Cek, [√Gampang] Cara Menghapus Update Windows 10 pada Laptop atau PC Disini!

Posted on

Jika sobat ingin mencari artikel tentang [√Gampang] Cara Menghapus Update Windows 10 pada Laptop atau PC disini tempatnya . Baca artikel tentang [√Gampang] Cara Menghapus Update Windows 10 pada Laptop atau PC .

Cara menghapus update windows 10 di laptop atau pc yang error karena kehabisan update sistem operasi

Memperbarui Windows Biasanya yang terbaik adalah memperbarui Windows 10 di PC Anda untuk memastikan Windows 10 memiliki perlindungan dan fitur terbaru.

Namun, perusahaan besar seperti Microsoft dapat membuat kesalahan, dan pembaruan Windows mereka diketahui menyebabkan masalah serius di masa lalu.

Terkadang, tentu saja, saya menemukan bahwa setelah memperbarui Windows, bagaimana laptop menjadi salah, blank, lag, dan bahkan menjadi lebih lambat,

Jika Anda baru saja menginstal pembaruan Windows dan menyebabkan masalah, Anda dapat mencoba untuk menghapusnya.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini, yang masing-masing dapat mengembalikan komputer Anda ke urutan kerja yang benar.

Di TIPS & TRIK hari ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya, membantu Anda mengembalikan semuanya menjadi normal.

Cara menghapus pembaruan Windows 10 di laptop atau PC Anda

Cara menghapus pembaruan Windows 10

1. Periksa pembaruan Windows 10 terbaru

Cara menghapus pembaruan pertama Windows 10 Anda dapat menghapusnya langsung melalui pengaturan pada Windows 10.

Untungnya, Microsoft memudahkan untuk melihat dan menghapus pembaruan Windows 10 terbaru.

Cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui aplikasi Pengaturan yang disertakan dengan Windows 10.

tekan tombol awal, lalu klik roda pengaturan. Setelah aplikasi Pengaturan terbuka, ketuk Pembaruan dan keamanan.

Dari menu di tengah jendela, klik “Lihat riwayat pembaruan,” lalu ” Copot pemasangan pembaruanDi pojok kiri atas.

Perbarui tanggal

Ini akan membuka jendela Panel Kontrol yang mencantumkan semua pembaruan yang baru saja diinstal di komputer Anda. Secara default, daftar ini difilter ke dalam grup dan diurutkan dengan pembaruan terbaru di bagian atas.

2. Copot pemasangan pembaruan di Pengaturan dan Panel Kontrol

Gulir ke bawah ke bagian Microsoft Windows dan klik Perbarui di bagian atas daftar. Itu harus berisi tanggal pemasangan terbaru.

Catat nama lengkap dan nomor basis pengetahuan (KB), karena mungkin berguna nanti.

Jika Anda tidak dapat menemukan, memperbarui dan mengetahui nama atau nomor KB, Anda dapat menggunakan kotak pencarian di sudut kanan atas untuk menemukannya.

Di bagian atas tabel pembaruan, klik Copot pemasangan. Anda akan ditanya apakah Anda yakin ingin menghapus pembaruan; Klik Ya.

Sekarang biarkan Windows menyelesaikan proses uninstall, yang mungkin memerlukan restart.

3. Gunakan startup lanjutan

Cara menghapus pembaruan Windows 10 melalui startup lanjutan

Jika pengaturan standar tidak berfungsi, Anda dapat mencoba me-restart komputer Anda dan menghapus pembaruan sebelum boot ke Windows.

Dengan melakukan ini sebelum memuat Windows 10, kemungkinan Anda akan menghindari memuat program yang dapat mencegah atau mengganggu proses penghapusan instalasi.

Buka aplikasi Pengaturan, lalu Perbarui & Keamanan. Di kolom kanan, klik pemulihan. Di dekat bagian bawah jendela ada bagian “peluncuran lanjutan“Klik”Restart sekarangUntuk me-restart komputer dalam mode startup lanjutan.

Lihat artikel lainnya: Cara menghapus akun Facebook secara permanen

4. Pergi melalui startup lanjutan

Ketika komputer Anda restart, Anda akan disambut dengan menu startup lanjutan. Ini berguna dalam berbagai situasi, seperti jika Anda perlu menginstal Windows dari drive USB atau DVD pemulihan.

Namun, dalam kasus ini, Anda ingin mengklik opsi Pemecahan Masalah.

Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat dua opsi:Setel ulang komputer ini“Dan”Opsi Lanjutan; Pilih yang terakhir untuk melanjutkan proses uninstall.

Di layar berikutnya ada opsi yang berbeda, termasuk mulai perbaikanDan pemulihan sistemDan Prompt Perintah, dan banyak lagi. Sebagai gantinya, klikCopot pemasangan pembaruan’.

Copot pemasangan pembaruan

Lihat artikel lainnya: Cara keluar dari Facebook Messenger

5. Pilih Pembaruan Kualitas / Pembaruan Fitur

Ada dua opsi di layar berikutnya: “Copot pemasangan pembaruan kualitas terbaru” dan “Copot pemasangan pembaruan fitur terbaru”. Nomor KB yang Anda rekam sebelumnya akan memberi tahu Anda jenis pembaruan dengan pencarian internet cepat.

Klik pada opsi yang sesuai dan komputer Anda akan restart (mungkin memakan waktu beberapa menit). Setelah memulai ulang, masukkan informasi login Windows 10 Anda dan klik Lanjutkan.

Klik Uninstall Quality Update atau Uninstall Feature Update (tergantung pada apa yang Anda pilih sebelumnya di langkah ini) dan pembaruan akan dihapus. Terakhir, restart komputer Anda jika diminta.

6. Gunakan Prompt Perintah

Cara menghapus pembaruan Windows 10 menggunakan cmd

Terkadang pembaruan hanya akan menolak untuk dihapus instalasinya baik melalui aplikasi Pengaturan atau melalui metode pengaktifan lanjutan.

Pada saat seperti ini, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk memaksa Windows 10 menghapus instalan patch.

Sekali lagi, Anda memerlukan nomor KB unik pembaruan untuk menghapus pembaruan.

Perhatikan bahwa Prompt Perintah Windows 10 memungkinkan Anda mengetik perintah langsung ke Windows dan tidak memiliki antarmuka pengguna grafis, jadi Anda hanya boleh mengikuti beberapa langkah berikutnya jika Anda yakin tahu apa yang Anda lakukan.

Lihat artikel lainnya: Cara mentransfer obrolan WhatsApp ke ponsel baru

7. Buka Prompt Perintah Windows 10

Sekarang setelah Anda memiliki nomor KB, Anda harus membuka prompt perintah Windows 10 dan menjalankan Windows Update Standalone Installer (atau WUSA) untuk menghapus pembaruan yang menyebabkan Anda kesulitan.

Buka prompt perintah Windows 10 dengan mengetik “cmd” di kotak pencarian Windows 10.

Itu akan muncul di atas hasil Command Prompt; Klik kanan padanya dan kemudian klik Jalankan sebagai administrator untuk memastikan Anda dapat melakukan tugas yang ingin Anda lakukan.

Langkah-langkah berikut akan menguraikan beberapa opsi Anda, yang semuanya diharapkan akan berhasil.

8. Hapus instalan pembaruan yang membandel dengan WUSA

Pada prompt perintah Windows, ketik:

wusa / uninstall / KB: UpdateID

Ganti “UpdateID” dengan nomor KB pembaruan yang ingin Anda hapus.

Misalnya, jika nomor ID pembaruan adalah KB1234567, ketik:

wusa / uninstall / KB: 4573019

ke jendela Command Prompt, lalu tekan Enter dan ikuti petunjuk di layar. izinkan WUSA untuk menghapus pembaruan; Ini akan memberi tahu Anda ketika selesai atau jika ada kesalahan terjadi selama operasinya. Anda mungkin harus me-restart komputer Anda untuk menyelesaikan proses uninstall.

9. Gunakan WUSA tambahan

Jika Anda lebih suka tidak ada prompt di layar dan hanya ingin membiarkan WUSA melanjutkan proses uninstall, tambahkan “/quiet” ke akhir instruksi sebelum menekan Enter. Misalnya, contoh pada langkah 8 adalah:

wusa / uninstall / KB: 1234567 / silent

Ada opsi lain yang dapat Anda tambahkan ke instruksi: /norestart atau /forcerestart, seperti namanya, akan memblokir PC Anda atau memaksanya untuk memulai ulang setelah selesai.

Jika Anda ingin menghindari semua petunjuk Kecuali restart instan gunakan /quiet dan /warnrestart – mis:

wusa / uninstall / KB: 1234567 / silent / warnrestart

10. Verifikasi login ke Wusa

Penampil Acara

Jika Anda menggunakan WUSA, Anda dapat memeriksa log untuk memastikan bahwa pembaruan berhasil dihapus. Ketik “event viewer” di kotak pencarian Windows 10 dan klik hasil teratas.

Di kolom kiri, klik panah di samping Log Peristiwa untuk memperluas opsi Anda, lalu klik Penyiapan.

Untuk hanya menampilkan acara WUSA, klik Filter Sekarang Masuk di panel kiri, lalu centang kotak di sebelah WUSA di daftar tarik-turun “Sumber acara” dan klik OK. Klik dua kali pada acara WUSA yang relevan untuk informasi lebih lanjut, termasuk semua pesan kesalahan yang dihasilkan.

Tonton artikel lainnya:

akhir kata

Nah, sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang cara menghapus update Windows 10 yang bermasalah agar laptop atau PC kamu tidak lemot dan pekerjaan kamu berjalan lancar.

Tips-tips di atas hanyalah poin-poin dasar saja, Anda bisa mencoba mencari celahnya lagi sendiri, jika ada cara lain akan kami update lagi nanti. Semoga bermanfaat.