Cek, 5 Cara Membuat Filter Instagram Sendiri via Aplikasi Spark AR Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 5 Cara Membuat Filter Instagram Sendiri via Aplikasi Spark AR disini tempatnya . Baca artikel tentang 5 Cara Membuat Filter Instagram Sendiri via Aplikasi Spark AR .

Samudranesia.id – Instagram menjadi salah satu platform sosial media yang sedang trend saat ini dan memiliki pengguna yang cukup besar. Ada banyak fitur yang disediakan oleh Instagram, salah satunya adalah pilihan filter pada Insta Stories. Ternyata cara membuat filter Instagram sangat mudah dan bisa kamu kreasikan sendiri.

Platform sosial media yang kerap disingkat IG ini memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk menciptakan filter sesuai keinginan. Pihak Instagram tidak memberikan bayaran kepada kreator filter. Akan tetapi kamu akan mendapatkan banyak follower karena nama pembuatnya dicantumkan pada filter.

Hanya butuh beberapa langkah saja untuk bisa memiliki filter sesuai keinginan. Tak hanya bisa dipakai sendiri, filter yang sukses kamu ciptakan juga bisa dipakai oleh pengguna lainnya. Penasaran dengan cara menciptakan filter Instagram sendiri? Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

Sekilas Mengenai Filter Instagram

Sekilas Mengenai Filter Instagram

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, filter Instagram ini langsung mencuri banyak perhatian. Selain mudah diaplikasikan, video yang dihasilkan juga menarik. Hanya butuh hitungan beberapa hari saja, sudah banyak pengguna IG yang mencoba filter ini.

Mulanya hanya tim kreatif Instagram saja yang dapat menciptakan filter tersebut. Namun saat ini semua pengguna bisa membuat filter sendiri dengan cepat dan mudah. Bahkan jika filter yang kamu ciptakan bisa sampai viral, follower akan terus berdatangan.

Sudah banyak kreator filter Instagram yang mendapat keuntungan dari menciptakan filter yang unik. Penggunaan filter juga banyak dipakai untuk mempromosikan produk tertentu agar semakin dikenal dan tentunya bisa menarik banyak konsumen.

Langkah Mudah Membuat Filter Instagram Sendiri

Agar tampilan instagram stories semakin kece, kamu bisa membuat filter sesuai dengan keinginan. Cara membuat filter Instagram cukup mudah karena hanya menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Tinggal ikuti beberapa tahapan dibawah ini, dan kamu bisa memiliki filter IG yang unik dan beda dari lainnya.

1. Mendownload Spark AR Studio

Mendownload Spark AR Studio

Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis perangkat baik yang berbasis Windows maupun iOS. Khusus untuk Windows, aplikasi ini hanya dapat dipakai untuk laptop dengan OS minimal Windows 10. Adapun langkah mengunduh aplikasi Spark AR Studio adalah:

  • Unduh aplikasi di sini, kemudian klik menu “Unduh”
  • Menunggu proses download selesai kemudian install aplikasi tersebut pada laptop maupun komputer
  • Apabila proses instalasi sudah selesai, segera buka aplikasi untuk memastikan apakah aplikasi bisa dijalankan atau tidak

2. Mulai Membuat Filter

Mulai Membuat Filter

Jika aplikasi berhasil diinstal dan bisa terbuka, selanjutnya kamu bisa membuat filter baru. Caranya dengan mengklik “Create New” kemudian mulai membuat filter dari awal. Atau jika tidak ingin ribet, kamu dapat menggunakan template yang tersedia pada aplikasi tersebut.

3. Menambahkan Face Tracker

Menambahkan Face Tracker

 

Untuk menentukan orientasi serta posisi wajah, kamu harus menambahkan Face Tracker pada filter yang akan dibuat. Adapun cara menambahkan Face Tracker adalah sebagai berikut:

  • Klik menu “Add Object” kemudian pilih tombol “Face Tracker”
  • Klik menu “Insert” untuk memilih tipe Face Tracker
  • Tambahkan model 3D atau Face Mesh dengan mengklik kanan “Face Tracker” kemudian tekan tombol “Add” dan pilih menu “Face Mesh”.

4. Menambahkan Material

Menambahkan Material

Cara membuat filter Instagram yang satu ini merupakan tahapan yang penting karena kamu bisa mengkreasikan sendiri filter sesuai dengan keinginan. Langkah menambahkan beberapa macam material pada filter Instagram diantaranya adalah:

  • Klik ikon “+” pada bagian samping menu material jika kamu ingin membuat material baru
  • Buat sendiri material sesuai dengan keinginanmu, mulai dari menambahkan gambar, mengubah opacity, mengganti nama, mengedit brightness, menuliskan nama, dan lain sebagainya
  • Jika sudah selesai membuat filter, kamu bisa mencoba filter tersebut dengan mengirimkannya ke Instagram
  • Selain itu preview filter juga bisa lihat secara langsung melalui aplikasi Spark AR Layer

Apabila hasil filter yang dibuat kurang memuaskan, kamu bisa mencobanya kembali dengan mempraktikkan langkah-langkah yang disebutkan diatas. Sebagai referensi, bisa melihat contoh filter dari kreator lainnya agar hasilnya lebih unik dan tidak mengecewakan.

5. Upload Filter Instagram

Upload Filter Instagram

Dari cara membuat filter Instagram yang disebutkan diatas, kamu bebas menciptakan sendiri desain filter. Apabila hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka langkah terakhir adalah mengunggahnya ke instagram.

Caranya adalah dengan menekan tombol “Upload” yang letaknya ada pada sudut kiri bawah. Walaupun hasil filter yang kamu buat sudah berhasil diunggah. Pihak Instagram tidak akan langsung mempublishnya karena akan dilakukan peninjauan terlebih dulu.

Jika filter yang sudah kamu buat berhasil lolos dan dipublish oleh Instagram, maka semua pengguna bisa memakai filter tersebut. Nama akun kamu akan ditempatkan pada bagian atas filter.

Keuntungan Membuat Filter Instagram Sendiri

Keuntungan Membuat Filter Instagram Sendiri

Instagram memang menyediakan pilihan filter dalam jumlah yang banyak. Bahkan kamu bisa menggunakan filter dari kreator lainnya jika memang dirasa cocok. Lantas mengapa kamu perlu mengetahui cara membuat filter Instagram?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan jika berhasil membuat filter sendiri. Baik untuk keperluan pribadi maupun usaha. Adapun manfaat membuat filter Instagram sendiri diantaranya adalah:

  • Mendapatkan banyak follower karena pada filter tersebut juga dicantumkan nama akun sebagai kreator. Jadi meski tidak mendapat imbalan dari Instagram, kamu berpeluang mendapatkan pengikut dalam jumlah yang banyak.
  • Menunjukkan personaliti diri. Filter yang kamu buat juga bisa menunjukkan karakter diri sebenarnya. Jika kamu memiliki sifat riang, maka filter yang dibuat rata-rata juga terkesan fun. Pengguna Instagram yang suka kepribadianmu pun tak akan ragu untuk memfollow.
  • Membantu mempromosikan produk. Bila kamu memiliki sebuah bisnis, menggunakan filter menjadi media promosi yang tepat. Kamu bisa menambahkan gambar ataupun logo produk. Secara tidak langsung pengguna yang memakai filter juga membantu mempromosikan produk tersebut.
  • Memudahkan pelanggan dalam mencoba produk secara virtual. Filter AR termasuk dalam fitur yang masih baru sehingga belum banyak brand besar yang memakainya. Manfaatkan peluang ini untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Apakah Filter Instagram Bisa Dipakai untuk Media Sosial Lainnya?

Apakah Filter Instagram Bisa Dipakai untuk Media Sosial Lainnya

Selain digunakan di Instagram, filter yang sudah kamu buat juga bisa diaplikasikan di akun media sosial lainnya yaitu Facebook. Karena itu setelah mengikuti cara membuat filter Instagram yang disebutkan diatas, sebaiknya simpan file tersebut dalam laptop atau komputer.

Selanjutnya tinggal buka saja aplikasi Spark AR Center untuk mengupload filter tersebut. Agar filternya juga bisa dipakai oleh pengguna lainnya, kamu harus mendaftar pada versi beta. Dengan begitu kamu bisa share filter tersebut ke banyak teman.

Akan tetapi, jika filter tersebut sudah diaplikasikan di Facebook maka tidak bisa digunakan untuk Instagram. Jadi kamu harus memilih salah satu. Apakah akan digunakan untuk akun di Instagram ataukah Facebook.

Hanya butuh beberapa langkah cara membuat filter Instagram, kamu bisa menghasilkan insta stories yang kece dan beda dari yang lainnya. Hebatnya lagi kamu bisa memanfaatkan filter tersebut untuk media promosi produk yang kamu jual agar semakin terkenal dan laris di pasaran.