Cek, 8 Tanda Akun Google Kamu Telah Di Hack Simak Disini Informasinya Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 8 Tanda Akun Google Kamu Telah Di Hack Simak Disini Informasinya disini tempatnya . Baca artikel tentang 8 Tanda Akun Google Kamu Telah Di Hack Simak Disini Informasinya .

Samudranesia.id – Akun Google Di Hack, adalah target besar bagi peretas karena mereka membuka begitu banyak peluang. Inilah yang perlu kamu perhatikan.

Hampir semua jenis akun kini menjadi sasaran para peretas. Ini termasuk hal-hal yang jelas seperti akun keuangan kamu tetapi juga akun yang tampaknya bernilai lebih rendah seperti media sosial dan email.

Semuanya berharga karena semuanya bisa dijual kembali di dark web. Akun Google memiliki fitur keamanan yang berguna tetapi karena popularitas layanan, mereka juga menjadi target populer bagi peretas.

Karena Google jelas menyertakan Gmail, banyak peretas yang menguasainya juga berusaha menyembunyikan aktivitas mereka dari pengguna.

Akun Google Di Hack Sudah Populer Dilakukan Peretas

Akun Google Di Hack Sudah Populer Dilakukan Peretas

Akun Google adalah target populer bagi peretas karena hampir semua orang memilikinya. Peretasan yang berhasil memberikan akses ke Gmail dan ini dapat digunakan untuk spam, peniruan identitas, dan akses ke akun tambahan apa pun yang terkait dengannya.

Jika kamu menduga bahwa akun Google kamu telah diretas, penting untuk segera mengubah kata sandi kamu dan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Asalkan kamu masih dapat mengakses akun kamu, tidaklah sulit untuk mengusir peretas darinya.

Akun Google kamu menyimpan banyak sekali data, dan itu menjadikannya target besar bagi penjahat dunia maya. Inilah cara peretas menargetkan akun kamu.

Setiap akun dilengkapi dengan fitur keamanan yang mempersulit pencuri untuk mengaksesnya. Namun, sebagian besar fitur ini bersifat opsional. Hal ini menyebabkan banyak akun yang terbuka lebar untuk pencurian.

8 Tanda Akun Google Di Hack

8 Tanda Akun Google Di Hack

Jika kamu merasa bahwa akun Google kamu telah diretas, inilah yang harus dicari.

1. Kata Sandi Kamu Telah Diubah

Jika kata sandi kamu telah diubah dan kamu tidak bertanggung jawab atas hal itu, ini jelas berarti bahwa akun kamu telah diretas.

Alasan peretas mengubah kata sandi akun adalah karena tindakan itu mencegah pemilik akun yang sah untuk menendangnya. Tetapi bahkan jika kata sandi kamu tidak diubah, ini tidak berarti bahwa akun kamu tidak diretas.

Peretas sering membiarkan kata sandi tidak tersentuh karena memungkinkan mereka menggunakan akun tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Kamu Menerima Peringatan Keamanan Dari Google

Jika akun kamu telah diretas, atau seseorang mencoba meretasnya, Google akan sering mengirimkan peringatan keamanan kepada kamu.

Upaya peretasan mudah dideteksi oleh Google karena peretas biasanya akan mencoba mengakses akun kamu dari perangkat dan alamat IP yang berbeda.

Penting untuk dicatat bahwa peringatan keamanan tidak selalu dikirim ke korban serangan. Ada juga kemungkinan bahwa peringatan keamanan akan dikirim.

Tetapi korban tidak akan membacanya karena orang lain yang mengendalikan akunnya akan segera menghapus peringatan tersebut.

3. Orang Lain Telah Masuk Ke Akun Kamu

 

Setiap kali seseorang masuk ke akun kamu, catatan perangkat dan alamat IP mereka dicatat. Kamu dapat melihat daftar login yang berhasil dengan membuka Gmail. Menggulir ke bagian bawah halaman, mencari Aktivitas akun terakhir, dan mengklik detail .

Terlepas dari apakah kamu menerima peringatan keamanan dari Google atau tidak, ada baiknya memeriksa halaman ini sesekali. Peretas dapat menutupi jejak mereka dengan banyak cara, tetapi mereka seharusnya tidak dapat menyembunyikan aktivitas masuk mereka.

4. Pengaturan Keamanan Kamu Telah Diubah

Jika seseorang meretas akun kamu, mereka mungkin mencoba mengubah pengaturan keamanan kamu. Jika mereka mengubah email pemulihan di akun kamu, mereka dapat menggunakannya untuk mendapatkan kembali akses jika kamu pernah mengubah sandi.

Mereka juga dapat mengubah pertanyaan keamanan kamu untuk tujuan yang sama. Setiap perubahan pada setelan keamanan kamu akan menghasilkan lansiran dari Google.

Tetapi penting untuk diperhatikan bahwa peretas dapat dengan mudah menghapus lansiran ini sebelum kamu membacanya.

5. Kotak Keluar Kamu Memiliki Email Yang Tidak Kamu Kirim

Akun email sering diretas untuk keperluan pengiriman email. Akun email yang diretas dapat digunakan untuk mengirim spam ke ribuan penerima. Jika ini terjadi, kemungkinan Google akan memblokir akun kamu karena mencurigai kamu melakukan aktivitas tersebut.

Akun email yang diretas juga dapat digunakan untuk menyamar sebagai pemilik akun. Ini akan memungkinkan peretas untuk menghubungi orang yang dikenal korban dan meminta informasi atau uang.

6. Kotak Masuk Kamu Memiliki Email Tentang Mengubah Kata Sandi Kamu

Jika seseorang meretas akun Gmail kamu , mereka mungkin mencoba mengakses akun lain yang terhubung dengannya. Bergantung pada apa yang kamu gunakan untuk akun Gmail kamu, ini mungkin termasuk profil bank dan media sosial kamu.

Ini mudah dilakukan cukup periksa akun apa yang kamu miliki dan kemudian kunjungi setiap platform dan minta perubahan kata sandi.

Jika kamu melihat salah satu email ini di kotak masuk kamu, itu bukan hanya bukti peretasan, tetapi juga bukti bahwa peretas mencoba mengambil kendali tambahan.

7. Layanan Lain Telah Diretas

Jika akun perbankan atau media sosial kamu tampaknya telah diretas, kemungkinan masalahnya berasal dari akun Gmail kamu. Kamu mungkin melihat tagihan tidak sah di rekening bank kamu atau aktivitas mencurigakan di akun media sosial kamu.

Meskipun ada banyak cara akun ini dapat diretas, alamat email terkait harus selalu diperiksa secara menyeluruh.

8. Kontak Kamu Menerima Email Dari Seseorang

Peretas sering menggunakan akun email curian untuk menyamar sebagai korban. Mereka mungkin menghubungi orang-orang di daftar kontak kamu dan meminta untuk meminjam uang.

Bergantung pada siapa yang ada dalam daftar kontak kamu, mereka mungkin juga berusaha mendapatkan informasi tentang mereka yang dapat digunakan untuk tujuan phishing.

Meskipun peretas dapat menghapus email yang dikirim, mereka mungkin tidak dapat menghapus tanggapan yang mereka terima. Jika kamu menemukan email di kotak masuk yang merujuk ke percakapan yang tidak kamu miliki, ini adalah indikasi kuat adanya peretasan.

Bagaimana Akun Google Di Hack Oleh Peretas

Bagaimana Akun Google Di Hack Oleh Peretas

Pastinya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara akun google di hack oleh peretas. Berikut ini adalah delapan cara seseorang dapat mencoba meretas akun kamu.

1. Akun Google Di Hack Melalui Email Phising

Email phishing merupakan cara yang sering dilakukan oleh peretas. Mereka tampaknya berasal dari Google tetapi ketika kamu mengklik tautan, kamu dibawa ke situs web yang mencuri kata sandi akun kamu.

Solusi termudah agar mengetahui email phishing yaitu dengan mengecek alamat pengirimnya. Google hanya akan menghubungi kamu menggunakan alamat email yang diakhiri dengan Google. Com.

Jika sebuah email meminta kamu untuk mengunjungi akun Google kamu, ada baiknya juga memasukkan URL secara manual.

2.Akun Google Di Hack Melalui Pembobolan Kata Sandi Otomatis

Mereka menggunakan perangkat lunak otomatis untuk mencoba sejumlah besar variasi kata sandi yang umum digunakan.

Serangan ini bisa diatasi menggunakan password yang rumit. Idealnya, kata sandi kamu harus memiliki lebih dari sepuluh karakter dan menyertakan huruf, angka, dan simbol.

3. Akun Google Di Hack Melalui Menebak Kata Sandi

Banyak orang menggunakan kata sandi yang didasarkan pada hal-hal yang mereka sukai. Misalnya, seseorang mungkin menggunakan nama hewan peliharaan mereka atau band yang mereka sukai.

Peretas menyadari hal ini dan akan sering mencoba meneliti korban sebelum mencoba menebak kata sandi mereka. Beberapa peretas bahkan mengajukan pertanyaan kepada orang-orang secara khusus untuk tujuan ini.

Jika kamu ingin menggunakan kata sandi yang mudah diingat, penting untuk menghindari informasi apa pun yang berpotensi diteliti oleh peretas.

4. Akun Google Di Hack Melalui Data Dump

Situs web apa saja bisa di hack. Jika kamu adalah anggota situs web yang telah diretas, sandi kamu mungkin dicuri dan dipublikasikan secara online, kemungkinan di dark web.

Setiap kali kamu menggunakan kata sandi akun Google kamu di luar Google, kamu mempertaruhkan akun kamu. Kata sandi akun Google kamu harus unik. Kata sandi unik juga harus digunakan pada akun penting lainnya seperti bank kamu.

5. Akun Google Di Hack Melalui Keylogger

Keylogger adalah bagian dari perangkat lunak berbahaya yang merekam penekanan tombol. Mereka terutama digunakan oleh peretas untuk mencuri kata sandi. Jika ada keylogger di komputer kamu, kata sandi akun Google kamu adalah target yang jelas.

Cara termudah untuk menghindari keylogger adalah menghindari mengunjungi situs web jahat dan tidak pernah mengunduh lampiran email. kamu juga harus menggunakan perangkat lunak antivirus yang memiliki reputasi baik.

6. Akun Google Di Hack Melalui Peretasan Akun Sekunder

Saat kamu mendaftar untuk akun Google, kamu akan diminta untuk memberikan alamat email. Ini memungkinkan kamu untuk mengambil akun Google kamu jika kamu lupa kata sandi kamu.

Satu masalah dengan fitur ini adalah menyediakan satu cara lagi untuk meretas akun kamu. Jika kamu tidak terlalu sering menggunakan akun sekunder, kemungkinan keamanannya tidak terlalu kuat. Peretas menyadari hal ini dan mungkin mencoba meretas akun itu sebagai solusi.

Jika kamu belum melakukannya, kamu harus memastikan bahwa akun sekunder kamu memiliki kata sandi yang kuat dan unik. Sebenarnya, semua akun kamu seharusnya ada, dan jika kamu khawatir mengingat semuanya, coba pengelola kata sandi .

7. Akun Google Di Hack Melalui Wi-Fi Umum

Beberapa titik akses tidak dienkripsi, yang memungkinkan seseorang untuk mencuri kata sandi kamu menggunakan packet sniffing.

​​​​Beberapa penjahat juga membuat titik akses berbahaya yang dirancang khusus untuk mencuri informasi.

Untuk menghindari teknik ini, kamu hanya boleh menggunakan jalur akses terenkripsi yang kamu percayai. kamu juga dapat melindungi dari serangan ini dengan menggunakan VPN .

8. Meminta Kode Verifikasi

Terkadang, peretas menargetkan pengguna Google bukan untuk mencuri akun mereka, tetapi untuk membuat akun Google Voice atas nama mereka. Fitur Google Voice ini bisa juga dimanipulatif untuk aksi kejahatan pada dunia maya.

Cara Mencegah Akun Google Di Hack Oleh Seseorang

Cara Mencegah Akun Google Di Hack Oleh Seseorang 

Cara kamu memperbaiki akun Google yang diretas tergantung pada apakah kata sandi telah disetel ulang atau tidak.

Jika kamu dapat masuk ke akun Google kamu, kamu dapat mengontrolnya kembali hanya dengan mengubah kata sandi kamu dan mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Kamu juga harus melalui pengaturan keamanan kamu dengan hati-hati dan memastikan bahwa peretas tidak mengubah apa pun yang memungkinkan mereka mengaksesnya nanti.

Jika kamu tidak dapat masuk ke akun Google kamu, mendapatkan kembali akses lebih sulit tetapi masih memungkinkan. Jika opsi pemulihan belum diubah.

Kamu dapat mencoba menyetel ulang sandi. Atau jika opsi pemulihan tidak berhasil, kamu harus menghubungi Google dan membuktikan bahwa kamu adalah pemilik akun tersebut.

Semua akun Google menawarkan 2FA, yang mencegah siapa pun mengakses akun kamu kecuali mereka juga memiliki akses ke perangkat 2FA kamu yang biasanya ponsel kamu.

Setelah kamu menyiapkan autentikasi dua faktor. Maka sebagian besar teknik peretasan yang diuraikan di atas akan menjadi tidak efektif.

Akhir Kata

Sekian pembahasan artikel ini mengenai akun google di hack. Semoga dengan tips diatas bisa menambah kesadaran kamu betapa pentingnya menjaga akun google milik kamu.