Cek, 5 Cara Membuat Barcode di Android, iOS PC/Laptop Terlengkap Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 5 Cara Membuat Barcode di Android, iOS PC/Laptop Terlengkap disini tempatnya. Baca artikel tentang 5 Cara Membuat Barcode di Android, iOS PC/Laptop Terlengkap.

MataramNews.co.id – Banyak yang belum mengetahui tentang bagaimana Cara Membuat Barcode. Pasalnya, kalian bisa melakukannya sendiri dengan mudah tanpa di pungut biaya sedikitpun. Selain itu, baik menggunakan perangkat android atau PC/laptop yang digunakan, kalian sudah bisa membuat barcode tersebut dengan praktis untuk beberapa kepentingan. Selain itu, untuk membuat barcode tersebut tidak memerlukan alat khusus lainnya.

Berbeda dengan jaman dulu, yang akan bergantung dengan alat tertentu agar dapat menciptakan barcode. Pasalnya, barcode ini bisa kalian temukan dibeberapa produk di toko swalayan. Hal ini bertujuan sebagai pembeda jenis ketika melakukan scan. Selain itu, barcode memiliki tampilan berupa pola geomterus vertical yang akan menempel di kemasan produk.

Bukan hanya pola bergaris saja, terdapat pula yang berupa angka dan huruf unik di semua barcode berdasarkan dengan kategori. Adanya barcode sendiri merupakan hal yang sangat penting sebagai identitas di kemasan produk tersebut. Selain itu, akan memudahkan ketika melakukan proses penyortiran nanti. Nah, jika kalian penasaran dan ingin mengetahui bagaimana Cara Membuat Barcode? Silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

Apa Itu Barcode dan Fungsinya?

Cara Membuat Barcode

Barcode merupakan sebuah kode bar, kode batang, kode palang dan lainnya yang memiliki ciri khas sususnan garis vertical berwarna putih serta memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Manfaat dari barcode yakni sebagai pembeda barang satu dengan barang lainnya. barcode sendiri biasa kalian temukan di swalayan di kemasan produk.

Selain itu, barcode ini bisa menyimpan semuanya termasuk informasi data spesifik tentang suatu produk yang mendapatkan label. Dan data ini akan meliputi kode produksi, nomor identifikasi, tanggal kadaluwarsa dan sebagainya. Selain itu, kode bar ini awal mulanya hanya digunakan untuk melacak kereta api saja dan kemunculannya semakin berkembang pesat ketika digunakan di toko swalayan. Dan dibutuhkan alat untuk pindai yang mempunyai optic didalamnya dan berguna untuk membaca barcode.

Dan bukan hanya untuk kebutuhan produksi atau melacak ketersediaan ritel, manfaat dari kode bar ini bisa kalian coba untuk kebutuhan pribadi. Seperti untuk menandai koleksi pribadi agar kalian bisa lebih gampang untuk mengidentifikasi barang tersebut. Mungkin masih banyak diantara kalian yang kesulitan untuk membuat barcode, kami akan memberikan beberapa cara nya yang bisa kalian ikuti sekarang juga.

Jenis-Jenis Barcode

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis barcode beserta kebutuhannya yang bisa kalian simak dibawah ini. Pasalnya, semua bar kode yang kalian temukan di beberapa toko dan lainnya memiliki jenis yang sangat beragam. Jadi, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1. Barcode Penerbitan

Kode bar ini bisa ditemukan di novel, majalah, sekolah atau ketika kalian tengah membeli sebuah buku di toko buku. Pasalnya barcode jenis ini sudah menggunakan sistem International Standard Book Number (ISBN) atau International Standard Serial Number (ISSN).

2. Barcode Farmasi

Jenis kode bar farmasi ini biasa di gunakan untuk kebutuhan mengidentifikasi produk obat. Dan jenis barcode yang diguankan yakni Health Industry Bar Code (HIBC). Adanya tanda “+” disertai 24 karakter campuran huruf & angka didalamnya.

3. Barcode Ritel

Barcode jenis ini menggunakan system Universal Price Codes (UPC) yang berguna untuk mengidentifikasi produk toko swalayan. Selain itu, kode bar ritel ini banyak digunakan untuk kebutuhan packaging yang berisi 14 angka.

4. Barcode Non Ritel

Dan bar kode non ritel ini bisa kalian buat untuk kebutuhan pribadi. Selain itu, Barcode Non Ritel juga biasa kalian temukan di buku-buku pada perpustakaan, kartu member, label barang dan sebagainya.

Cara Membuat Barcode via Online

Cara Membuat Barcode bisa kalian lakukan dengan mudah secara online. Pasalnya cara ini sangat praktis dan banyak dilakukan oleh semua orang. Kalian tidak perlu download aplikasi tertentu terlebih dahulu. Dan pas sekali jika kalian akan merintis bisnis dan untuk lebih jelasnya silahkan simak langka-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, silahkan buat nomor identifikasi UPC/ISBN
  2. Lalu masuk ke web browser dan masuk ke situs gs1us.org
  3. Setelah itu, masukkan data produk serta rinciannya
  4. Maka kode UPC akan diberikan
  5. Dan kalian bisa mendapatkan nomor ISBN dari situs tersebut
  6. Kemudian, minta ISBN dari Browker untuk melakukan verifikasi
  7. Silahkan tunggu beberapa saat sampai ISBN mengirimkan dan barcode bisa kalian miliki
  8. Selesai

Cara Membuat Barcode via Excel

Untuk membuat barcode selanjutnya kalian bisa memanfaatkan Excel di PC. Caranya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama lagi. Bagi kalian yang masih belum paham maka bisa menyimak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke web browser dan buka situs idautomation
  2. Setelah itu klik menu Format Tools pada Beranda
  3. Lalu klik Microsof Office Macros & VBA for Excel, Access & Word
  4. Dan tekan download
  5. Simpan file yang telah kalian unduh tadi ke PC
  6. Dan buka file Barcodefunctions.zip, silahkan ekstrak terlebih dahulu
  7. Masuk ke Microsoft Excel dan klik menu Tools
  8. Lalu cari menu Macro dan klik Visual Basic Editor
  9. Jika sudah, tekan menu File >> klik menu Import
  10. Kemudian, buka web browser agar bisa menavigasi ID Automation
  11. Lalu carilah makro IDautomation.bas lalu buka web browser
  12. Silahkan uji barcode caranya ketika nomor di Sel A1
  13. Lalu disebelahnya ketika fungsi barcode
  14. Ketikkan =Code128(A1) di sel B2 dan Enter
  15. Maka barcode akan ditampilkan di sel B2
  16. Selesai

Cara Membuat Barcode via HP Android

Cara membuat barcode selanjutnya kalian bisa mengoperasikannya dengan mudah di perangkat android yang kalian punya. Tentu saja diperlukan sebuah aplikasi pembuat barcode yang bisa kalian unduh secara gratis di Google playstore. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, download dan install aplikasi pembuat Barcode di ponsel
  2. Setelah itu, buka aplikasinya
  3. Dan klik menu Add Code
  4. Jika sudah, tentukan jenis barcode yang hendak di buat
  5. Selanjutnya, klik opsi Tipe Barcode
  6. Dan ekspor barcode serta simpan ke ponsel
  7. Selesai

Cara Membuat Barcode via iPhone

Selain diperangkat android, kalian juga dapat membuat barcode di iPhone dengan mudah. Caranya tak kalah mudah dengan diatas, dan jangan lupa untuk download aplikasi Qrafter terlebih dahulu melalui App store. Kemudian, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi Qrafter
  2. Jika sudah, buka aplikasinya dan klik ikon +
  3. Selanjutnya, tentukan jenis barcode yang hendak kalian buat
  4. Lalu tekan menu Create untuk membuat barcode tersebut
  5. Maka barcode akan muncul pada layar
  6. Kemudian simpan di iphone
  7. Selesai

Cara Membuat Barcode di Komputer/Laptop

Kalian juga bisa membuat barcode di computer/laptop yang kalian punya. Caranya sangat simpel dan mudah diselesaikan. Pasalnya, caranya pun tak kalah berbeda dengan via online yang telah kami berikan diatas. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, masuk ke web browser dan masukkan kata kunci barcode generator
  2. Setelah itu, tentukan situs pembuat barcode
  3. Jika sudah, klik jenis barcode mana yang akan dibuat
  4. Lalu masukkan kode unik yang dibuat
  5. Selanjutnya, klik menu Create atau Generate
  6. Dan akan muncul sebuah pratinjau tampilan barcode
  7. Silahkan tekan download dan file gambar barcode yang tersimpan
  8. Selesai

Perbedaan Barcode & QR Code

Mungkin sebagian dari kalian menganggap bahwa kode bar dan kode QR ini merupakan hal yang serupa. Dan jawabannya adalah kemungkinan benar dan bisa jadi merupakan sebuah kesalahan. Karena code QR ini bisa kalian pahami sebagai penerus barcode. Barcode sendiri kerap digunakan untuk mengidentifikasi produk seperti jenis, nilai dan harganya.

Namun kode QR ini jauh lebih modern serta bisa menyimpan beragam data dengan jumlah yang banyak jika dibandingkan dengan kode bar. Selain itu, kode bar sendiri jauh lebih susah ketika dibaca dan banyak digunakan untuk industry perdagangan. Namun, QR code di ciptakan dan di baca hanya menggunakan perangkat smartphone saja.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai Cara Membuat Barcode yang bisa kalian coba, tentukan salah satu cara paling mudah yang telah kami share diatas. Untuk bisa menciptakan barcode sesuai dengan jenis dan kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat untuk kalangan pembaca semuanya. Sekian dan terimakasih.