Cek, 3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan Mudah Dan Cepat Terbaru 2022 Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan Mudah Dan Cepat Terbaru 2022 disini tempatnya. Baca artikel tentang 3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Dengan Mudah Dan Cepat Terbaru 2022.

pdamtirtasukapura.co.id – Setelah melakukan vaksinasi, tentu muncul keinginan untuk segera mengecek sertifikat yang didapatkan. Jika kamu ingin melakukannya, ada beberapa cara cek sertifikat vaksin yang bisa dipilih. Mengecek sertifikat vaksin, bisa membuatmu mendapatkan beberapa keuntungan.

Misalnya saja, dengan sertifikat tersebut, kamu bisa mengakses sejumlah fasilitas publik secara bebas. Dalam mengaksesnya, sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Maka dari itu, sangat penting bagimu untuk mengetahui bagaimana cara cek sertifikat vaksin serta cara mendownloadnya.

Apalagi dalam praktiknya, terkadang ada masalah dan juga kendala yang mengakibatkan sertifikat vaksin yang diinginkan tidak muncul. Masalah tersebut, masih bisa muncul walaupun kamu sudah melakukan vaksinasi. Tapi tenang, masih ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan.

Apa Itu Sertifikat Vaksin Covid?

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara cek sertifikat vaksin, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu sertifikat vaksin Covid. Jadi, sertifikat vaksin merupakan tanda bahwa seseorang sudah selesai atau sudah melalui tahap vaksinasi. Dalam setiap kali melakukan vaksin, kamu sudah bisa melihat sertifikatnya.

Walaupun kamu baru melakukan vaksinasi pertama, kamu sudah bisa melihatnya. Begitu juga dengan vaksinasi kedua bahkan hingga booster, data bahwa kamu sudah melakukan vaksinasi, juga bisa terlihat secara jelas. Kamu bisa mendapatkan data mulai dari nama, jenis vaksin, hingga tanggal melakukan vaksinasi.

Setelah melakukan pengecekan, kamu bisa mendapatkan data dalam bentuk digital. Selain data berbentuk digital, kamu masih dapat mencetaknya sendiri. Adapun data yang bisa didapatkan yakni nama, Nik, ID sertifikat, tanggal lahir, serta keterangan bahwa sudah melaksanakan tahap vaksinasi pertama hingga ketiga.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat QR code dan juga berbagai lambang intansi negara. Sertifikat ini, sangat berperan ketika kamu ingin dapat ke sejumlah tempat. Misalnya saja, untuk datang ke mall. Selain itu, sertifikat tersebut juga sangat berguna untuk mengakses sejumlah fasilitas serta layanan publik.

Fungsi Sertifikat Vaksin Covid

Jika kamu sudah mempunyai sertifikat vaksin, kamu bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang sudah menjadi fungsi utama dari sertifikat tersebut. Tentu saja, fungsi yang paling vital dari sertifikat ini, yakni agar kamu bisa lebih leluasa dan lebih mudah dalam mengakses fasilitas publik. Selain itu, sertifikat vaksin punya fungsi:

1. Sebagai Syarat Menggunakan Transportasi Umum

Fungsi pertama dari adanya sertifikat vaksin, yakni agar bisa mendapatkan akses untuk menggunakan layanan transportasi umum. Sebelum itu, orang bisa menggunakan transportasi umum seperti kapal laut, pesawat, dan juga kereta api. Namun karena adanya pandemi, batasan tentu perlu dilakukan.

Jika ingin bepergian, kamu wajib melakukan cara cek sertifikat vaksin lalu menunjukkannya ketika ingin menggunakan sejumlah transportasi umum di atas. Tanpa adanya sertifikat vaksin, kamu tidak dapat mengakses sejumlah transportasi umum karena memang sertifikat menjadi syarat utamanya.

2. Sebagai Syarat Mengakses Sejumlah Area atau Gedung Publik

Fungsi sertifikat vaksin lainnya adalah agar kamu bisa mengakses sejumlah fasilitas publik. Sertifikat vaksin, memang menjadi syarat utama agar kamu dapat masuk ke fasilitas publik seperti restoran, mall, tempat wisata, pusat kebugaran, dan masih banyak tempat lainnya.

Mungkin memang, di beberapa kota yang tidak terlalu besar, tidak semua tempat menerapkan syarat tersebut. Namun, di beberapa kota metropolitan atau kota-kota besar, hampir seluruhnya memberikan syarat pada setiap orang untuk menunjukkan sertifikat vaksin terlebih dahulu.

3. Syarat untuk Mengikuti Kegiatan

Jika kamu ingin menghadiri suatu kegiatan seperti konser, nonton sepak bola, dan juga beberapa kegiatan lain, ada syarat wajib yang harus dipenuhi. Adapun syarat utama yang diperlukan, yakni sudah memiliki sertifikat vaksin. Kamu memang harus menunjukkannya pada panitia yang sedang bertugas.

Maka dari itu, sangat wajib bagi kamu untuk melakukan cara cek sertifikat vaksin agar dapat mengikuti kegiatan yang diinginkan. Tanpanya, beberapa aktivitasmu pasti sangat terbatas. Termasuk juga dalam hal mengikuti konser atau kegiatan lain sesuai keinginan.

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Sebenarnya, terdapat banyak cara cek sertifikat vaksin yang bisa kamu lakukan. Setiap cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah. Selain mengeceknya, bahkan kamu bisa mendownload data digital dari sertifikat vaksin tersebut. Penasaran dengan caranya? Cek uraian berikut ini, ya:

1. Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui PeduliLindungi

Pemerintah sudah memberikan cukup banyak kemudahan bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara cek sertifikat vaksin. Cara ini, sebenarnya merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, cara ini memang sangat mudah untuk dilakukan.

Tidak hanya untuk mengecek sertifikat, kamu juga bisa mendownload sertifkat vaksin dari aplikasi PeduliLindungi. Apalagi, aplikasi ini sudah tersedia bagi perangkat smartphone apapun. Selama smartphone kamu terkoneksi ke internet, maka kamu bisa mengecek sertifikat vaksin dengan mudah. Adapun caranya yakni:

  1. Download atau instal aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan buka aplikasi tersebut.
  3. Jika sudah masuk, ketikkan nomor telepon yang sudah didaftarkan ketika melakukan vaksinasi.
  4. Nantinya, kamu akan mendapatkan kode OTP sebanyak 6 digit yang akan dikirimkan lewat SMS.
  5. Kemudian kamu harus mengetikkan kode tersebut guna melakukan verifikasi.
  6. Jika sudah selesai, maka kamu bisa berhasil login ke dalam aplikasi PeduliLindungi.
  7. Pada halaman utama, pilih Sertifikat Vaksin.
  8. Klik Nama.
  9. Jika sudah, maka sertifikat vaksin milikmu akan ditampilkan secara otomatis.
  10. Kamu bisa memilih opsi untuk mendownloadnya.
  11. Jika ingin mendownload, klik Unduh yang letaknya ada di sebelah pojok kanan bawah.
  12. Tunggu hingga sertifikat vaksin berhasil diunduh.
  13. Download sertifikat vaksin berhasil dan kamu bisa mengeceknya di folder unduhan.

2. Melalui SMS Nomor 1199

Cara cek sertifikat vaksin tidak hanya dengan aplikasi PeduliLindungi saja. Kamu masih bisa menggunakan cara lain yang tak kalah mudah. Caranya yakni dengan mengirim SMS ke nomo 1199. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan metode ini, silakan lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Jika kamu sudah selesai melakukan vaksinasi, biasanya kamu akan mendapatkan SMS dari nomor 1199.
  2. Dari SMS tersebut, kamu bisa mengetahui informasi tentang kapan harus melakukan vaksinasi lanjutan. Di sana juga disertakan tautan yang berisi sertifikat vaksin.
  3. Cara untuk mengecek sertifikat, yakni hanya dengan mengklik tautan yang disediakan.
  4. Kamu akan diarahkan ke website PeduliLindungi.
  5. Cek ulang sertifikat vaksin melalui situs tersebut.

3. Melalui Chat Bot WhatsApp Kemenkes RI

Tak hanya dua cara di atas. Kamu pun bisa melakukan cara cek sertifikat vaksin dengan menggunakan chat bot WhatsApp milik Kemenkes RI. Cara ini pun tak kalah mudah. Kamu hanya perlu melakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Simpan nomor Chatbot WhatsApp Kemenkes RI yakni 081110500567
  3. Masukan nomor telepon yang sudah terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.
  4. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke SMS.
  5. Ketuk Download Sertifikat.
  6. Masukkan nama dan NIK yang terdaftar.
  7. Pilih sertifikat vaksin yang akan diunduh.

Penutup

Itulah sejumlah cara cek sertifikat vaksin yang bisa kamu lakukan. Silakan pilih cara yang manapun. Setiap cara masih tergolong mudah untuk dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa itu sertifikan vaksin beserta fungsi utamanya. Semoga informasi ini membantu.