Cek, 12 Peluang Bisnis Digital Paling Menjanjikan Saat Ini Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang 12 Peluang Bisnis Digital Paling Menjanjikan Saat Ini disini tempatnya. Baca artikel tentang 12 Peluang Bisnis Digital Paling Menjanjikan Saat Ini.

bisnis dalam dunia modern | GEOTIMES

makaryo.net Teknologi modern yang berkembang telah mempengaruhi kehidupan manusia di hampir setiap aspek. Bisnis adalah bagian darinya. Digital marketing saat ini semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Indonesia adalah negara yang banyak menyerap proses digitalisasi. Oleh karena itu, peluang perusahaan berwawasan digital di Indonesia relatif besar. Apalagi mengingat jumlah pengguna smartphone yang mencapai 355,5 juta orang, pengguna internet hingga 150 juta, dan pengguna aktif media sosial hingga 150 juta orang, jelas pengelolaan bisnis berbasis dan digital memiliki peluang untuk berhasil.

Berpotensi Meraih Banyak Keuntungan

Jika melihat data di atas, katakan saja Anda membuka usaha di marketplace atau media sosial. Dengan banyaknya pengguna internet dan media sosial, maka kesempatan bisnis Anda dilihat oleh banyak konsumen tentunya sangat besar. Apalagi ditambah dengan luasnya pasar yang dapat dijangkau, hingga ke seluruh Indonesia, maka pelanggan Anda pun tidak hanya dari masyarakat lokal saja.

Jika dijalani dengan tekun dan gigih, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih banyak keuntungan. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, maka bisnis digital adalah jawaban yang paling tepat untuk dilakukan pada masa ini.

Modal yang Anda butuhkan juga tidak besar dibandingkan dengan membuka bisnis secara offline yang membutuhkan tempat, berbagai perabotan, karyawan, dan masih banyak lagi. Memulai bisnis berkonsep digital bisa dikatakan hanya membutuhkan modal sedikit. Untuk pemasarannya bahkan bisa tanpa biaya sama sekali. Sebagai contoh menggunakan media sosial, Anda hanya perlu membuat konten berkualitas. Setelah itu bisnis Anda akan mulai dikenal oleh banyak pengguna media sosial tersebut.

Risiko yang Mungkin Terjadi

Meskipun berpeluang memberikan keuntungan besar, tapi Anda harus berhati-hati terhadap risiko yang mungkin dibawa oleh bisnis semacam ini. Dikarenakan berbasis digital, maka risikonya pun berhubungan dengan teknologi. Beberapa risikonya antara lain:

  • Shadow banking: aktivitas keuangan seperti yang terjadi dalam perbankan, tapi tidak berdasarkan pada peraturan sistem perbankan.
  • Cyber crimeaktivitas kejahatan yang menggunakan komputer atau jaringan komputer.
  • Anti-money laundering and counter financing of terrorism (AML CFT): pencucian uang dan pendanaan terorisme.
  • Pencurian data: mengambil data dan informasi orang lain yang digunakan untuk melakukan kejahatan.

Ide Bisnis Digital

Freepik

Ada banyak sekali contoh bisnis digital yang bisa Anda coba jalankan. Berikut beberapa contohnya:

1. Desain Grafis

Jika Anda mahir mendesain sesuatu, Anda mungkin cocok berbisnis desain grafis. Pada bisnis ini, orang membayar jasa Anda untuk merancang berbagai macam hal, seperti brosur, media sosial, logo, dan masih banyak lagi. Bisnis jasa desain grafis sedang banyak dibutuhkan saat ini, sehingga Anda pun memiliki peluang besar.

2. YouTuber

Profesi ini sedang booming beberapa tahun belakangan. Berbekal kamera dan jaringan internet, Anda sudah bisa menghasilkan konten untuk diunggah ke platform berbagi video, YouTube, yang memiliki jumlah pengguna hingga jutaan orang di seluruh dunia. Menjadi seorang YouTuber bisa berpeluang sukses asalkan konsisten dalam membuat konten berkualitas dan bermanfaat untuk banyak orang.

3. Podcaster

Selain YouTube, media lain yang sedang banyak dibicarakan adalah Podcast. Untuk menjadi seorang Podcaster, Anda hanya perlu merekam sebuah diskusi untuk kemudian disiarkan melalui media internet. Sama dengan YouTuber, Anda juga harus konsisten dalam menyediakan konten yang menarik supaya banyak orang yang bersedia mendengarkan Podcast Anda.

4. Online Teacher

Banyaknya platform belajar secara online yang bermunculan belakangan ini membuka peluang bagi Anda yang memiliki passion dalam bidang pendidikan. Anda bisa menjadi online teacher yang peluangnya cukup menjanjikan. Tertarik untuk mencobanya?

5. Jasa Menerjemahkan

Untuk Anda yang mahir berbahasa asing dan telah memiliki sertifikat, bisa mencoba peruntungan dalam hal penerjemahan. Di sini Anda dapat membantu klien yang membutuhkan pertolongan dalam menerjemahkan suatu tulisan ke dalam bahasa asing yang dapat dilakukan menggunakan email. Bagi Anda yang masih pemula juga bisa mencobanya dengan terlebih dulu bergabung dengan komunitas penerjemah.

6. Blogger

Anda suka menulis? Kenapa tidak mencoba peruntungan dengan menjadi blogger saja? Dengan menjadi blogger, Anda bisa menyalurkan bakat Anda di bidang menulis sekaligus membuat portofolio yang menakjubkan. Manfaatkan ruang kosong di dalam web pada blog Anda untuk memasang iklan agar mendapatkan uang tambahan.

7. Content Writer

Selain menjadi blogger, Anda yang mahir menulis juga bisa menjadi content writer. Bahkan, jenis pekerjaan ini sedang banyak dicari untuk meningkatkan penjualan produk bisnis suatu perusahaan. Content writer bertugas memperkenalkan produk melalui artikel untuk meningkatkan traffic di internet melalui perantara SEO.

8. Web Development

Bisnis digital lainnya yang sedang banyak dicari adalah web development. Dikarenakan saat ini banyak orang yang mempunyai situs web pribadi tapi tidak bisa mengelolanya sendiri, maka bantuan web developer akan sangat dibutuhkan. Jika Anda ahli dalam bidang ini, maka bisa menjadikannya sebagai penghasilan utama karena penghasilan yang didapat lumayan besar.

9. Copywriter

Jenis bisnis lainnya yang bisa Anda tekuni jika memiliki kemampuan menulis adalah copywriter. Pada pekerjaan ini, Anda membuat tulisan dengan tujuan memasarkan produk untuk membujuk seseorang agar tertarik terhadap barang yang Anda promosikan.

10. Berjualan Online

Semakin tingginya nilai konsumsi masyarakat, maka berjualan secara online bisa menjadi cara tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Anda bisa berjualan melalui marketplace atau media sosial yang tidak membutuhkan biaya banyak, tapi bisa menghasilkan banyak keuntungan.

11. Dropshipper

Jika Anda membuka toko online, maka untuk produk yang akan ditawarkan bisa menggunakan sistem dropship. Jadi, Anda hanya perlu menjual kembali produk milik orang lain. Penghasilan yang didapat bisa diketahui berdasarkan selisih harga yang dibayarkan terhadap supplier dan oleh pembeli.

12. Admin Media Sosial

Bisnis digital lainnya yang banyak dicari saat ini adalah admin media sosial, misalnya pada toko online, perusahaan, instansi, fasilitas umum, dan masih banyak lagi. Mengingat hampir semua bidang kini memiliki akun di media sosial untuk memberikan informasi pada masyarakat, maka admin media sosial akan sangat dibutuhkan untuk mengelola konten-konten yang ada di dalamnya.

Jadi, tertarik juga untuk memulai bisnis digital Anda sendiri? Pastikan Anda menjalankan usaha yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, supaya Anda bersemangat dalam mengelolanya. Tentunya juga dibutuhkan perjuangan yang gigih untuk dapat mendatangkan hasil yang optimal. Selamat mencoba berbisnis!


Post Views: