Teks Narasumber, Dan Jenisnya .

Samudranesia.id – Jika kamu membutuhkan informasi, kamu dapat menggali informasi yang diperlukan melalui Narasumber. Biasanya wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi pada seorang narasumber.

Peran narasumber di sini penting untuk mengumpulkan data atau informasi. Jadi apa yang dimaksud narasumber?

Bacalah artikel ini untuk mengetahui semua detail mengenai narasumber. Yang pembahasannya mulai dari definisi, tugas, istilah, dan sejenisnya.

Apa Itu Narasumber?

Apa Itu Narasumber

Dalam hakikatnya narasumber adalah istilah umum untuk menyebut seseorang atau organisasi yang dijadikan sumber peroleh informasi serta mengetahui informasi secara eksplisit untuk kebutuhan media.

Seperti yang sudah kami bahas di atas, seringkali wawancara perlu dilakukan untuk memperoleh informasi dari informan.

Wawancara dilakukan untuk mendapatkan pendapat narasumber tentang suatu masalah atau isu yang sudah berkembang. Oleh karena itu, narasumber juga diperlukan untuk mendukung penelitian tersebut.

Untuk memberi kamu pemahaman yang lebih dalam tentang apa artinya menjadi seorang penasihat, berikut adalah beberapa definisi para narasumber tentang penasihat.

Bagong Suyatna

Pengertian narasumber menurut Bagong Suyatna adalah orang yang memberikan segudang informasi yang menjadi informan tentang suatu topik yang di bahas.

Narasumber juga harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang relevan dan memadai. Bukan hanya itu, narasumber sebagai seorang narasumber harus bisa merepresentasikan sudut pkamung yang objektif dan benar.

Kamus Besar Dalam Bahasa Indonesia ( KBBI )

Pengertian narasumber berdasarkan KBBI, petugas sumber adalah sumber yang memberikan ( tampaknya mengetahui atau merupakan bahan sumber ) dari informasi yang dibahas.

Pasal 1 Nomor 13 Permendagri Nomor 33 Pada Tahun 2007

Menurut Pedoman Pengembangan dan penelitian Departemen Di Dalam Negeri Serta Pemerintah Negara Bagian.

Narasumber atau tenaga ahli merupakan orang yang kompeten di bidang pengetahuan atau pengalaman tertentu.

Tugas Seorang Narasumber

Pada hakikatnya Narasumber punya tugas sebagai berikut:

  • Berikan informasi yang jujur ​​berdasarkan fakta, bukan ngarang informasi sendiri.
  • Berikan informasi dan data dari ide atau pengetahuan kamu.
  • Menjelaskan data dan informasi dengan sengaja dan tanpa paksaan agar dapat memberikan informasi yang rinci dan terpercaya.

Persyaratan Narasumber

Agar termasuk menjadi narasumber, kamu harus mengetahui persyaratan berikut yang harus sesuai seorang narasumber:

  1. Mempunyai pemahaman mendalam tentang materi atau topik yang mau dibahas
  2. Bisa menjelaskan informasi dengan cara yang menarik.
  3. Berbicara dengan sopan
  4. Bersikaplah jujur dan objektif
  5. Kemampuan menggunakan teknologi yang sudah maju.
  6. Tepat waktu
  7. Respon cepat
  8. Berkomunikasi dan berinteraksi

Jenis Narasumber

di bawah ini merupakan jenis – jenis dari narasumber yang perlu kamu ketahui jenisnya.

1. Ilmuwan

Jika kita bandingkan dengan sumber lain, akademisi dianggap paling berpengetahuan dalam memberikan informasi kepada pihak  industri mereka.

Seperti jurnalis, ilmuwan juga mencari kebenaran yang masih belum terkuak. Para ilmuwan memiliki minat khusus dalam mengomunikasikan kebenaran yang baru ditemukan.

2. Pejabat

Biasanya istilah pejabat mengacu pada orang yang bekerja di instansi pemerintah.

Pejabat adalah sumber yang tergabung dalam suatu organisasi dan mempunyai wewenang untuk menjelaskan masalah-masalah yang timbul mengenai apa yang dilindungi oleh organisasi tersebut.

Misalnya, Departemen Kesehatan untuk masalah kesehatan atau Kantor Pajak untuk masalah perekonomian.

3. Politisi

Jenis selanjutnya yaitu Politisi adalah orang yang melakukan politik, seperti B. narasumber politik atau politisi yang merupakan tokoh politik dalam bidang pemerintahan.

4. Hubungan Masyarakat

Secara umum, seorang petugas hubungan masyarakat bertanggung jawab untuk menjelaskan informasi serta menciptakan minat atau simpati publik terhadap sesuatu.

Yang membuat orang menerima dan memahami suatu situasi. Biasanya, perwakilan PR sering ditemui di konferensi pers di instansi tertentu.

5. Komunitas Yang Terkena Dampak

Komunitas yang terkena dampak mengacu pada sumber yang membentuk kelompok atau sistem dan berinteraksi di dalamnya. Ada faktor budaya dalam kelompok ini.

Biasanya, mereka yang terkena dampak juga bisa menjadi sumber penghasil informasi yang berguna.

Bagaimana Menjadi Seorang Narasumber Yang Benar

Berkomunikasi di depan audiens, salah satu keterampilan itu adalah bagian narasumber adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Jadi, kamu bisa menggunakan cara berikut agar menjadi sumber yang benar.

1. Lakukanlah Berbagai Macam Riset

kamu harus menarik audiens kamu. Misalnya, kamu dapat memulai percakapan dengan fakta atau statistik menarik tentang topik yang kamu bahas.

Penelitian dan perencanaan juga akan membantu kamu berpikir lebih jernih. Ini penting agar antisipasi hasil atas pertanyaan tak terduga.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh

Tahukah kamu bahwa bahasa tubuh kamu memberi petunjuk kepada pendengar atau lawan bicara kamu tentang keadaan batin kamu? Jika kamu gugup atau tidak percaya dengan apa yang kamu katakan, orang lain akan mengenalinya melalui gerak tubuh atau komunikasi non-verbal kamu.

Jadi, kamu perlu menjaga bahasa tubuh kamu dengan berdiri tegak, bernapas dalam-dalam, menatap mata orang lain, dan tersenyum. Jangan berskamur pada satu kaki dan jangan melakukan gerakan yang terkesan tidak wajar.

3. Ajak Lawan Bicara Atau Audiens Kamu

Saat kamu berkomunikasi, coba agar bisa libatkan audiens. Ini membuat orang tertarik dengan postingan kamu.

Jika bisa, ajukan beberapa pertanyaan yang bisa mengarah pada kelompok atau individu serta dorong agar bisa ajukan pertanyaan dan berpartisipasi.

Contoh Skrip Untuk Moderator

Oke, mari kita bahas tentang narrative text yang bisa digunakan sebagai pembuka workshop atau event untuk orang-orang yang bertindak sebagai moderator:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua, saya dengan hormat mengucapkan selamat kepada kamu dan tamu kamu pada kesempatan ini.

Kami bersyukur telah diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjadi bagian dari acara besar ini, maka hari ini kami mengadakan diskusi panel tentang pentingnya peran agama dalam kehidupan pemuda masa kini.

Di sini, sebagai moderator, saya akan menjelaskan serangkaian tindakan yang akan kami lakukan. Pertama, ini perkenalan dari beberapa pemangku kepentingan, saya Harahap.

Sesi tanya jawab untuk audiens dengan 10 pertanyaan dan diakhiri dengan kesimpulan yang akan saya rangkum sebagai moderator.

Acara ditutup dengan penampilan Band Kasamsida. Baiklah, mari kita mulai dengan panelis, saya akan mengundang waktu dan tempat.

Terima kasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk memaknai materi. Selanjutnya, trading membuka sesi Q&A untuk audiens, jangan ragu untuk bertanya.

Di akhir Q&A ini, dapat kami sampaikan bahwa materi yang dapat kami petik dari pemaparan sebelumnya mengenai pentingnya peran agama dalam pengembangan karakter anak di Indonesia saat ini.

Pada workshop kali ini kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin atas minat dan antusiasnya terhadap workshop warahmatullahi wabarakatuh issalamualaikum

Contoh Skenario Untuk Narasumber

Mengenai contoh source code seminar tentang pentingnya agama bagi pengembangan kepribadian remaja di Indonesia saat ini, dapat kita temukan sebagai berikut:

Terima kasih moderator telah memberi saya kesempatan untuk berbagi apa yang menurut kami relevan saat ini, yaitu pembentukan karakter dan pendidikan agama bagi para pemuda kita di Indonesia.

Hadirin sekalian, salah satu proses pembentukan karakter terpenting terjadi selama masa kanak-kanak dan remaja.

Sayangnya, kenakalan anak di bawah umur saat ini yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat membuat anak-anak kita tidak memiliki karakter positif yang kuat.

Masih banyak anak muda kita yang melakukan perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai agama dan kepribadian, seperti B.

Berkelahi, balapan liar, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, hamil di luar nikah inti. Hal ini sejalan dengan menurunnya semangat dan keimanan kaum muda.

Hal ini menjadikan pendidikan agama dan karakter sangat penting bagi generasi muda karena menjadi benteng bagi mereka di tengah krisis moral saat ini.

Tao sebagai alasan hidup diperlukan setiap manusia karena merupakan sarana untuk menumbuhkan kepribadian yang benar, ada panutan dalam agama yang sangat berguna bagi setiap orang untuk melawan budaya negatif saat ini.

Lanjutan Contoh

Dapat kita simpulkan bahwa keberhasilan pendidikan terletak pada agama dan pembentukan karakter. Pembentukan karakter inilah yang membentuk kepribadian dan moralitas remaja, yang dapat dijadikan modal sosialisasi di masyarakat.

Ini adalah misi yang serius dan menjadi perhatian bagi para pendidik dan orang tua. Itu tidak boleh hanya sebuah esai, itu harus disampaikan dan dieksekusi dengan keunggulan, menjadi positif, bangga, dan berprestasi.

Oleh karena itu, dimanapun dan kapanpun kaum muda harus diberikan pelajaran agama, baik formal maupun informal. Karakter positif ini dapat dibentuk melalui pendidikan agama yang diberikan oleh guru dan orang tua.

Begitulah seiring berjalannya waktu, kepribadian pemuda kita terbentuk, menjadi generasi yang cemerlang dengan ciri-ciri mental yang positif dan istimewa.

Jadi saya mengembalikan presentasi yang saya berikan dalam lokakarya itu kepada moderator untuk sesi tanya jawab.

Sehingga diskusi menjadi bahan diskusi bagi moderator dan pembimbing dalam diskusi.

Bagi kamu yang membaca Ayo Berbagi di Media Sosial, jangan lupa tinggalkan komentar kamu di bawah. Terima kasih telah mengunjungi Kosngosan.

Akhir Kata

Narasumber memainkan peran penting dalam mencari informasi. Jadi jika kamu ditunjuk sebagai nara sumber, maka ini harus dibenarkan dengan benar. Beberapa cara di atas bisa kamu gunakan!